Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Sabtu, 18 Maret 2017

Pengalaman Konsultasi Ke Psikolog

13.46 Posted by Tiara Putri , 52 comments
Hi, apa kabar blog ?, akhir tahun lalu saya berjanji mau rajin nulis, eh baru terealisasi di bulan ketiga dan langsung bahas tentang pengalaman konsultasi dengan psikolog pula, ada apa gerangan ? hehe tidak ada apa-apa sih mendramatisir saja.

Hari Jumat, 10 Maret kemarin saya berkonsultasi dengan psikolog di Klinik Terpadu Fakultas Psikologi UI Depok. Ini pengalaman pertama bagi saya setelah berkali-kali membaca review di internet. Ditambah maju mundur juga secara biaya konsultasi psikolog itu per jamnya setara dengan kunjungan ke dokter spesialis. Saya jadi semacam keder nanti kalau sudah datang apakah saya akan merasa puas atau tidak. Apakah saya akan di-judge oleh psikolognya dan pikiran-pikiran receh lainnya.

Kenapa ke Psikolog ?
Jadi pada akhirnya saya memutuskan untuk berkonsultasi ke Psikolog karena saya ingin ada perubahan dalam diri saya dan terutama saya butuh didengarkan, secara fokus, tanpa dipotong, tanpa dinilai dan diberikan solusi.

Cerita ke temen/sodara kan bisa, curhat aja kok bayar.
Iya betul sekali. Namun pada kondisi saya, seperti yang telah saya utarakan, saya butuh empati dari pendengar akan kisah saya yang akhir-akhir ini saya merasa (secara subyektif ya alias sayanya aja baperan) sulit bercerita kepada orang-orang sekitar saya.

Bagaimana cara reservasi ke klinik terpadu UI ?
Langsung menghubungi mereka di nomor 021-78881150 untuk membuat reservasi. Nanti akan ditanya berapa umurnya dan kira-kira masalah apa yang ingin dibicarakan. Lalu pihak klinik akan meminta kontak kita untuk memberitahu jadwal konsultasi kita. Setelah itu tinggal menunggu dikabari oleh pihak klinik deh.

Berapa biayanya ?
Pendaftaran Rp 25.000 dan biaya konsultasi/jam Rp 200.000

Lalu ?
Jadi ketika datang, saya diminta untuk mengisi sebuah map yang nantinya akan berperan seperti rekam medis gitu. Disitu saya diminta untuk mengisi biodata, keluarga dan latar belakang pendidikan. Setelah itu tak berapa lama, saya dipanggil masuk ke ruangan konsultasi. Ruangannya hanya ada 3 sofa coklat, meja dan tanaman. Lalu ruangannya berkaca begitu jadi saya bisa melihat keluar.

Psikolog saya lalu bertanya, apa yang bisa ia bantu, awalnya bahkan sepanjang perjalanan saya bingung nanti akan mulai bercerita dari mana, tapi setelah memulai, saya lancar jaya bercerita, berkeluh kesah bahkan menangis hahaha katup air mata saya memang sudah dari dulu aus, gampang banget bocornya.

Bisa ya cerita sama orang asing ? tidak malu gitu ?
Saya sih bisa-bisa saja ya. Apalagi saya punya pemahaman bahwa, psikolog secara profesional akan mendengarkan cerita saya, mungkin akan menganalisis jika memang bermasalah dan pada akhirnya akan memberi solusi. Saya juga tidak saling kenal sebelumnya dengan psikolognya, ditambah semua yang saya ceritakan setau saya akan menjadi kerahasiaan.

Lalu bagaimana peraasaannya setelah ke psikolog ?
Lega ya jelas ditambah saya juga dapat masukan hal-hal baru. Saya juga merasa puas karena sejak awal saya ke psikolog memang tujuannya ingin didengarkan. 

Saya juga belajar hal baru. Ketika saya berbicara, saya sekilas mengamati ibu psikolog saya. Bagaimana gesturnya, ekspresinya yang seolah menyiratkan "ya saya mendengarkan, saya mencoba memahami ceritamu" dan meyakinkan saya untuk menceritakan keluh kesah saya.

Sebuah pelajaran bagi saya bahwa derajat masalah bagi tiap orang itu berbeda. Jika ada teman atau saudara yang membuka diri untuk bercerita pada kita, coba berempati, untuk melihat masalah dari sudut pandangnya. Hal sepele bagi kita, bisa jadi hal berat baginya. Kita bisa membantu meringankan dengan setulus hati mendengarkan, syukur kalau bisa memberi solusi.
xxxChuu original by ra~ccon. 

52 komentar:

  1. Emang sih, klo cerita ke orang tuh potensi disukurin atau diomelin balik, haha. Mending cerita ke orang yang emang bener2 ngerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan belajar untuk menjadi orang yang berempati, biar dapet pahala dari mengurangi sedih orang lain yah.

      Hapus
  2. Hai mbak. Makasih yaa reviewnya. Mbak, ada semacam treatment apa dari psikolog nya? Lalu ada kunjungan lanjutan ngga? Eh iya maaf ya, mbak banyak tanya. soalnya aku juga pengen konsul psikolog dr dulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak. Kalau kata psikolog saya kemarin sih sy gg perlu datang lagi karena mungkin dianggap case closed. Tapi ibunya bilang kalau saya butuh bicara atau sharing2 lagi ya bisa datang atau buat janji lagi. Psikolog sy sih semacam menegaskan hal2 apa yg harus sy usahakan. Kalau memang orang2 terdekat dinilai kurang bisa membantu, datang ke psikolog semoga bisa jadi solusi ya mbak. Thx for reading.

      Hapus
  3. betul, tidak semua orang bisa mengerti
    apalagi soal rahasia dan solusi
    kebanyakan mereka hanya ingin tahu saja, tanpa ingin memberikan solusi
    aku dulu sebelum nikah juga jarang banget curhat sama orang lain, hampir ga pernah malahan
    tapi sejak menikah, tempat curhatku ya istriku (yang komen di atas tuh) :D
    curhat mulai dari hal yang dianggap penting hingga ga penting sama sekali (tapi menurutku itu tetap penting)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cieeh yang udah mau jadi bapak beranak dua, selamat yah. Nah disitu ya penekanannya, bagaimana mendengarkan setidakpenting apapun, tanda kepercayaan kan

      Hapus
    2. betul
      kadang yang tidak penting pun bisa mengarah ke penting

      Hapus
  4. Aku kadang pengen gitu ke psikolog.
    Tapi karena kelamaan mikir jadi enggaknya, gimana caranya, sebegitu penting kah, akhirnya malah ga jadi2.
    Makasih ya buat sharing nya :D

    BalasHapus
  5. Sip. Jadi memang profesi psikolog sudah mulai banyak digunakan ya. Terutama kota besar dengan tingkat stress yang semakin meningkat. Dulu kan identik psikolog dengan gangguan kejiwaan gimana gitu.

    BalasHapus
  6. Aku belum pernah. Ini jadi noted ku

    BalasHapus
  7. Suka pengen ke psikolog juga buat nyeritain keluh kesah ini. Tapi aku lebih nyaman menceritakan keluh kesal sama Ibu sendiri. Entah masalah perasaan, ataupun yang lainnya ..he

    BalasHapus
  8. Kalau saya punya keluh kesah, paling cuma cerita ke ibu atau teman. Kadang nggak pengin dikasih solusi, cuma mau ngeluh aja. Ehehe.

    Untung selama di sekolah saya pernah konsultasi ke BK. Perihal jurusan kuliah. Jadi pernah ngerasain deh gimana yang namanya konsultasi ke orang selain ibu atau teman.

    BalasHapus
  9. Aku belum pernah ke psikolog. Cuam pernah lihat di diflim aja psikolog kaya gimana.

    BalasHapus
  10. Akhir-akhir ini saya kepikiran untuk pergi ke psikolog tapi masih nimbang2 soalnya bener2 awam banget soal gimana konsultasi ke psikolog.

    BalasHapus
  11. tengkyu banget ya mba atas infonya. Sy jadi mantab nih mau kesana

    BalasHapus
  12. Halo mbak, terima kasih sudah menulis blog ini :) saya mau tanya, kliniknya letaknya di sebelah mana ya? Apakah terletak tepat di fakultas psikologi? Klo dri stasiun kereta UI seberapa jauh ya kira2? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, maafkan baru balas. Ya terletak di kawasan fakultas psikologi. Dari gerbang depan fak psikologi tinggal ke belakang sebelah bank bni kalau tak salah. Dr stasiun UI dekat, bisa jalan kalau nunggu bis kelamaan. Semoga masih membantu.

      Hapus
  13. haloo salam kenal :)

    saya mau nanya deh mbak,waktu mbak dtg ke klinik tersebut, persesinya itu hanya 1 case atau beda lagi biayanya/ case?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya diatas itu untuk per sesi, saya cerita banyak hal sih, enggak sekedar 1 case gitu. Semoga membantu.

      Hapus
  14. Dari dulu ada niatan konsultasi ke psikolog, ya cmn sampai skrg masih mikir2
    Ty buat sharing nya

    BalasHapus
  15. Hai, Infonya membantu sekali. Thanks for sharing yah mba ^^ salam kenal

    BalasHapus
  16. Halo :))
    Informasinya bermanfaat sekali lho
    Saya juga pengen ke psikolog untuk berkonsultasi beberapa masalah
    Dan ya, saya merasakan apa yang mbak Tiara rasakan, saya butuh empati dari keluarga dan teman terdekat saya saat saya bercerita atau curhat sama mereka...
    Sayangnya sejauh ini saya belum mendapatkannya...

    Tulisan mbak Tiara ini bikin saya makin yakin untuk datang ke psikolog
    Trims :))

    BalasHapus
  17. Hai... ini nih postingan yg dutunggu2 ttg sharing pernah konseling ke psikolog. Dulu juga aku pernah ke klinik terpadu ui tapi waktu itu hanya utk keperluan wawancara skripsi ke Psikolog gitu krn sy bahas skripsi ttg adopsi. Memang bagus bgt tempatnya simpel tapi hawanya menenangkan hehe. Sebenernya pengen kesana lg utk konseling secara udh lama pengen curhat ke psikolog tp selalu terkendala biaya... mahal bgt mbak 200rb per jam.. lgsg muter kepala rasanya hehehe. Kako dulu utk keperluan skripsi sy gratis 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. tp d t4 lain lbih mahal2 kayaknya mb. diatas 300.. jd 200rb (emg ga murah) tp udh mending dr yg lain.aq spertinya. mw nyoba konsul di ui jg

      Hapus
    2. Betul mba, di UI ini termasuk murah, karena sudah saya survey hehe. Saya juga sempet keder, gimana sih konsul tuh, karena yaa belum banyak yang bahas, alhamdulillah ada rezeki udah datang dan alhamdulillah terbantu juga. Semoga tulisan saya membantu yaa

      Hapus
  18. Hallo mba salam kenal
    Senang sekali saya membaca sharing mba,saya juga sedang kepikiran tapi terkendala dengan biaya saya takut kalo ke psikolog itu mahal dan perlu beberapa kali dateng tapi saya juga ingin sekali terbantu dengan masalah yang saya hadapi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo salam kenal,
      Coba survey saja dulu, ada beberapa rumah sakit yang punya klinik psikologi yang harganya terjangkau juga. Tapi di UI ini cukup terjangkau dibanding klinik psikologi swasta lainnya

      Hapus
  19. Hallo mba salam kenal
    Senang sekali saya membaca sharing mba,saya juga sedang kepikiran tapi terkendala dengan biaya saya takut kalo ke psikolog itu mahal dan perlu beberapa kali dateng tapi saya juga ingin sekali terbantu dengan masalah yang saya hadapi ini.

    BalasHapus
  20. seringnya sgt membantu.trimakasih mba

    BalasHapus
  21. Hai mbak, googling malam2 dikondisi yg sedang tidak baik terus nemu blog ini. Saya pengen bgt konsultasi ke psikolog tapi maju mundur dan belum berani pdhal saya bener2 butuh, tingkat stress udah numpuj banget, cenderung nyaris depresi kali ya. Tp takutnya mahal gitu ke psikolog ampe jutaan. Tp bener banget mbak kadang kita butuh empati org tanpa di judge bahkan tak perlu diberi solusi cuma pengen di dengar aja. Cm kebanyakan org malah menggampangkan permasalahan org lain. Makasih ya atas sharingnya. Saya keep nomor tlp kliniknya... GBU mbak

    BalasHapus
  22. Belajar psikologi memang menyenangkan.

    Kalau ada waktu mampir ke sini kakak:
    - Pengertian Aspek Kebahagiaan atau Happiness
    - Struktur Kepribadian Menurut Freud

    Makasih ya ilmunya bermanfaat nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa bedanya dgn psikiater ya....rada bingung

      Hapus
  23. Hallo mba.. salam kenal

    Mba maaf mau tanya. Kalau Psikolog anaknya ada juga ga ya?

    Trus untuk jam prakteknya dr jam brp sampai jam brp?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok
      Karena ketika booking sesi itu ditanya keperluannya untuk apa
      Pas saya kesana juga ada orangtua yg sedang antar anaknya.
      Jam kerja normal mbak senin - jumat

      Hapus
  24. Hallo mba.. salam kenal..

    Mba maaf mau tanya, kalau untuk Psikolog Anak bisa ga ya?

    Dan untuk prakteknya jam brp?

    Terimakasih

    BalasHapus
  25. Sebaiknya ikuti kuliah psikologi kak. Just sharing. Belajar psikologi memang seru dan asik. Berguna dan bermanfaat.

    Baca juga:
    - Aspek Kognisi Sosial
    - Persepsi Sosial dalam Psikologi
    - Resolusi Konflik dan Negosiasinya

    BalasHapus
  26. mbak pas kesana butuh 1 sesi ato lebih? misal sekiranya masalah qt kompleks, apa mungkin dengan 1 sesi itu cukup? qt bisa langsung minta lanjut atau distop dlu untuk dijadwalkan di pertemuan selanjutnya?
    pengalaman dlu pernah konseling di klinik kampus saya selama kurang lebih 1,5 jam.
    dan selama waktu itu, saya cmn bisa cerita kulitnya aja. itupun sering dicut trs malah dijudge sama psikolognya. jadi ada semacam kapok konsul dengan psikolog. tapi semakin kesini, permasalahan2 lama malah jadi menumpuk dan berimbas ke kehidupan sehari2. kayaknya butuh konseling lagi.
    mbaknya dlu langsung cocok dengan psikolog yang di klinik UI atau pernah konseling juga ke psikolog laen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas,
      Alhamdulillah saya satu sesi cukup dan di akhir sesi, psikolognya bilang saya enggak butuh sesi lanjutan.
      Alhamdulillah juga psikolognya sangat koperatif dan profesional, saya langsung merasa cocok sih. Mungkin jodoh2an juga mbak ya klo soal kecocokan

      Hapus
  27. Hello mbak, makasih sharingnya. Kebetulan saya pengen bawa anak ke sana utk screening perkembangannya. TFS

    BalasHapus
  28. wah baru baca nih. makasih mb udh sharing. bnr bgt mb. kdg klo ngomong sm org lain mlh dianggep receh, lebay, ato malah disepelekan, disalahkan.
    ini aq jg mw konsul tentang anak.

    BalasHapus
  29. Alamat nya dmna ya?
    Di UI Depok?
    Berapa tarif nya?
    Sabtu buka ga?
    Bisa langsung datangvkah?
    Terimakaib

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo maaf baru balas
      Ini di kawasan Fakultas Psikologi UI Depok
      Buka Senin - Jumat harus buat janji temu dulu ya. Untuk harga dan nomor yang bisa dihubungi bisa baca ditulisan saya diatas yaa. Semoga membantu

      Hapus
  30. Halo ka. Terimakasih sekali atas reviewnya. Kalau boleh tau, untuk reservasinya via telfon kah? makasih💛

    BalasHapus
  31. Saya rasa ini saatnya saya untuk datang ke psikolog, ada masalah dengan orang tua dari kecil dan beberapa tahun ini memuncak, sudah 3 tahun rasanya kecewa, depresi.

    Sayangnya di Bandung setelah saya mencari2, tidak ada Biro Psikologi yang melayani personal, mereka hanya melayani perusahaan, ya dari pendapatan juga jauh berbeda, perusahaan bisa borongan puluhan sampai ratusan karyawan.

    Ada yang melayani konsultasi personal, di salah satu fakultas universitas.

    Kalau kita konsultasi di fakultas begitu, itu psikolog beneran atau mahasiswa yang sedang test kemampuan ? Agak ngeri juga soalnya.
    Teman saya ada yang punya pengalaman buruk soalnya cabut gigi di fakultas universitas, jadi kelinci percobaan, akhirnya saraf-nya bermasalah.

    Saya juga menemukan konsultasi online namanya riliv, kira-kira menurut kamu lebih baik tatap muka atau online juga bisa ?

    Tolong dijawab ya, Terima kasih.

    BalasHapus
  32. Hallo mba mau tanya disana menyediakan hipnoterapi juga tidak?
    Kalo ada biayanya berapa ya?

    BalasHapus
  33. Apa bedanya dgn psikiater ya.....kalo anak saya ini punya sakit insomnia (gak bisa tidur) sepertinya sih krn ada masalah mental. Saya kok disarankan ke dokter psikiater ya bukan psikolog

    BalasHapus
  34. Saya udah janjian sih ke klinik hari rabu ini untuk tes minat bakat anak krn anaknya galau mau ambil jurusan apa kuliah nanti. Cuman anak saya ini juga punya penyakit insomnia (susah tidur) sepertinya ada stres tapi kok saya disarankan untuk ke psikiater khusus kasus stres n insomnia ini. Sbnrnya apa beda psikolog n psikiater sih kok sama2 soal kepribadian n kejiwaan ya. Kalo psikiater kan lulusan dokter dan kasih obat kalo psikolog bukan dokter n tdk ngasih obat. Itu sih sepengetahuan saya bedanya. Kalo salah mhn infonya. Tq

    BalasHapus
  35. Terima kasih sharingnya yaa Mbak... apakah di sana juga ada hypnoterapi.? Sy mau bawa anak saya yg usia remaja.. tp sangat2 tertutup.. jadi kayaknya utk menceritakan permasalahan yg dia rasakan akan sangat sulit... shg mungkin butuh hypnoterapi..

    BalasHapus
  36. Mba mau nanya dong, buat janji temunya cepet apa lama ya? Misalkan sekarang buat janji, besoknya langsung di kabarin?

    BalasHapus
  37. Kalau kita gak cocok ama psikolognya gimana? Kan lumayan harga yang dikeluarin...

    BalasHapus
  38. Hallo kak,kalo boleh tau nama psikolog nya siapa ya? Kalo aku baca dari cerita kakak,sepertinya nyaman bercerita

    BalasHapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)