Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Senin, 15 Agustus 2011

Cerita Mistis, Sebuah Stereotipe Masyarakat

16.35 Posted by Tiara Putri , 67 comments
Ahahahaha judulnya ambigu gitu ya, lagi enggak ada judul yang lewat. Nah pada tahu PPT ? ituloh sinetron Para Pencari Tuhan yang diputer pas sahur dan diulang ba'da magrib, salah satu sinetron bermutu diantara stereotip sinetron Indonesia dan udah sampe jilid lima, gg melulu ngomongin agama tapi juga fenomena yang terjadi di masyarakat.

Beberapa hari yang lalu ada episode yang menurut gw bener-bener menggambarkan kondisi masyarakat Indonesia banget, yakni tentang klenikisme -alaah itu istilah buatan gw hhehhe- maksudnya kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap hal-hal yang berbau mistis. Jadi singkat ceritanya begini ada sekelompok orang yang hendak memanfaatkan sifat masyarakat yang gampang digiring menuju hal-hal mistis untuk keuntungan kelompok, mereka bikin kayak kembang api gitu dilemparin ke kuburan, anggota kelompok lainnya menggiring pemikiran masyarakat dengan mengatakan cahaya terang tadi adalah meteor dan tempat jatuhnya itu menandakan bahwa si almarhum adalah orang suci, lucunya pas mereka nyamperin itu kuburan terus ada satu orang yang bilang ada wangi yang tercium dari kuburan serempak semua orang yang datang mengiyakan bahwa mereka mencium wangi dari kuburan.

Orang Indonesia masih banyak banget yang percaya akan hal-hal yang berbau mistis, ups tolong garis bawahi ya, gw juga percaya yang namanya hal gaib itu, sesuatu diluar pemahaman akal, yang gw maksudkan disini adalah cara masyarakat kita mengaitkan suatu fenomena dan kecenderungan seperti menyekutukan Tuhan. Contohnya kisah Ponari and The Sorcerer's Stone alias Ponari dan Batu Bertuah, gw gg tau gimana awalnya, yang gw tau cuma dia menemukan sebuah batu yang ternyata dapat menyembuhkan penyakit, mulai deh kebanjiran order, mungkin karena murah juga makanya masyarakat berbondong-bondong mendatanginya, bahkan air selokan depan rumahnya pun dianggap mujarab, mulai deh gg masuk akal dan melupakan fakta bahwa kesembuhan itu datangnya dari Tuhan, Ponari -kalau memang bisa menyembuhkan bukan sekedar sugesti positif pasiennya- hanya sebagai perantaranya aja. Waktu gw kelas dua SMA, kita pinjem gamelan dan diruang dimana gamelan disimpan ada sesajennya gitu, bunga-bungaan sampe serabi.

Contoh lainnya adalah kata orang tua dulu, meskipun kalau dipikir pake akal sehat, kata orangtua dulu bisa sih dicerna, misalnya jangan duduk didepan pintu nanti susah jodoh, ya emang ngehalangin jalan kan, orang susah lewat apalagi si calon jodoh hhohho. Terus jangan duduk dimeja nanti banyak hutang, ya masa duduk di meja gg etis juga kan, eh bentar-bentar ini masih nyambung ke topik utama gg ya hhehhe sambungin aja deh hhohho.

Ada contoh lain ? Masih banyak lagi contohnya, mungkin contoh-contoh tersebut berkeliaran dikehidupan sehari-hari kita. Hal ini kurang lebih bisa menggambarkan bahwa masyarakat Indonesia lebih cenderung berpikir mistis terlebih dahulu dibanding berpikir ilmiah, meskipun dua hal tersebut gg bisa dibandingkan sih dan memang ada hal-hal yang tidak ilmiah. Di episode selanjutnya juga digambarkan bahwa masyarakat kita dengan mudahnya digiring ke arah pemikiran menjurus syirik itu sendiri, pengaruh nenek moyang yang menganut animisme dan dinamisme masih begitu kental tertinggal ya. Padahal kita hanya boleh bersandar dan memohon pada Tuhan Yang Maha Esa. Well, mungkin pemikiran gw masih rancu binti ambigu, membingungkan dan kurang ilmu, kesalahan milik gw dan kebenaran datang dariNya.
xxxChuu original by ra~ccon.

67 komentar:

  1. ini kearifan lokal :D memang budaya xixixi

    BalasHapus
  2. SOalnya kebudayaan kita masih kuat dipengaruhi budaya Hindu yang penuh mistis [dewa, seremonial dengan sajen, dll]
    Misalnya, Islam gak mengenal tahlilan. Itu salah satu asimilasi budaya Hindu-Islam.
    Tapi semoga kita sebagai masyarakat yang semakin moderen bisa menyikapi itu semua dengan bijak..

    BalasHapus
  3. hmm, tapi aku setuju sih..
    emank orang Indonesia kebanyakan itu masih percaya mistis..
    mungkin karena dari dulu udah ada dan sekrang jadi orang pada ikutan..atau kurang'a pemahaman orang2 tentang hal logis..hmmm..

    heheh, yang penting jangan sampe ikutan musrik..

    BalasHapus
  4. wah itu sii indonesia bgt.. hehehe
    percaya mitos + omongan orang

    contoh kayak pengobatan diatas rel kereta aja tuh mba.. ga logis tapi byk yg mau melakukan, berbahaya padahal/// :(

    hohoho

    BalasHapus
  5. hahahahaha setuju banget sama postingan ini. yaa bukannya gak percaya yaa. kitab suci pun menjelaskan keberadaan gaib. tapi yaa gak usah berlebihan lah yaa. apa apa mistis apa apa gaib apa apa makhluk lembut. hahahahaha :D

    BalasHapus
  6. karena masyarakat kita memang masih terpengaruh dengan budaya masyarakat dahulu sebelum munculnya teknologi..

    BalasHapus
  7. ada lagi satu mbak, yaitu : jangan duduk di bantal, nanti bisulan
    kalo gak percaya coba aja mbak duduk di bantal, kalo bisulan berarti beneran :p
    aku sendiri blm pernah nyoba

    BalasHapus
  8. @ kak Lavha : iya sih justru khas Indonesia banget ya :P

    @ om Dokter : iya emang, semacam tujuh bulanan juga itu budaya hindu :O

    @ kak Enny : iya jadinya kadang antara budaya mistis dengan agama kabur batasnya :(

    @ nona Enno : iya nyebarnya cepet banget dari mulut ke mulut :D

    @ mbak Pungky : iya emang, klo gg disambungin ke hal-hal mistis kurang klop kayaknya gitu :P

    @ om Nurdien : salah satu warisan nenek moyang ya :)

    @ rahad : ogaaah bisul di pantat :P kamu aja yang coba duluan :D

    BalasHapus
  9. ra, aku pernah baca juga loh kalo gasalah di majalah jaman SMA provoke namanya, yang bilang sebenernya.. sebelum masa penjajahan dari kaum atau bangsa barat.. cara pikir masyarakat indonesia itu rasional banget.. tapi karena kita dijajah lama sm mereka seakan.. mereka "mewarisi" budaya itu sama kita.

    dan sialnya lagi, setelah kita ga di jajah mereka.. mereka yang jadi berpikir rasional dan cara mikir nya maju.. karena aspek sosial org2 barat itu berkembang pesat.

    lalu tinggallah kita yang di 'oleh-oleh'-in cara pikir yg cenderung kearah mistis.

    anw, aku juga suka loh nonton PPT.. menghibur haha

    BalasHapus
  10. iya juga sih...namanya juga kebudayaan..
    dan rata2 di tiap daerah memang seperti itu.walaupun bahasanya beda tetap saja tujuannya sama.(ngomong apa nih gw)
    kalau asal boleh usul gak usul gak boleh asal (korban tipi)

    keep share ya :)

    BalasHapus
  11. gue lagi di tempat sepi nih, no komen dulu deh..takut kena santet :D

    BalasHapus
  12. oooh, episode yang itu ya.

    masyarakat kita emang masih banyak yang percaya sama gituan ya.

    BalasHapus
  13. walo susah untuk jauh dari hal-hal yang demikian itu, namun dengan semakin berkembangnya pemikiran dan luasnya wawasan maka sudah banyak orang yang meninggalkan hal-hal yang demikian. Kita hormati yang percaya yang demikian

    BalasHapus
  14. lha itu dia...banyak keprecayaan dan tahyul yg malah bikin repot tuh.

    BalasHapus
  15. aha ... betul banget
    orang tuaku juga masih kayak gitu terkadang
    tapi ane tegur dan ane buat guyonan biasanya
    trus beliau bilang, kalo itu kata orang dulu
    trus aku jawab lagi, kalo itulah yang bikin negara ini ga berkembang kembang
    beliau manggut2 cz beliau orang yang liberal :D
    hehehe

    BalasHapus
  16. Menurut saya, masyarakat zaman dulu percaya akan mistis karena mereka, sebagaimana para manusia lainnya di zaman itu, melakukan sebuah Pencarian akan Tuhan: mencari 'Sesuatu' yang benar-benar jauh lebih kuat, dahsyat, dan bisa menjadi sandaran dan tempat mereka percaya. Mereka menemukannya dalam wujud kemistisan, dinamisme dan animisme, dan mereka pun menyembah kepada kemistisan tersebut.

    Namun... Sekarang sebagian besar masyarakat percaya pada mistis karena mereka ikut-ikutan dan tak mau berpikir dengan cukup matang. Memang terserah mereka mau percaya pada apa, sih. Kita tak bisa mengganggu gugat kepercayaan seseorang. Namun setidaknya, kita bisa menjaga kepercayaan kita sendiri. Biarlah ini diambil sebagai pelajaran, untuk mengingatkan kita akan ragamnya warna kepercayaan di masyarakat yang (katanya) sudah modern ini, dan pentingnya menjaga keyakinan kita.

    BalasHapus
  17. Ahaaaaaaakkk.... saya berkunjung lagi sobat. nice posting.:-)

    BalasHapus
  18. eh, tapi kepercayaan mistis tsb jg termasuk bagian kebudayaan indonesia. malahan jd salah satu mata kuliah saya yaitu folklor.

    BalasHapus
  19. Pilm para pencari tuhan sangat digemari ama temen2ku yg ad disini, tiap malam nonton di youtube.

    berbicara mistik ya itu yg menjadi tantangan buat kita yang sudah tau untuk tidak mempercayai hal2 mistik seperti itu karena takut terjerumus dalam kemusrikan.

    Penyampaian orang tua sering tidak secara langsung.
    misal klo ada hujan sebentar terus panas. klo dalam bahasa jawa udan ketek ngilo yang artinya hujan monyet bercermin dan saya artikan ya klo monyet ga mau bernarsis ria didepan cermin karena wajahnya, sama dengan udan ketek ngilo.

    BalasHapus
  20. iya saya juga percaya bahwa ada makhluk gaib yang tidak kasat mata di dunia ini, namun tentu saja saya tidak terlalu percaya dengan hal-hal berbau mistis yang tidak masuk akal.

    BalasHapus
  21. Betapa sulitnya menyembuhkan masyarakat dari 'klenikisme' itu ya... Mbah dukun dan 'orang pintar' masih saja menjadi favorit tuk dikunjungi bila ada masalah :(

    BalasHapus
  22. haha...emang ada2 aja tuh pak RT sama 2 pasukannya.
    bener banget, masyarakat indonesia masih banyak bgt yg percaya yang begituan. kayak misalnya minta-minta/berdoa dikuburan orang alim-ulama dulu. apalagi mitos2 orang dulu..uh banyak bangeet

    BalasHapus
  23. jangan duduk didepan pintu nanti pamali, padahal sih nanti menghalangi jalan yang mau masuk ya :)

    BalasHapus
  24. ya memang bisa disebut warisan sih.. tapi warisan yang satu inilah yang (menurutku) tidak perlu dilestarikan, apalagi kita sebagai umat Islam.. Karena pasti akan menuju kesesatan..

    BalasHapus
  25. orang jawa kuno biasanya masih suka percaya berbau mistis
    kadang bapakku soalnya gtu :D

    BalasHapus
  26. hehehe,,,itu gara² ada film "Mak Lampir" dan sejenisnya,,yang penting kita yang sadar jangan percaya sugesti itu Kak...

    BalasHapus
  27. kalo yg ponari itu sugesti aja kali...

    BalasHapus
  28. hiyaaaa
    ngelihat posting sama komentar, semua positif semua
    tentang itu penting kgk keluar jalur pro dokter gigi gaul
    tentang cara pikir indonesia keknya berawal dari turun temurun orang tua yak, kan emang sugesti terbanyak yang menang
    moga saja cepat dan gak lambat indonesia bisa berubah

    BalasHapus
  29. klu alasan saiia nyimpen sms.. tuk di jadikan alat barang bukti lu suatu saat org yang bersangkutan mengelak atau berbalik melawan kata2nya sendiri :p hehehe.. gpp kan?!?!

    BalasHapus
  30. Bener banget.. susah sekali menghilangkan "kepercayaan" ini..
    Bahkan sebuah keluarga yang religius pun, tidak menjamin benar-benar bersih dari pengaruh mistis..

    Ah, memang sulit jika merubah pola pikir masyarakat keseleruhan. tapi setidaknya kita bisa mulai merubah pola pikir kita sendiri :D

    BalasHapus
  31. Yaaa yaaaa...

    orang indonesia gitu.
    dari dulu juga gitu.

    hihi

    BalasHapus
  32. ada contoh lain di tempatku, ayo buruan dateng...

    BalasHapus
  33. banyak banyak berbuat baik ke orang dan perbanyak ibadah aja..itu solusinya.. :)

    BalasHapus
  34. Iya ya, biasanya sih bener kata Ria klo orang jawa masih nganut kejawen jadi kadang masih percaya sama yg klenik gini hhe...

    tapi klo aku dari pada suruh minum air Ponari Sweat mending aku minum Pocari Sweat hahaha... :)

    BalasHapus
  35. Setiap adat suatu daerah mempunyai kepercayaan masing2. Semoga saja itu masih sebatas wajar ya..tidak menjurus ke kemusrikan atau sirik..jangan sampai...

    BalasHapus
  36. ngomong2 masalah mistis di indonesia kita ini. itu susah di pisahkan ka. udah turuntemurun sesuatu yg misti di negra kita ini, tentang animisme atau dinamis me.

    dan terkadang saya sering ilfil, kalau ada warga kita yg muslim menyangkut pautkan agama islam sama yg aneh2...

    BalasHapus
  37. salam sahabat
    kalau dibaca secara teliti cerita mistis ini sangat menggambarkan suasana buadaya indonesia saat ini dan berusaha mencari jati diri dari kepercayaan yang diyakini tentunya
    oot:23 dolar murah kok mbak sekitar 25 ribuan untuk masuk ke pattung Big Buddha

    BalasHapus
  38. emg klo ngomongin kepercayaan yg ad di masyarakat ga pernah ada habisnya...... udah tradisi, namun sekarang kita harus pinter2 menyaring semuanya.......

    BalasHapus
  39. No comment ttg mistis,gue orangnya penakut hiii

    BalasHapus
  40. hati-hati, klo percaya nanti bisa menjadi syirik loh...

    BalasHapus
  41. Itulah masyarakat Indonesia. Masih percaya sama yang begitu. Dan gue jadi serasa hidup di zaman Suzanna masih main film horror -__-

    BalasHapus
  42. orang indonesia emang kebanyakan gampang kepengaruh yaa . hufft ,
    gampang percaya banget sama hal2 mistis , biasanya mengatas namakan nenek moyang gitu ._.v

    BalasHapus
  43. tapi ttg mitos, mistis, klenik, atau apalah... nggak cuma di Indonesia aja loh Tir...

    contohnya... apa yah.. hmm....

    ohya, kalau nonton Discovery Channel.. banyak tuh.. malah ada alat pendeteksi setan... hihihi...

    BalasHapus
  44. kalo sms dari org spesial, so pasti donk aku simpen, apalagi kalo smsnya mesra2an gitu, aku simpen ampe memori hp nya abis deh... hehe

    BalasHapus
  45. aku percaya hal ghaib kok, tapi yg masih dalam batas koridor agama :D

    BalasHapus
  46. mbak, kita udah merdeka (lagi) mbak! :D

    BalasHapus
  47. eh, gw blom komen ya disini.. aww..aww.. udah paling bontot aja nih, hahaha

    biasanya sih cerita mistis gitu ada yang dibikin-bikin. Dan biasanya juga berhubungan sama kepercayaan dan norma di masyarakat. tujuannya sih biar nggak dilanggar..

    cuman kalo ujungnya syirik yaaa itu yang dilarang sama Alloh kan

    BalasHapus
  48. secara nalar manusia di indonesia belum terdidik makanya masih berfikiran seperti itu

    BalasHapus
  49. Inilah uniknya Indonesia dan budaya ketimurannya :)

    Sebelum agama-agama monoteistik masuk ke Indonesia *sekitar abad 15-16 yach*, agama Hindu-Buddha, serta kepercayaan lokal seperti Animisme Dinamisme, Parmalim di Sumatera Utara, Kejawen di Jawa Tengah, Kaharingan di Kalimantan Tengah, Pelebegu di Nias, Halaika di Timor, Marapu di Sumba, Aluk Todolo di Tana Toraja, Chaimbo di Papua, dan masih banyak lagi telah bertahan cukup lama dan diwariskan turun termurun di masyarakat kita.

    agama monoteistik yang kita anut ini kan usianya 'baru' beberapa ratus tahun. Beda dengan kepercayaan lokal yang sudah ada seribu tahun bahkan lebih. Nggak heran donk banyak sekali hal-hal mistik yang masih dipercaya ada hingga saat ini.

    Yah, emang sih, kalau mau digabungin antara logika dan mistik (atau KeTuhanan) kayaknya nggak akan pernah nyambung yah. Istilahnya, ada ritual Tari Bambu Gila di Maluku. Bambunya terasa berat dan tidak bisa dikendalikan. bagaimana ini bisa dijelaskan oleh logika? :D

    DI Muslim sendiri juga, ada istilah tahlilan yang konon katanya tidak ada di Arab sana. Ya, ini bentuk asimilasi orang Indonesia terhadap agama yang dianut dan kepercayaan lokal yang telah ada turun temurun.

    Di Nias, diorama penyaliban Yesus menggunakan tentara yang berpakaian a la Nias, bukan tentara Romawi yang selama ini kita kenal.

    Hindu di Bali, jelas berbeda dengan Hindu di negara asalnya, India. Hindu Jawa-Bali telah berkembang pesat dan melahirkan kultur tersendiri yang berbeda dengan Hindu pada masa kelahirannya.

    Atraksi Debus di Banten dan Tatung di Singkawang jelas telah keluar dari ruang nalar logika kita. Ya ngga?

    Belum lagi cerita-cerita mengenai hantu-hantuan seperti Pocong, Kuntilanak dan Genderuwo.Ini adalah hantu kultur masyarakat Jawa. Di pulau lain, lelembut yang hadir di masyarakat bukan yang seperti ini. Masyarakat Merauke mengenal Trenggale, Leak di Bali, Bunian di Sumatera Barat, Palasit di daerah Banjar, Kamaaten di masyarakat Maanyan, Angga di Poso, dan lain-lain.

    Selama Indonesia masih berdiri, nampaknya ritual kepercayaan seperti ini akan terus ada. Inilah uniknya Indonesia. Duh, jadi makain cinta sama Indonesia. Hehehehe

    kepercayaan ini tidak akan merugikan sich selama orang-orang masih berpikir secara wajar dan rasional. Jujur saja, kepercayaan yang tidak rasional namun efeknya bagus pun masih tetap ada di masyarakat. Namun, untuk hal-hal yang tidak rasional dan merugikan, ada baiknya dipertimbangkan ulang untuk tetap dilakukan. Manusia semakin modern harusnya dibekali dengan akal, budi dan pikiran yang lebih baik bukan? :)

    BalasHapus
  50. Mistis itu permainan syetan beneran dan syetan manusia, jadi ya klop.

    BalasHapus
  51. Itu salah satu sinetron favorite gue, PPT, tapi tetap gak bisa nonton yg pas sahur, yg pas buka puasa doang huhu

    BalasHapus
  52. ya itu lah orang indonesia ,banyak yg percaya hal gaib . tapi salah nya mereka jadi terlalu percaya sama hal2 itu .

    BalasHapus
  53. Haha, suka gue nonton tuh sinetron, ngakak liat aki2 jahilnya,. :D
    Episode itu juga gue liat, yang katanya meteor jatuh di kuburan.. emang mayarakat kita masih percaya mistis, padahal sakit demam dibilang dimasukin setan,, itulah kenapa shalat itu kewajiban umat islam.. :)

    BalasHapus
  54. Hmm.. Masyarakat Indonesia seperti dibayangi masa lalu Tir. Masih banyak klenik gitu. Akhirnya malah jadi musyrik. Bahkan banyak banget ajaran Islam yang ada klenik gitu. Padahal gak diajarin Nabi Muhammad SAW #bid'ah

    BalasHapus
  55. yup, itulah masyarakat kita ya
    unik dan menarik sebenarnya.

    PPT emang keren
    tapi untuk jilid yang sekarang, aku kok udah agak bosen ya

    BalasHapus
  56. salam sahabat
    kembali absen dengan menu SHUSI hehehe
    iya vila tingkat 6 naik turun pakai lift kalau pakai tangga tidak kuat hehehe boleh kok kalau mau kenalan ntar saya sampaikan

    BalasHapus
  57. inilah realitas masyarakat Indonesia dengan budaya ketimurannya :(

    BalasHapus
  58. miris jg mendapati apa yg digambarkan di PPT kenyataannya ga jauh beda :(, gampang dipengaruhi jg :(

    BalasHapus
  59. kalo bgtu sama dong,
    t4ku banyak yang bgtuan, kadan g masuk akal,, kadan g juga di luar akal,. hehhe,.

    BalasHapus
  60. Yah, percaya dengan hal-hal mistis yg menjurus ke syirik memang harus diakui sulit dihindari oleh sebagian besar masyarakat kita....

    Salam kenal :-)

    BalasHapus
  61. namanya juga orang hidup, pasti mencari, pasti mendengar. orang sakit pasti cari penyembuh.. orang miskin pasti cari cara lebih makmur.. cuma caranya saja kadang gak masuk akal.. kaya di PPT tuh, masa tora sudiro dijadiin orang suci, hahahaha (maaf komen ngaco :p ).

    BalasHapus
  62. Tiara - kamu betolll ... masyarakat kita ikut2an -- igat si ponari kan?

    BalasHapus
  63. gak cuma di Indonesia kok... di Singapur yang udah maju begini juga masih kok. sekarang ni lagi 'hungry ghost month'... jadi orang2 Chinese-Sporean pada pasang sesajen & bakar kertas di hari-hari tertentu.

    BalasHapus
  64. mkasih postinngannya yahhh...salam kenal...

    BalasHapus
  65. blognya menarik :)
    Ditunggu kunjungan baliknya yah!
    terima kasih :)

    BalasHapus
  66. mungkin emang perlu diluruskan lagi kalo ada hal semacam ini

    takutnya menjurus ke syirik
    semoga aja saya ga terkena imbasnya

    BalasHapus
  67. karena masyarakat yang ada tw terlalu terpengaruh sama hal2 yang seharusnya ga perlu di percaya tapi mank sebenrnya ada, tapi kalo kita ga ganggu juga ga bakal di apa2in kan,,,

    BalasHapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)