Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Jumat, 21 Oktober 2011

The Firework's Maker Daughter

09.42 Posted by Tiara Putri 37 comments
Gw jadi penggemar Phillip Pullman setelah baca trilogi His Dark Material-nya. Ternyata om Pullman ini banyak menerbitkan judul lain sebelum trilogi fenomenalnya, salah satunya The Firework's Maker Daughter atau Putri si Pembuat Kembang Api. Buku ini gw beli pas Gramedia cuci gudang beberapa waktu lalu dan harganya cuma 10 ribu saja itu tuh sesuatu banget dah. Ok check this out, this gonna be the shortest review I ever made.

Seribu mil yang lalu, di negeri sebelah timur hutan belantara dan selatan pegunungan, hiduplah pembuat kembang api bernama Lalchand dan putrinya Lila. Ceritanya nih ibunya Lila udah meninggal sejak Lila kecil. Waktu terus berjalan, ternyata Lila menunjukan ketertarikan terhadap kembang api, ia sering bereksperimen dan menghasilkan banyak kembang api baru. Tetapi saat Lila menyatakan keinginannya untuk menjadi kembang api, Lalchand kurang setuju, menurutnya anak perempuan seharusnya tidak bermain api agar mudah mencari suami, Lila dan Lalchand sama-sama terkejut mengetahui bahwa mereka berbeda pendapat.

Di negeri itu pula ada kebiasaan untuk menghukum para pejabat dengan menyuruh mereka untuk merawat gajah putih milik raja, kenapa ? karena biaya perawatan si gajah ini sanggup membuat orang bangkrut hanya dalam waktu kurang dari sebulan. Nama gajah tersebut Hamlet dan kemanapun Hamlet pergi, Chulak yang menjadi pelayan pribadi si gajah harus ikut. Ternyata Hamlet adalah gajah yang bisa berbicara dan hanya Chulak serta Lila yang mengetahui hal ini. Lalu Lila menceritakan kegelisahannya pada Chulak tentang kemarahannyaa pada Lalchand karena tidak diberi tahu rahasia terakhir untuk menjadi pembuat kembang api. Nah Chulak menawarkan solusi kalau dia akan mengelabui Lalchand untuk memberitahunya rahasia tersebut. Tanpa diduga Lalchand terkelabui akan tetapi informasi yang didapat Chulak hanya setengah, nah loh Lila yang memutuskan pergi mencari rahasia tersebut jadinya terancam bahaya, Lalchand pun terancam dihukum mati, eh eh terus gimana ? baca aja sih sendiri hhohho.

My Comment : pendek kan pendek hhahha orang jumlah halamannya cuma 141 sajaa dan gw baca ini sekali duduk langsung selesai. Meskipun ini buku anak-anak, bisa dilihat dari konfliknya, gambar-gambar yang sederhana, serta layout huruf yang besar-besar dan spasi yang renggang gg jauh bedalah sama buku bacaan SD kelas 2, ceritanya tetap seru dan menghibur. Tapi sayangnya, anak-anak harus didampingi dalam membaca buku ini karena ada beberapa umpatan kasar serta ada beberapa pilihan kata yang kurang umum dan ada yang gw pun agak "err, ini apa sih artinya" semacam Bombardenorgelmitsparkenpumpe.

Banyak pesan moral yang dapat diambil dari cerita ini, diantaranya, tekad Lila untuk meraih mimpinya untuk menjadi pembuat kembang api gg setengah-setengah serta mau terus belajar. Tapi pesan moral yang menjadi inti adalah ingin menjadi apapun seorang anak selama itu adalah pekerjaan yang baik, orangtua sebisa mungkin mendukungnya, memberi penjelasan serta pengarahan yang benar, karena kalau si anak malah mendapatkan informasi yang kurang benar malah akan jadi membahayakan. Anak memang dibentuk dan tidak bisa lepas dari orangtua, tapi ia memiliki jiwa, mimpi dan kehidupannya sendiri. a Must Read.

Today's Quote : " ... Api membakar ilusimu. Dunia sendiri merupakan ilusi. Segala yang ada berkelip seperti api selama sesaat, kemudian lenyap. Satu-satunya yang abadi adalah perubahan ... " Razvani, Sang Angkara Api.

37 komentar:

  1. lumayan lah buat dibaca apalagi cuma 141 halaman, ah tapi disaat2 seperti ini masih belum bisa nambah bacaan... yang ada aja belum kubaca >.<

    BalasHapus
  2. Kayaknya seru ya? Ada gajah putih ajaib pula :)

    BalasHapus
  3. TAR aku kayaknya pengen jadi Lila..eh tapi cowok namanya jadi Lalo paling ya,,, Anak yang punya mimpi dan nggak setengah2 wujudin mimpi...hihii..good review

    BalasHapus
  4. wih asik notice yang terakhir terlihat unyu:3 itu <-- gak penting

    asik dah, kelihatannya dapet buku cuman segitu kapan yak ane dapet :D

    BalasHapus
  5. Wooh, quotenya bagus sekaleee...
    Eh, ini classic tale kah Ti?

    BalasHapus
  6. saya suka buku-buku fiktif + imajinatif...

    masih ada ga ya di gramed dgn harga 10 ribu?? (ngarep)

    BalasHapus
  7. anak perempuan ga boleh main api karena sulit jodoh?

    bukannya malah gampang dapat jodoh, karena banyak dicari sama cowok pemadam kebakaran :p

    BalasHapus
  8. Ada yang saya nggak mengerti. Apa fungsi si Gajah yang dapat berbicara dalam keseluruhan plot cerita? err...saha eta namanya? Hamlet?

    BalasHapus
  9. wah, kok wkt cuci gudang bulan lalu, ga nemu novel ini ya. ketemunya malah yg serial his dark materials bagian 3. yg bagian 2 malah belum beli nih.

    BalasHapus
  10. uhuyy mantab suka baca juga,, cb juga deh di kombain sama bacaan buku gie deh

    BalasHapus
  11. murah banget, cuman 10.000!!!

    disini gak ada gramedia..

    #nangis sambil nyuci piring#

    hiks, saya selalu berdoa, semoga gramedia cepet dateng kemari, yang ada toko buku kecil, yang gak pernah ngasih diskon buku!!!

    BalasHapus
  12. wuih saya pengen baca buku itu. pasti seru ya

    BalasHapus
  13. buku yang menarik.. walaupun buku anak2 :)

    ijin follow ya mbak..

    BalasHapus
  14. tes..tes.lemottt udah nulis komen gak muncul:(

    BalasHapus
  15. baru tahu ada penulis dengan nama ini

    something banget yak!

    BalasHapus
  16. Iya kalo mau jadi ahli jangan setengah-setengah harus bener-bener pandai.. Sepertinya kisah yang menarik nih

    BalasHapus
  17. Bombardenorgelmitsparkenpumpe.. gua suka banget kata yang satu ini :D ini emang beneran kata resmi atau buatan Tiara aja?

    BalasHapus
  18. kayaknya ini settingnya di Thailand :D
    gajah gajah dan gajah :)

    BalasHapus
  19. @ mbak Sadako : aku juga masih numpuk yang belum dibaca hhihhi :D

    @ mbak Tarry : emaaang :)

    @ kak Rian : namaku Tiaraaaa :( makasih :)

    @ kak Nasrul : notice yang mana ya ?

    @ kak Sulung : bukan classic tale ini

    @ kak Dienz : wah gramedia sini kemarin cuci gudang cuma sampe tanggal 15 Oktober :)

    @ om r10 : hhihhi iya ya pan langka :P

    @ om Lomar : nanti spoiler dong, silahkan baca sendiri klo penasaran :P

    @ mbak Fanny : nah jadi belum dibaca dong buku ketiga tersbut ? langsung spoiler itu mah :P

    @ kak Tirta : wah iya mau coba ah :)

    @ tante Meilya : ada hikmahnya kan jadi rajin cuci piring :P aamiin :)

    @ om Rusydi : yup lumayan :)

    @ tante Lidya : masuk kok tan, cuma kan dimoderasi dulu

    @ tante Honey : jyaah, terkenal padahal :)

    @ om FB : yup sederhana tapi bermakna :)

    @ om dokter : itu kata yang ada di bukunya, bukan buatan aku :P

    @ om Mabrur : hhahha jadi intinya hidup manusia itu selalu berubah gitu :)

    @ bang John : tapi gambarnya malah pake baju china loh

    BalasHapus
  20. Haha... kadang aku juga suka memabca buku yang hurufnya besar2, cepat selesainya :D

    BalasHapus
  21. wahhh baca 141 halaman dalam sekejab aja. hmmm mantep.

    kayak nya udah terlatih jadi pendongeng juga nih. hihihi

    BalasHapus
  22. Philip Pullman... terakhir saya baca novelnya yang Heroes of the Valley, dan jujur saya rada kecewa :( Tapi dari review mbak sepertinya buku ini bagus, kebetulan lagi kosong bacaan pula saya. Cari ah ^_^

    BalasHapus
  23. Tiara, sayang saya belum buku Phillip Pullman itu ... jadi ga bisa komen ... tapi kamu memang 'kutu buku ya?

    BalasHapus
  24. Tiara ... seusiamu aku juga 'pelahab buku ... 150-an halaman sekali duduk ... hahaha :D

    BalasHapus
  25. yah itulah orang bule kalo nulis fiksi, gak pernah mikirin moralnya dulu... makanya hasilnya bagus... :))

    BalasHapus
  26. novel genre sihir lagi ya... :D

    BalasHapus
  27. ngomongin buku untuk anak-anak karyanya philip pullman, jadi ingat salah satunya yang lain judulnya Spring-Heeled Jack. Karyanya yang terbit taun '89. Jauh lebih lama dari karya yang ini yg terbit taun '95 =))

    BalasHapus
  28. jadi penasaran sama buku ini nih.... catat dulu ah ...biar punya target buku yg mau dibeli

    BalasHapus
  29. iya juga
    tapi biasanya nih yang sering muncul Gajah itu film Thailand :D

    BalasHapus
  30. Hooohooo ini dia blog yang di-review Mbak Fanny! :D

    BalasHapus
  31. saya juga suka buku anak-anak mba...tapi udah lama gak baca buku seperti itu lagi, padahal buku-buku seperti itu inspirasi paling besar bagi saya..hehehe
    ternyata ada yah buku 10ribuan yg bagus..saya pernah beli buku diskonan rata-rata mengecewakan....

    BalasHapus
  32. lumayan juga ya. dan yang terpenting adalah, ceritanya ngga terlalu panjang. hehe

    BalasHapus
  33. Pengen beli buku ini.. tapi melihat buku2 baru aku yg masih bertumpuk aja buat males baca deh.. ya ampun >_<

    BalasHapus
  34. suka quote ituh,meskipun daku lum pernah baca buku ituh... :D

    BalasHapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)