Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Rabu, 21 September 2011

Blood Donor & Being a Hero Paradigm

19.19 Posted by Tiara Putri , , 72 comments
Yatta ... hari ini kali kedua gw menjadi pendonor darah, seneng dan bangga banget perasaannya, klo kata Syahrini itu "Sesuatu bangetlah". Jadi kemarin tuh temen seSMA yang sekarang anak FEB (Fakultas Ekonomi & Bisnis) kirim wall ke grup perkumpulan anak Purwakarta, ngasih tau kalau di FEB lagi ada acara donor darah gitu, waaah pengen banget, secara terakhir sekaligus pertama kalinya gw donor darah itu udah sekitar empat bulan yang lalu, meskipun agak khawatir dengan jadwal kuliah dan takut gg ada temen ke FEB-nya. Tapi kalau kita berniat untuk berbuat baik insya Allah jalannya juga dimudahkan ya, pas gw ngasih tau ini acara ke Radit dan Siska, mereka mau ikut, asik ada temen kan dan untungnya lagi kuliah hari ini selesai lebih awal, langsung chaao deh ke FEB.

Meskipun ini kedua kalinya gw donor darah, bagi gw sensasinya feelings like this is my first time and I'm so excited, deg-degan serta harap-harap cemas saat diperiksa, takut Hb-nya kuranglah atau tekanan darahnya gg normal, jadinya kan gg lolos untuk jadi pendonor, tadi pun yang lolos cuma gw sama Radit, Siska katanya sih Hb-nya kurang. Saat ngantrinya pun gw mah deg-degan juga, takut tiba-tiba keder hhahha enggak lucu kan.

Lucky me, petugas yang ngambil darah gw ternyata petugas yang waktu itu ngambil darah gw untuk pertama kalinya juga, gw udah bilang ama Radit, gw mau sama ibu itu, gak tau deh kenapa, lebih percaya aja gw sama beliau and another lucky thing, jarumnya masuk pada percobaan pertama *sujud syukur* soalnya pengalaman di masa lalu karena lengan gw yang kecil jadi nadinya susah keliatannya jadinya berulang kali ditusuknya deh.

Do you afraid of needle ?
Menurut gw perasaan takut pada jarum itu manusiawi bagi semua orang, ibaratnya ya kita tahu kan jarum itu benda tajam dan tubuh pun mengeluarkan perlawanan sebagai tindak perlindungan dengan perasaan gelisah yang bisa lebih ekstrim laginya dengan kehilangan kesadaran *menurut gw loh ya, jangan dipercaya*. Sampai detik ini perut gw selalu berasa dijungkirbalikin pas jarumnya ditusukin ke lengan, sakit ? ya emang sakit tapi prosesnya cepet kayak digigit semut merah yang besar hhahhai.

Did you ever dreaming to be a hero ?
Selalu, gw selalu ingin menjadi pahlawan dan berguna bagi orang lain *big grin*. Menurut gw dengan menjadi pendonor gw telah menjadi pahlawan, an anonymous hero, pahlawan tak beridentitas *tsaaah*, gw gg tau darah gw berguna atau enggak tapi gw berkeyakinan kalau gw menjadi pendonor untuk menolong orang lain dan kalaupun ternyata berguna, yang tahu identitasnya kan cuma petugas PMI aja, semoga sih jadinya amalan tanpa pamrih, aamiin.

Mungkin gw baru dua kali mendonor dan diluar sana ada yang sudah amat sering mendonor, tanpa bermaksud riya gw cuma pengen berbagi pengalaman dalam mendonorkan darah, well sedikit saran sok tahu hhahha semoga berguna
  1. Sarapan dulu, biar tubuhnya berenergi, in my first time, Siska gg sarapan dulu, udahnya doi pusing dan lemes banget
  2. Rileks, soalnya kalau enggak rileks darahnya enggak keluar pas pemeriksaan. Nah kalau lolos, rileksnya musti ditambahin, untuk mengalihkan perhatian dari jarum, gw sih enggak ngeliat jarumnya dan memikirkan efek positif dari mendonorkan darah ini, jangan ditarik lengannya saat petugas menusukan jarum, nanti malah ketusuk yang lain kan lebih sakit. Sesudahnya juga musti rileks, waktu gw kelas dua SMP dan diambil darah untuk dites, udahnya gw nangis histeris gitu -hhahha malu-maluin banget kan- jadinya lengan gw kram dan kesemutan gitu, enggak tau deh ada hubungannya atau enggak tapi kalau kita tenang kan biasanya semua berakhir baik.
  3. Kalau udah diambil darah dan merasa pusing, langsung bilang sama petugasnya, tadi juga ada, dibikinin teh manis hangat dan disuruh duduk enggak boleh jalan-jalan dulu.
  4. The most important thing, selalu bersugesti positif, yakin kalau bisa lolos juga yakin akan baik-baik saja, hey man this is a good deed. 
  5. Udahnya makan deh.
Dengan mendonorkan darah, selain berefek untuk orang lain yang membutuhkannya juga saat darah kita didonorkan, tubuh akan merangsang pusat pembuatan darah -sumsum tulang belakang deh kalo gg salah #CMIIW- untuk memproduksi darah baru yang tentunya lebih kaya akan hemoglobin yang tentunya kemampuan mengikat oksigennya pun lebih tinggi kan *CMIIW gw sekarang anak sosial soalnya hhehhe*. So mari jadi pendonor.
xxxChuu original by ra~ccon.

Today's Quote : "Setetes darah anda begitu berarti bagi mereka (yang membutuhkan). " Kata iklan

72 komentar:

  1. good job! ^.^b

    Aku sendiri belom pernah pengen coba tapi (masih) takut >.<

    BalasHapus
  2. saya belum pernah sama sekali ngedonorin darah. Bahkan, saya juga lupa golongan darah saya apaan. :D

    BalasHapus
  3. aihhhhh, donor darah..
    aku gk pnh bisa jadi pendonor darah :(

    BalasHapus
  4. Setahun bisa maksimal berapa kali donor ya, Tir?

    BalasHapus
  5. aku sempet gak donor darah selama 2 tahun, hahaha.. :P
    tapi sekarang udah diusahakan aktif lagi..
    kalau aku sih, biasanya yang nyuntik kan mbak2 yang cakep tuh, jadi ya diliatin aja, biar gak sakit.. heheheh.. :P

    BalasHapus
  6. belum pernah donor seumur idup. takut jarum suntik seh.

    BalasHapus
  7. Mudah-mudahan darahnya bisa berguna untuk menyelamatkan hidup sesama.

    BalasHapus
  8. two thumbs untuk tiara yang berani donor darah, jujur saja sampai sekarang aku masih takut :(
    tp bapakku juga rajin donor setiap 3 bulan sekali klo gak salah :D

    BalasHapus
  9. udah beberapa kali sih donor danar.. dan setiap kali donor darah yang ngambil darahnya selalu bilang, "ini kasian pendonornya gini".. *efek badan kurus* :p

    BalasHapus
  10. waaah hebat udah kedua kalinya ya donor darah. saluuut.
    dari dulu aku gak pernah donor darah. aku sih mau donor darah. tapiiii... sumpah takut ngeliat darah dan jarum suntik. bisa pingsan mendadak. nggak ngerti kenapa.
    liat aja bikin pusiiiing kepala. sehat gak tuh darahku kalau si empunya parnoan gitu...

    BalasHapus
  11. @ mbak Niken : hhehhe B) well you'll never know until you try #assik :P

    @ kak Akmal : hhihhhi sama ak juga sebelum tes darahku sendiri, gg tau malah golongan darahku apaan :P

    @ mbak Enny : hee ... kalau begitu sumbang doa aja ya :)

    @ bang Asop : 12 kali ahahaha itu mah sebulan sekali emmm mungkin 4x jadi jatuhnya tiga bulan sekali (mungkin loh mungkin)

    @ om Nurdien : lah kenapa ? huuu main mata :P

    @ kak Said : ak jadi malu #bikin lobang ditanah :P

    @ kolumnis : ooh ... cobain deh mungkin bisa menyembuhkan ketakutan akan jarum suntiknya :P

    @ FB : aamiin :)

    @ mbak Ria : hhehhe makasih :) #malu
    ak juga mau rajin, ayo mbak ak juga awalnya takut kok :P

    @ mas Tri : heee ... kasian amet mas :P badan kurus tapi lolos pemeriksaan ya berarti sehat kan, mungkin kurusnya gara2 cacingan #dilempar baskom :P

    BalasHapus
  12. aku juga sering donor darah, tapi ke nyamuk :P

    BalasHapus
  13. Udah lama ga donor, tapi gua ga mau kalah ma lu...

    Nanti kalo ada donor lagi ikutan ahhh

    BalasHapus
  14. wah, pertama kali donor darah aku malah baru aja selesai mens. rasanya lemes banget, mana tu jarum gak masuk2, hahaha :) tapi paling suka kalo donor darah itu pulangnya dikasih makanan gratis *nyengir*
    terusin, ya, donor darah kan gak buang banyak tenaga, tapi yang terbantu pasti ada. yg penting niatmu baik. jaga kesehatan supaya darahmu tetap sehat juga. jd selalu berguna untuk orang lain ;)

    BalasHapus
  15. yah saya nggak pernah bisa ikutan donor darah...belum 17 tahun T.T

    BalasHapus
  16. wahhh kalo aku takut jadi donor darah. bukan karna ngak mau ato ngak dermawan. tapi emang takut ama darah dan di suntik.

    lebih baik aku nyumbang selain darah deh. takut pingsan malah repotin semua.

    BalasHapus
  17. good for you!

    gua belum pernah lho jadi donor darah... :D

    BalasHapus
  18. Sepertinya darahnya Gol O ya Mba ? Sukses ya Mba.

    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  19. wah hari gini baru donor 2 kali??? tapi nggak apa-apa yang penting kan keikhlasannya. moga bisa lanjut terus ya tir donor darahnya.

    BalasHapus
  20. Ooo iya Tiara - ini sbh 'permohonan eh salah ... penawaran dari saya... ;)
    Begini, saya kan menang pada kontesnya teh orin dan dapat hadiah buku ttg Japan ... nah, buku itu saya hibahkan padamu...(kamu masih 'kul pasti suka bacaan). Silahkan kirim alamatmu (imelkan) ke rinrin.indrianie@yahoo.com
    or abrussiana@yahoo.com
    plis :P

    BalasHapus
  21. saya belum pernah sama sekali donor darah,,bukan takut tapi karena kuyussss hehehe,,jadi pihak PMI sungkan mau ngambil darah saya...☺ ☺

    BalasHapus
  22. sempet shock gara2 peralatan yang serba modernisasi dulu, alat ukur tensinya yang otomatis, dll..
    terus alatnya 'ngomong' kalo tensiku gak cukup...

    hahaha, lebih baik daripada mainin yang lain.. :P

    BalasHapus
  23. donor darah itu menyenangkan loch! emang sih pertama kali tuh ditusuk jarum bukan perasaan yang menyenangkan. takut malahan. tapi setelah berhasil untuk pertama kalinya, dijamin kita bakalan ketagihan deh. hehehe...trus ada plusnya pula : darah yg disedot akan diganti dengan darah baru hasil produksi dari jantung. maka dari itu, ada waktu minimal selama 3 bulan sebelum seseorang bisa mendonorkan darah lagi...:D

    BalasHapus
  24. donor darah adalah mimpi dhe Ra.. dari dulu selalu gagal ketika mo donor darah, mungkin karena memang pengaruh darah rendah juga kali yaa.. masih penasaran gimana sensasinya, semoga suatu saat bisa merasakan nikmatnya dnor darah.. :D

    BalasHapus
  25. belom pernah, dan takut eum >,<

    BalasHapus
  26. hebaaaat! moga-moga bisa jadi donor tetap yak. gue kangen donor darah di jakarta...dapet indomie soalnya, wkwkwkwkwk.

    kalo disini orang donor darah dikasih goody bag loh, hahahahah. niat yah. trus kalo baru pertama kali donor, dikasih stiker "please be kind to me. this is my first blood donation" hoahahahahah. trus bekas jarumnya dibalut perban warna-warni...dan boleh milih warna bok. *SN dengan nggak tau malunya milih PINK dong...iye, PINK #belagakgakkenal*

    BalasHapus
  27. bener banget Tiara... donor darah itu tindakan mulia sekali... dan efeknya sangat bagus utk tubuh... semoga Allah membalas dgn balasan yang berlipat ya Tir... dan semoga sahabat2 bisa terinspirasi dari cerita Tiara... thanks for sharing, Tir... :-)

    BalasHapus
  28. Waahh.. aku belom pernah donor darah.. dulu pernah sempet mau katanya berat badan aku gak memenuhi standar >_<

    BalasHapus
  29. saya takut banget sama darah...

    pengen sih donor tapi nggak lolos karena terlampapu kurus

    BalasHapus
  30. Gua masuk kategori orang yang takut dengan jarum suntik nih, Ti.
    Makanya belum pernah donor. Hehe

    BalasHapus
  31. aku udah 13 kali donor..hjehehahaha

    maunya sih rutin tiap 3 bulan. tapi keseringan lupa!

    kartunya merah, berarti golongan darahmu adalah...

    BalasHapus
  32. wah..mau deh... tapi fisik saya sendiri lemah.. hadeh..

    BalasHapus
  33. saya belum pernah donor darah seumur hidup, pernah ada yang ngajak, katanya sesudah diambil darahnya bakal dikasih minum susu sama semangkok indomi rebus. tapi belum kesampaian minum susu sama makan indominya, soalnya belum donor juga.

    BalasHapus
  34. hiks aku selalu ditolak untuk donor darah, kurang berat badan

    BalasHapus
  35. waktu kecil aku sudah sering disuntik dan sampai sekarang aku masih takut sama jarum suntik :(

    BalasHapus
  36. sudah lamaaa ga donor darah, terakhir kayanya taun 2004 deh,,
    donor waktu masih aktif2nya di organisasi,, :D

    BalasHapus
  37. aku gak pernah donor darah, setiap mau donor, pasti pas Hb-nya rendah.. gak jadi lagi deh... :(

    BalasHapus
  38. wuah gw juga pengen donorin darah juga ni.. pengen rasain sensasinya juga. hehehhe... :D

    BalasHapus
  39. jaruM? dulu takut sih tapi pas masuk RS wkt SMP jadi gak gitu takut.

    BalasHapus
  40. Alhamdulillah banget yak :)

    sep2
    semangat terus tiara :D

    masih harus nunggu 2 bulan nih.hhe

    BalasHapus
  41. saya... sampe skrg, entah besok atau kapan2, saya belum pernah donor, kalo ada acara di sekolah, saya udah memenuhi syarat saya kabur, ngga tau apa alasannya,
    saya bantu doa aja deh T_T

    BalasHapus
  42. satu lagi, sehari sebelum donor usahakan tidur cukup (:

    BalasHapus
  43. Gue malah pengen banget donor darah, tapi takut sama jarum suntik O,O

    BalasHapus
  44. Wah... Tia keren nih... udah pernah donor. Aku kapan ya terakhir kali donor darah...? Sejak pindah tempat kerja yang jauh dari PMI, aku jadi gak pernah ikutan donor lagi keknya...
    Ehm, sebenarnya aku juga rada takut gitu sama jarum, apalagi jarum donor itu gede gitu :D
    Tapi ya, pasrah aja. TErnyata fine2 aja kok. Hehehe...

    BalasHapus
  45. dulu saat pertama kali donor saya juga sempat khawatir...soalnya selama ini tensi darah saya rendah...
    eh, alhamdulillah sekarang sudah bisa mendonorkan darah..
    malah jadi ketagihan karena sehabis donor rasanya malah segar...

    BalasHapus
  46. wow Tiara keren :)
    belum pernah donor darah sama sekali. bukan karena takut, tapi suka ga pas waktunya.. kapan2 pengen nyoba aaahhh.. itu2 balas budi buat jasa pendonor darah yang waktu itu ngasiin saya kesempatan merasakan indahnya hidup di tahun 2007 ^^

    BalasHapus
  47. aku nggak pernah donor darah, nggak memenuhi syarat soalnya, haha

    BalasHapus
  48. Baru Selasa kemarin saya donor :D Buat nolong teman saya yang dirawat di Rumah Sakit, dan saya diambil banyak darahnya - cukup banyak untuk membuat saya pusing XD

    BalasHapus
  49. wah, saya belum pernah ikut donor darah :p

    BalasHapus
  50. "Setetes darah anda begitu berarti bagi mereka (yang membutuhkan). "

    Bener banget nih, aku pernah merasakan betapa pentingnya meski hanya se-Tetes saja.


    tapi sejujurnya aku juga masih takuk kakau di suruh mendonorkan darah (takut sama jarumnya) lol :)

    Salam kenal Anak Selanegara, ditunggu kunjungannya di :
    http://sarip2hamid.wordpress.com

    BalasHapus
  51. alhamdulillah aku udah beberapa kali donor darah. ada rasa bangga tersendiri bisa ikutan donor.

    BalasHapus
  52. hhe saya sebenernya malu mau ngakuin sesuatu 'kalau saya nggak pernha donorin darah' dan saya nggak mau bilang itu sama kaka...

    padahal anak PMR :D

    BalasHapus
  53. paling sakit bagi saya sih pas di suntik jari untuk cek golongan darah. untung itu cuman sekali aja ya. asal pas mau donor lagi harus di bawa kartu merah itu,hehe. deg degan juga pas jarum nya nyuntik ke tangan tuh

    BalasHapus
  54. jujur ya gue masih ada trauma sama jarum suntik makanya udah sekitar lima tahunan ga pernah lagi berurusan sama jarum suntik, pengen juga ikut ngedonor sebenernya. :(

    BalasHapus
  55. Kalo aku darahnya AB, jarang yang menggunakan, jadi seringnya donornya bila ada yang membutuhkan. kalo diambil di PMI takutnya jadi ED, nanti malah mubadzir.

    BalasHapus
  56. Dari jaman gue masih kecil sampe skg gue belum pernah donor darah euy >.<
    Bukannya takut sih, tapi gue jarang banget dapet info donor darah di Bogor. Kalaupun ada, temen2 gue gak ada yang tertarik. >.<

    BalasHapus
  57. wah, saya belum pernah. hehehe

    BalasHapus
  58. Wah, saya belum pernah donor darah. Pernah mau coba, tapi katanya berat badannya mesti lebih dari 48. Berat badan saya g cukuuup! :D

    BalasHapus
  59. haduh...
    pengen dondar deh jadinya.
    kapan gitu deh, mau ikut.
    thanks ya tips2nya :)

    BalasHapus
  60. dulu disuruh daftar sama sekolah buat donor darah juga takut sendiri. abis jarumnya dicabut setelah donor darah, sakit ga ya? .___.

    BalasHapus
  61. dan fobia saya terhadap jarum suntik menjadikan dinding pembatas saya untuk mendonorkan darah saya -_-

    BalasHapus
  62. Tiara ... acungan jempol utkmu ... saya yg sdh lebih lama mengenyam hidup di dunia ini ... belum 1x pun ikut donor ... :(

    BalasHapus
  63. Tiara .. kenapa akhir2 ini kayaknya kurang bergairah ... ayo SEMANGAT 45 lagi ...!! :P

    BalasHapus
  64. aku rasa udah mampir kesini dan komen tapi komennya ko ga ada ya... oh mungkin belum di konfirmasi #plak

    BalasHapus
  65. Tiara - kok masih *jadi pendonor darah ... apdet dunk ... semangat!!!

    BalasHapus
  66. Subhannallah bangett. Bisa ngedonorkan sebagian darah yang kita miliki Mba... jujur saya belum pernah.. kata pepatah mengatakan sebaik-baik manusia adalah mereka yang berguna bagi manusia yang lain..

    BalasHapus
  67. pasti sangat bermanfaat lah, bapakku aja kemaren waktu sakit butuh dua kantong darah kok... jadinya kan aku makasih tuh sama pendonor darah...

    BalasHapus
  68. Tapi bukan karena iklan google chrome blood for life kaan?.. karena biasanya identitas pendonor kan dirahasiakan. hehehe,

    jadi istilah "sekarang kalian adalah keluarga kami, karena darah kalian mengalir di anak kami" belum tentuu terwujud. *halah*

    saya pengen donor tapi selalu terhalang sama : BERAT BADAN :P

    BalasHapus
  69. seumur hidup gue blom pernah donorin darah

    bukan karena takut tapi gue blom berani

    *eh sama aja ya?

    hehe gak ding boong
    gue berani cuman kan badan gue kurus, takutnya gak memenuhi syarat buat didonorin darah nya

    ups curhat

    BalasHapus
  70. saya belum pernah donor darah, jadi pengin nyoba. tapi kayaknya belum cukup umur ._.

    BalasHapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)