Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Kamis, 12 Juli 2012

The Day : Medicine & Mangrove

16.10 Posted by Tiara Putri , , 27 comments
Well, I'm back, akhir-akhir ini memang gw sering melupakanmu blogie hiks hiks padahal ada banyak hal yang ingin gw tuliskan tapi apa daya rasa malas terlalu sering mendominasi dan menang, err. Jadi gw baru kelar UAS, oke goodbye semester empat hhahha akhirnya terlalui juga semester yang penuh drama dan tangis air mata ini hhohho.

Nah H-2 dan H-3 UAS, akhirnya acara pertama gw dan anak-anak Tarsius sebagai anggota WAPEALA jalan juga, eh eh apaan tuh Tarsius ? ups ini lain cerita yah hhehhe. Jadi selama kurang lebih sebulan kami mempersiapkan acara Pengobatan Gratis dan Penanaman Mangrove di daerah Mangkang, Kecamatan Tugu, Semarang. Ini acara pertama dimana gw memegang posisi ketua pelaksana, jadi awalnya gw ditantangin gitu dan as usual karena gw berpikir menggunakan tulang belakang jadilah gw ketua pelaksana. Posisi baru, acara baru dan rekan kerja baru membuat gw agak kesulitan juga ditambah emang gw tuh dasarnya gg suka kerjaan yang capek pikiran, duh bikin mumet dah. Setelah melewati masa stress di menit-menit terakhir pra-kegiatan, jalan juga deh kegiatan kami.

Hari pertama, Jum'at, 29 Juni 2012 itu acaranya Pengobatan Gratis bagi warga kelurahan Mangkang Wetan dan Mangunharjo bekerja sama dengan tim medis dari Fakultas Kedokteran Undip. Karena satu dan lain hal, hari Kamisnya gw gg nginep dan baru pagi-paginya gw berangkat dari Semarang bawa banyak barang, gw sama senior udah kayak mau pergi mudik aja, ditambah karena daerah terminal Mangkang lagi perbaikan jalan, jadinya macet sedangkan kami udah dimarahin sama acara, jadilah off-the-road. Sempet agak waswas juga karena tim dokternya udah datang kok ya warganya belum pada datang, akhirnya gw disuruh woro-woro pake TOA masjid, lucunya beres gw woro-woro itu woro-woronya diulang pake bahasa Jawa hhohho.

Dan gg berapa lama langsung banyak deh para warga yang datang, gw yang sempet mati gaya karena katanya gg boleh ngerjain kerjaan gg penting akhirnya nongkrongin tempat pendaftaran. Repotnya di pendaftaran adalah kalau yang daftar itu udah tua, udah gg inget umur, gg bisa ngomong bahasa Indonesia dan udah berkurang pendengarannya, duh sampe musti pake dua translator. Tapi hari itu berjalan dengan lancar, dari target awal 200 pasien tercapai 149 pasien, yah wajarlah ya masa kita mau maksain orang untuk sakit hhehe.

Hari kedua, Sabtu, 30 Juni 2012 adalah saatnya bersenang-senang karena hari itu kita nanem mangrove yang berarti lumpur dan air hhohho. Dengan peserta berjumlah kurang lebih 60 orang yang berasal dari BEM fakultas, mapala-mapala fakultas, UKM dan masyarakat umum. Eh ini pertama kalinya juga loh gw ngasih kata sambutan hhahha sumpah gajebo banget sambutan gw.

Setelah acara formal yang berasa lama itu selesai, kita pun menyebrang sungai untuk menuju tempat penanaman, sungainya sih sepinggang tapi lumpurnya sebetis jadi susah jalan, belum lagi gg pake sendal jadilah kaki pada luka tapi tidak mengurangi asiknya sih.

with the youngest participant, Fathina :D
Setelah bagi-bagi bibit dan ajir (bambu) dimulai deh penanamannya, kali ini kami menanam dua jenis mangrove, yakni jenis bakau dan api-api. Terus gimana cara nanamnya ? pertama tancepin ajirnya, yang dalem biar kuat, terus buat lubang di dekat ajir tersebut, masukin bibitnya dekat sama ajir, terus tutup lubangnya dan jangan lupa ikat bibitnya dengan ajir.

dan setelah (hampir) semua bibit tertanam, waktunya bersih-bersih pantai deh, karena kebetulan tempat penanaman kami itu emang di pantai dan karena acara udah selesai mulai deh keberingasan lempar-lempar lumpur sampai guling-gulingan. Basah, kotor, asin, kelilipan tapi luar biasa menyenangkan. Pulangnya gw tepar, sakit kepala karena emang gw gg kuat panas sih.

Nah lalu keesokan harinya, saat gw sedang mencari gunting dan keingetan bahwa gw naro gunting di tas bekas acara kemarinnya itu, secara tidak sengaja gw menemukan bungkusan plastik putih yang ternyata isinya coklat, wah bingung tuh ini punya siapa kok ada di tas gw eh ternyata ada tulisannya, "Sedikit reward untuk ketua panitia" kyaaaa ternyata itu buat gw loh, duh senangnya bukan main karena ini bukan soal coklat tapi soal perhatian dan sampai sekarang gw belum tau nih siapa yang ngasih hhahha gg sabar nunggu acara penanaman tahun depan.
xxxChuu original by ra~ccon.