Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Selasa, 11 April 2017

Fun Dive di Seaworld Ancol

21.51 Posted by Tiara Putri , , 10 comments
Ada yang pernah baca novel teenlit tahun 2007-an berjudul Lovely Luna ?. Di novel tersebut dikisahkan pemeran utama perempuannya punya hobi menyelam dan bekerja di Seaworld. Waktu itu saya pikir keren sekali bisa bekerja di Seaworld dan bagaimana ya rasanya bisa menyelam ?. Mungkin itu yang membuat saya ingin memiliki lisensi menyelam yang akhirnya bisa saya dapatkan di tahun 2013 lalu.

Setelah penyelaman di Pulau Sambangan, saya belum pernah ke laut lagi untuk menyelam. Waktu ke Krakatau dan Pulau Harapan saya hanya snorkeling. Bawa turun alat selam cuma di mata air ponggok. Padahal waktu kuliah bertekad kalau sudah kerja akan lebih sering menyelam, ternyata pas sudah kerja, ada uangnya eh waktunya yang enggak ada, sedih hhuhhu.

Nah suatu hari saya ingat tentang novel Lovely Luna itu yang menyelam di Seaworld, saya pikir yah tidak apa-apa kali ya menyelam di Seaworld, semoga jadi semacam pemanasan untuk selanjutnya bisa semangat mengusahakan menyelam di laut lagi.

Bagaimana cara daftarnya ?
Silahkan langsung menghubungi di nomor 021 - 64711111. Baiknya sih reservasi H-3 untuk booking tanggal, jadi pasti gitu, kita datang bisa langsung nyelam.

Berapa biayanya ?
Rp 700.000 untuk non-lisensi
Rp 500.000 untuk yang memiliki lisensi
Biaya tersebut sudah termasuk tiket masuk dan satu set alat selam beserta wet suit. Bagi yang berjilbab harus membawa sendiri penutup kepala, karena sepertinya pihak Seaworld tidak menyediakan hood.


Saya booking penyelaman jam 10:00 di tanggal 19 Maret 2017, setelah sebelumnya saya gagal menyelam di tanggal 11 Maret karena kuota sudah penuh dan saya menelpon di hari itu juga. Hari Minggu, 19 Maret, jam 08:00 saya sudah dalam perjalanan menuju Ancol. Ketiba tiba di Seaworld, saya langsung menuju Customer Service dan mengonfirmasi booking-an saya. Mas cs-nya menelepon pihak penyelam untuk memberitahukan kedatangan kami. Setelah melakukan pembayaran, kami diperbolehkan untuk masuk tetapi jam 10 diminta datang ke CS untuk bertemu dengan penyelam mereka.


Setelah sarapan dan berkeliling sebentar, saya kembali ke CS dan diarahkan ke ruangan staf di lantai dua. Di lantai dua sudah ada ruangan khusus untuk peserta Fun Dive, didalamnya ada ruang duduk, loker dan kamar bilas. Saya disambut oleh mas Aden dan hmm seorang lagi saya lupa yang akan menemani kami menyelam. Lalu kami mengisi surat pernyatan dan berganti baju.

Karena saya dan Ardiyan sudah lama tidak memakai alat selam, kami diminta untuk penyesuaian di kolam dangkal. Saya mencoba untuk latihan mask clearing dan bergerak menggunakan open heels yang kebesaran.

Setelah itu, kami pun menuju tanki utama, sumpah saya deg-degan, antara takut, excited dan panik campur aduk. Mas Aden memberitahukan bahwa kami akan berputar sekali lalu karena jam 11:00 adalah waktunya Feeding Show, maka kami disuruh menunggu di belakang, baru setelah itu akan lanjut lagi selamnya.

Ketika masuk tanki, woaaah ikannya besar-besar bangeeet, keder sumpah saya. Sensasinya berbeda dengan menyelam di laut yang sudah saya datangi, ikan-ikan besar lalu lalang, belum lagi ikan pari yang besar, luar biasa sekali deh perasaannya.

Apalagi ketika Mas Aden dan kawannya membawa ember berisi makanan, wah udah kaya parade, ikan-ikan membututi mereka bahkan mengerubungi mereka. Kami yang lihat dari belakang saja takjub deh. 

Ada kejadian menarik ketika saya menunggu mas Aden yang sedang Feeding Show, saya sedang melambai-lambai ke arah kaca kubah, itu loh akuarium yang berbentuk kubah dan ada conveyornya. Orang-orang di luar menunjuk-nunjuk saya dan ketika saya menengok ke belakang, seekor pari sedang menatap saya, dueeeeng kaget sumpah saya dan buru-buru naik. Kata Ardiyan, parinya mengikuti saya.


Setelah itu kami berputar-putar dan berfoto. Karena saya sudah pusing, tenggorokan kering maka kami memutuskan untuk naik, meskipun Ardiyan belum puas. Jam 12;00 kami selesai mandi dan beres-beres, lalu foto-foto diluar dan pulang deh.

Meski cuma menyelam di dalam akuarium sedalam 4-7 meter dengan luas 1/4 lapangan sepak bola, saya bahagia sekali loh, bagaimana kalau menyelam di laut kan, luar biasa sekali perasaannya.


Saya dan Ardiyan sepakat, hal paling menyenangkan dari menyelam di Seaworld adalah ketika berinteraksi dengan pengunjung di luar, dimana kami melambai-lambaikan tangan, lalu berpose, duh udah berasa jadi artis saja deh hehehe. Foto-fotonya tumben sedikit ya, karena kami lebih banyak ambil video sih sambil menikmati sensasi berenang di tanki akuarium, berminat menyelam di Seaworld Ancol ?
xxxChuu original by ra~ccon. 

10 komentar:

  1. what an experience ya.... seru banget nyelam di kolam nya seaworld dan ditonton orang ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, haha jadi artis udah enggak kesampean soalnya om :P

      Hapus
  2. ihh jadi pengin berenang bareng ikan ikan, dulu pas kesana ngga kesampean..

    eh salam kenal salam blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikannya besar-besar loh di Seaworld :D

      salam kenal.

      Hapus
  3. Seru ya bisa nyelam gitu. Asik banget keliatannya.. Semoga bisa ke ancol dan maen gitu deh..hehe
    Kalau mau nyelam harus boking gitu dulu ya, Mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lebih baik sih booking dulu, karena ada keterbatasan alat di Seaworld-nya.

      Hapus
  4. wihhhh seru ia memang kalau di seaworld serasa di dalam lautan ... heeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda sih sama di laut, tapi lumayan nambah pengalaman hehe

      Hapus
  5. Demi janggut merlin
    Hadeuuu kapan bisa kesana huhuhu :'(

    #KurangPiknik #StressBerat

    P.S.
    Kak Tiara semakin cantikss ;3
    #PLAKK #EhBukanGombalKok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maen dong, udah pinter kan hari minggu gg usah belajar hhohoho.

      Hahaha, Aul nih aku kasih gopek.

      Hapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)