Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Selasa, 02 Oktober 2012

Menjangan Besar Island, Yahuuuu. Last Day

00.17 Posted by Tiara Putri , 45 comments
Okee mari lanjut ke hari kedua gw di Karimun Jawa, meskipun tanggalnya udah basi bangetlah hhohho. Setelah bangun pagi, mandi dan sarapan, kami siap-siap untuk meninggalkan bumi perkemahan Legon Lele. Kami packing tenda dan barang-barang pribadi yang selanjutnya diangkut pake mobil Polhut menuju dermaga karena hari ini kami nyebrang ke Pulau Menjangan Besar. Gw kira nih peserta juga diangkut pake mobil, eh taunya cuma barangnya doang dan kami harus mendaki dan menuruni bukit, udah mana itu bukit tanjakannya bikin orang bisa gg jadi hamil dan panasnya Subhanallah sekali, udah berasa ninja Hattori dah gw waktu itu. Untungnya di dermaga deket alun-alun itu ada yang jual es, beuh berasa luar biasa banget dah bisa minum minuman dingin.

Nah terus kita nyebrang pake perahu kecil, musti dua kali angkut karena ya perahunya kecil dan gg muat banyak orang. Perjalanannya cuma sebentar paling lima menit doang, sambil nunggu perahu tumpangan, gw yang kebagian kloter kedua akhirnya nyari tempat persewaan alat skin dive alias buat snorkelan gitu, karena katanya disana boleh snorkelan, asik banget kan hhohho. Sebenernya gw udah bawa snorkel sama masker tapi cuma satu pasang, eh tapi pas mau pinjem, sama orang BTNKJ mau dipinjem deh, asik asik. Sampe sana ternyata Pulau Menjangan Besar itu ada tempat emm pembesaran hiu toh, wah seru deh liatnya, udah mana ya di terumbu karang yang nempel sama rumahnya itu ada ikan badut si nemo itu loh.

Ternyata tujuan utama kami ke Pulau Menjangan Besar itu ke PSA alias Penetasan Semi Alami untuk penyu yang bertelur di kepulauan Karimun Jawa. Sayangnya pas kami kesana lagi gg ada stok telur penyunya hhuhhu padahal pengen banget dah gw liat tukik alias anak penyu itu. Eh sebelum ada sosialisasi tentang PSA, kami ngelakuin bersih pantai dulu atau bahasa kerennya itu coastal cleaning. Duh rasanya sedih banget ngeliat ada begitu banyak sampah di pantai yang secantik itu. Kebanyakan sampahnya berupa botol air minum, stereofom dan sandal jepit loh. Ajeng aja sampe kalap untuk ngambilin sampah sebanyak itu.

Seusai bersih-bersihnya, kami langsung dapat sosialisasi mengenai program PSA di bawah BTNKJ ini. Ternyata ada dua jenis penyu yang biasa bertelur di kepulauan Karimun Jawa, yakni penyu sisik dan penyu hijau. Duluuu sebelum program PSA ini berjalan, masyarakat sekitar sudah terbiasa memakan telur dan daging penyu. Butuh usaha keras untuk menyadarkan masyarakat bahwa penyu merupakan hewan yang dilindungi dalam UU dan PP. Bukan predator yang menjadi musuh terberat bagi penyu, tapi justru manusialah predator tertingginya. Kini PSA tidak bisa berjalan tanpa adanya dukungan dari masyarakat, karena masyarakat sekitarlah yang membantu melaporkan bila ada penyu yang bertelur di salah satu pulau di kepulauan Karimun Jawa.

Katanya penyu akan selalu kembali ke tempat dimana ia ditetaskan, lucu ya, bahkan penyu pun tahu dimana rumahnya. Penyu juga salah satu kasus nyata hukum alam, karena dari ratusan ribu telur, hanya ratusan yang menetas dan tidak lebih dari puluhan yang berkembang dewasa kemudian mampu kembali lagi ke pulau yang sama untuk kemudian bertelur. Oh ya kenapa disebut semi alami ? karena telur-telur penyu di pulau2 kecil itu kemudian dipindahkan ke Menjangan Besar dengan menggunakan ember yang dikondisikan semirip mungkin dengan sarangnya. Salah satu tantangan dari PSA di Karimun Jawa adalah banyaknya pulau-pulau tempat penyu ini bertelur, ditambah penyu biasa bertelur di musim barat, dimana kadang laut sedang tidak bersahabat sehingga terkadang sulit mengkontrol pulau-pulau yang lebih kecil

Nah meskipun masih belum puas dengan penjelasan dari pihak BTNKJ tentang PSA ini karena selain menimbulkan banyak pertanyaan juga bikin gw pengen liat proses dari pengambilan telur sampai penetasan secara langsung. Eh gg kerasa acara udah musti ditutup aja deh dan dengan mengejutkan tim gw dapet peringkat pertama dalam jumlah terbanyak sampah yang dikumpulkan saat bersih pantai itu, 51 kg loh, campuran sampah organik, non organik dan kaca. Berterimakasih dah kami sama sampah organik yang ngeberat-beratin timbangannya hhohho.

Udahnya kita nyebur buat snorkeling-an, Subhanallah sekali cuma berjarak sekitar 20 meter dari pantai dan dengan air yang sepinggang, udah banyak terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik sekali. Rasanya takjub sekaligus takut, gw takut tangan atau kaki gw gg sengaja malah ngerusak karangnya dan beneran takut klo kena bulu babi hhohho. Terus gw liat ada bintang laut warna ungu, mantep dah, ikan-ikannya juga gg begitu takut sama kehadiran kita bahkan bulu babi yang sembunyi di terumbu karang pun ada yang cantik loh, subhanallah baru snorkeling aja udah sebegitu takjubnya, gimana kalau selam kan. Sambil berjalan ke pantai, gw meniatkan diri untuk secepatnya mengambil sertifikasi selam hhohho.

Nah karena gw termasuk yang balik duluan ke tempat hiu, gw dan anak-anak yang duluan lainnya bisa numpah kapal cepat untuk patrolinya punya BTNKJ, wah asik dah naik itu kapal, cepet dan minim guncangan, kita ndesoo gitu dah foto-foto hhohho. Sampe Karimun, yang cewek dan cowok berpisah, karena kami menginap semalam lagi di mess, soalnya kapal ke Jepara baru datang besok pagi. Ah gg nyesel deh gw ke Karimun Jawa untuk kegiatan ini, banyak hal yang gw dapatkan, ilmu, teman, pengalaman dan terutama passion yang baru.
xxxChuu original by ra~ccon.

45 komentar:

  1. udah di karimun aja nih, apa kabar Tiara?

    BalasHapus
  2. aku skip baca kebawah setelah baca bagian sampah, soalnya aku langsung teringat kalau ke pantai, lihat sampah wisatawan rasanya kesal banget

    kalau ada sampah bagian mana yg indah dari pantai? kok turis ga mikir sih

    BalasHapus
  3. Ae Tiara.... wah, masih eksis aja blognyaa...aku malah baru mau mulai nulis lagi di blog...
    asyik ni jalan-jalannya.... aku belom pernah kesana sama-sekali jadi cuma bisa baca ceritanya aja...
    jangan lupa maen ya ke blogku, masih baru bangettttt....belom sempet dimodifikasi.hehe (Aina)

    BalasHapus
  4. wah asik banget kak jalan2 terus huhu. sy g pernah ke karimun jawa, pengen banget hiks

    anyway...ini pertama kalinya sy muncul di sini lagi ya, maap ya kak huhu

    BalasHapus
  5. wah, indah ya. sayang ada sampahnya :") mudah2an kalau ada yg mampir ke sana lagi sampahnya gak usah ikut ditinggal di sana :)

    BalasHapus
  6. Acaranya asyik banget ti.. mengeksplor bukan hanya utk keindahannya.. tapi biar karimun jawa lebih indah lagi :D

    BalasHapus
  7. wah, ke karimun jawa yah? mantebh bener dah, trakhir ksana udah taun lalu, hiks, pengen kesana lagiih..

    BalasHapus
  8. sepertinya liburan yang menyenangkan di karimun jawa jadi pengen kesana deh

    BalasHapus
  9. kunjungan sore salam kenal.,., terimakasi!!!!!!!

    BalasHapus
  10. Alamat lengkap pantainya di mana ya?
    Mohon penjelasannya ^^
    `Sukses selalu sobat...

    BalasHapus
  11. Ŵòº°˚˚°º0ώ:O, karimunjawa. Tempat dimana ingin kujelajahi pemandangan indahnya. Masih dalam batas melihat dari layar 14 inchi saja. :(

    Visit jogja

    BalasHapus
  12. wah udah lama gak ke sini, ternyata masih suka bertualang yah? :P

    benar-benar adventure girl... hehehe

    BalasHapus
  13. ah lelah karimun...
    dari dulu pengen kesana ga juga kesampaian.. hiks

    BalasHapus
  14. Tolong alamat lengkap TKP.Keren nih pantai...

    BalasHapus
  15. Sayang sekali kalo pantai banyak sampahnya.Jadi kurang nyaman...

    BalasHapus
  16. huwo huwoo bawah lautnya :D


    oya done follow.. follback ya :) .

    BalasHapus
  17. asik bgt keliatannya.
    bikin ngiri ...

    BalasHapus
  18. Pengalaman berharga sekali ya... Bisa belajar sambil rekreasi.

    BalasHapus
  19. Perjalanan yang menyenangkan :))

    BalasHapus
  20. Perjalanan yang menyenangkan :))

    BalasHapus
  21. Tiar gimana kabarnya? hehehe..jarang BW. eh saya pengen banget ke karimun jawa

    BalasHapus
  22. wah seru bangettt ya mba kayanya

    BalasHapus
  23. sampah organik juga dimasukin, yah jelas bisa dapat 51 kg :D

    BalasHapus
  24. kadang berpikir kalau pulau-pulau di Indonesia ini janganlah diekspos semua.. karena pada akhirnya sampah akan mengotorinya.. :(
    melihat fenomena itu.. jadi miris melihat pembolang, backpacker dan traveler yang kurang bertanggungjawab
    *sepertinya OOT*
    overall... keren kak. Karimun jawa itu.. keren!

    BalasHapus
  25. Subhanallah asyik banget bisa snorkling #pengen banget.

    Eh Tiar saya lagi ngadain Giveaway, yuk ikutan http://arrrian.blogspot.com/2013/06/arr-rians-giveaway.html

    BalasHapus
  26. karimun. dulu pernah diajakin temen, tapi gak ikut. mudahan liburan ada kesempatan ke sana

    BalasHapus
  27. bisa bikin orang gak jadi hamil itu seperti apa sih maksudnya :D
    seru juga kalau bsa main sama hiunya, bukan cuma sama nemonya :D

    BalasHapus
  28. asik yah :D
    tapi melelahkan banget
    kalo aku mending tiduran di kasur LOL
    #dasarmales

    BalasHapus
  29. wah aku yang warga semarang, deket gini malah belum pernah ke karimun...
    itu kegiatannya ikut LSM atau gimana?

    BalasHapus
  30. hiks... impianku ke karimunjawa sampai sekarang belom terwujud...

    makin ngiler baca postingan ini
    lihat foto fotonya, apalagi!!!

    hiks

    BalasHapus
  31. Tanteee...jalan jalan nya belom selesai ya??
    seru banget menjelajah pulau karimun jawa

    BalasHapus
  32. bikin ngirriiii... teman saya kemarin juga ngesms dia lagi di karimun jawa. lengkap sudah

    BalasHapus
  33. keren....

    Mohon maaf lahir bathin :)
    Selamat lebaran bagi yang merayakan, selamat liburan bagi yang tidak :D

    BalasHapus
  34. Mohon maaf lahir bathin :)
    Selamat lebaran bagi yang merayakan, selamat liburan bagi yang tidak :D

    BalasHapus
  35. Mohon maaf lahir bathin :)
    Selamat lebaran bagi yang merayakan, selamat liburan bagi yang tidak :D

    BalasHapus
  36. kamu benar2hobi travelling yah?

    BalasHapus
  37. wuuuaaah jd makin pengen backpackeran ke karimunjwa,,semoga nanti bisa kesini sama my wife,hehe..:p
    tp sayang ya klo kebersihan alam kita masih saja di kotoro sampah2 dari orang2 tak bertanggung jawab :(


    salam EPICENTRUM
    mampir ya kakak :))

    BalasHapus
  38. hai gadis..kangen deh sama kamu. pa kabar yak? uda sarjana belum sih? jalan2 mulu ih.. bikin ngiri seluruh dunia tauuu #dunia blogger hahahaha

    BalasHapus
  39. tirrr tirrrr tiaraaaa :) update atuh neng :p

    BalasHapus
  40. Kereen.. semoga nanti saya juga bisa jelajah dengan cara sebegini menyenangkan. :)

    BalasHapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)