Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Senin, 10 Oktober 2011

Monday is Batik's Day

21.17 Posted by Tiara Putri , , , 42 comments
Tiap Senin gw mewajibkan anak sekelas untuk pake batik, sebenarnya sih kewajiban pake batik di kampus gw tuh hari Jum'at tapi karena waktu semester satu kita gg ada kuliah di hari Jum'at, yaudah gw cari hari lain, nah terus ada yang tanya,
O : Tir, kenapa kita pake batiknya musti hari Senin gg Kamis aja
G : Gpp, gw maunya hari Senin, ya kalau mau hari Kamis, berarti seminggu kita dua kali aja wajib berbatik rianya
Hyahahaha alasan yang sungguh tidak masuk akal harap dimaklumi gw kan komting (rada) otoriter dan kalau dosen gw punya motto, "dosen punya otoritas penuh terhadap mahasiswa yang bahkan malaikat pun tidak bisa menggangu gugat" maka gw juga bikin motto "komting punya otoritas satu level di bawah dosen yang bahkan presiden pun tidak bisa menganggu gugat" hhahhai ngarep banget dah.

Oke kembali ke hari berbatik. Gw galak banget tiap Senin pagi, menginspeksi siapa saja yang enggak pake batik dan emang masih banyak banget yang gg punya batik dengan alasan, "Batiknya dirumah" atau "Lagi dicuci", cih banyak alasan tanda tak mau itu sih, tapi alasan tersebut masih bisa gw terima karena kalau ada yang bilang, "Pake batik kayak mau ke kondangan aja" atau "Enggak punya batik, Tir" itu sungguh Rambut Kutuan alias terlalu banget.

Batik emang lebih dikenal dipakai ke acara formal, dulu pas SMA gw datang ke sekolah mau persiapan perpisahan sengaja pake atasan batik dan hampir semua temen gw nanya, "Habis dari kondangan ya Ti?", elah Celana Merlin pisan. Tapi untungnya sekarang batik banyak mengalami modifikasi, sehingga ada yang bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari dan banyak kok batik yang murah, gw aja punya rok batik harganya cuma 20 ribu dapet nawar di pasar Beringharjo waktu ke Yogya, yah ada harga ada kualitas sih, tapi yah lumayanlah untuk dipake sehari-hari doang mah.

Bagi yang gg punya batik itu arrgh Janggut Merlin Kepanjangan banget dah, -tanpa bermaksud SARA- lebih-lebih dari suku Jawa, gw sindir abis-abisan, "Nih Purwakarta tuh gg ada batik khasnya, batik itu lebih khas dari suku Jawa tapi udah jadi pakaian nasional, di KTP aja tertulis orang Jawa Tengah, tapi gg punya batik ? pindah lu sana ke Zimbabwe". Nah ada temen yang dari Medan,
O : Tir, aku tak punya batik
G : Pake kain ulos aja
O : Mahallah Tir
G : owh, yaudah setiap hari kau sisihkan uang dua ribu, sebulan dapatkan tuh 60 ribu, beli batik yang murah sisanya buat ongkos. Masih empat tahun lagi kan kau disini. #ikutan pake logat batak.

Nah gw marah-marah gw pake batik gg tuh ? oh (hampir) selalu karena gw yang nyuruh sudah menjadi konsekuensi gw untuk lebih taat pada aturan. Mau seminggu dua kali pake batiknya pun gw sih gg masalah. Boleh dibilang gw seneng sama batik meskipun koleksi batik gw sedikit sih, cuma punya satu rok dan dua atasan serta satu set batik formal.
 Sekedar info tambahan nih, Masashi Kishimoto, pengarang manga Naruto, juga terinspirasi bikin jubah Akatsuki dari motif batik Mega Mendung-nya Cirebon. #ngarang tapi kayaknya bener sih, mirip gitu kok LOL.

Kenapa harus diwajibkan pemakaian batiknya ? karena akan sungguh lucu ketika kita hampir tidak pernah memakai batik atau bahkan tidak punya batik tapi saat si batik diaku oleh negara lain kita berkoar-koar kepanasan, anjing menggonggong kafilah berlalu banget, katanya yang mengakui "Lah ini batik di negara lu kagak pernah dihargai mending buat gw aja deh buat jadi salah satu aset budaya dan pariwisata negara gw", hell to the O, hell-O.

*istigfar tarik nafas* Mencegah selalu lebih baik dibanding mengobati, dengan mengenal dan memakainya kita belajar mencintai si batik sehingga akan membela dan melestarikan keberadaannya, karena kalau bukan kita, siapa lagi ?.
xxxChuu original by ra~ccon

42 komentar:

  1. setahu saya hari batik itu hari jumat deh mbak :/ eh nggak tahu lagi sih :3 wkwk :D

    BalasHapus
  2. Kalau koteka itu warisan budaya indonesia juga kan ?
    batikkan kesannya buat cewek soalnya kembang2 gitu...

    Alhamdulillah cowoknya gak disuruh pake koteka .

    selamat berbatik aja deh.
    jujur saya gak ada pakaian batik.
    cuma sarung batik doang tiara :p

    BalasHapus
  3. Batik? kalo di kampus saya sih nggak diwajibkan, hanya dianjurkan setiap hari jum'at.. tapi ya lumayan sih, semua dosen dan karyawan pasti pakai batik. mahasiswanya walaupun nggak semua tapi ya dipastikan hampir 90% pakai batik.. kalo saya sih pakai batik suka-suka, nggak harus hari jum'at.. kadang hari senin, kadang selasa, kadang seminggu full dari senin-jum'at pakai batik terus.. hehe.. koleksi batiknya lumayan banyak soalnya, sayang kalo nggak dipake..

    BalasHapus
  4. setuju!
    Cemungudh qaqa!
    Aku juga suka pake batik :))

    BalasHapus
  5. iya gue setuju bgt itu.. emang mirip awan akatsuki, tapi kalu kata ibu ku itu motip udah dari jaman dulu ada.. ngga tau deh mana yg bener..

    hahaha temen2 kamu terlalu bgt ya itu.. *kutuan*
    loh???
    hahaha *ngga nyambung*

    BalasHapus
  6. sebenarnya bagiku tiap hari adalah batik. tas laptop batik, kotak asesoris batik, dagang batik, mukena batik, gelang batik. apalagi ya? #mikir
    untuk masalah yang hari senin tadi, semakin disuruh malah semakin gag mau aku mah #jujur aja. ini juga lagi minta dikirimin batik lagi dari rumah. #curhat mode on

    BalasHapus
  7. @ Andaka : emang sih, ini kan peraturan saya B)

    @ kak Uchank : heh kata siapa batik kesannya buat cewek doang :O
    hhihhi soal koteka ya enggak gitu juga kali ya :P
    yah untunglah masih punya batik :D

    @ mas Tri : gg diwajibin juga sih :P makanya saya aja yang ngewajibin :P

    @ mbak Niken : yeah burning fire to the max :P

    @ kak Enno : hhihhi bener kan ya :D

    @ Syifa : masalahnya klo gg dipaksa malah jarang ada yang dipake. Heran gw dipaksa salah gg dipaksa juga salah
    sebagai penjual batik keluarkan etos batiknya dong :D

    BalasHapus
  8. Dulu waktu kuliah aku gak punya batik.. ini aja pas kantor setiap hari jumat batikan jadi buat dan beli beberapa.. tapi ada peraturan baru yg mengharuskan pake kain khas daerah.. ya tahun depan bakalan gak punya batik lagi rasanya..

    BalasHapus
  9. untung gua gak di kelas lu ya.. gua gak punya batik soalnya. hahaha.

    BalasHapus
  10. setujuuuu,,,
    sudah saatnya batik sudah menjadi bagian dari hidup kita, ga harus dipake saat acara formal saja....

    BalasHapus
  11. Jadikan batik itu sebagai seragam tiap hari atau paling tidak menjadi kebiasaan yang sering ditampilkan. Yuks ... ^_^

    BalasHapus
  12. wiw.. klo di kampus, ada batik's day hari kamis. sefakultas klo bisa pke batik. tapi yaaaa, balik lagi kemauan orang-orangnya.
    saya suka klo pake batik, kesannya itu tradisional elegan :D

    BalasHapus
  13. motif mega mendung itu ternyata universal loh
    motif seperti awan lucu itu juga aku lihat di kota terlarangnya Cina, istana dengan seribu kamar itu... arsitektur di sana banyak sekali yang pake motif mega mendung.

    BalasHapus
  14. bagus Tante,,
    idenya pake baju batik hari senin.
    Dija juga suka pake batik lho

    BalasHapus
  15. kalo dikampus gue hari jumat jadwal pake batik :))

    BalasHapus
  16. jaman sekarang orang memang sudah gak malu lagi pakai batik di samping warisan budaya asli indonesia juga di modifikasi sedimikian rupa hingga berkesan lebih modern,love,peace and gaul.

    BalasHapus
  17. saya cuma punya batik piyama. heheh untung gak pernah berkoar2 ya pas batik diklaim milik negara lain. hehehe

    BalasHapus
  18. kalau saya gak jumat gak senin, tetep pakai batik selasa dan kamisnya juga

    eh senin, rabu, dan jumat insyaAllah saya pakai batik ke kantornya, lebih nyaman pake batik daripada kemeja formal,, meski batik yang dipake ya terbatas di ulang-ulang gitu :P

    BalasHapus
  19. emang yah kalo pake batik malah suka di bilang mau kondangan :/
    padahal kan skrg batik udh di macem macemin modelnya supaya anak2 muda juga seneng makenya :D
    aku suka batik <3

    BalasHapus
  20. disekolah2 skr pakai batik juga loh

    BalasHapus
  21. asal bukan kebaya aja ti'... uhuhuhu

    BalasHapus
  22. kalo aku tiap jumat diusahain pake tir.. :D

    BalasHapus
  23. kalo dulu make batik emang rada kolot. tapi sekarang malahan batik udah jadi fashion yang menjanjikan.. :)

    BalasHapus
  24. Hari Batik nasional diakui hari Jumat, btw
    Blog yang simpel tapi unik dan menarik, artikelnya pun imajinatif tapi tetap informatif... saling berkunjung ya :P dan mengajak bertukar link :D

    BalasHapus
  25. Hahahaa... Bener-bener otoriter, nih gaya komtingnya.

    BalasHapus
  26. tapi aku ga suka sama batik, aku lebih suka pakaian yg plos tanpa gambar/motif

    BalasHapus
  27. i like batik n i hate monday. hohohoho

    BalasHapus
  28. Kuliah pake batik itu serrrru, ya itung-itung karena pas kuliah kita kan sudah tidak menggunakan seragam lagi.
    Di kelas saya, pake batik tiap hari Kamis, mbak. *yeah, ga ada yg tanya*
    Baca liputan ttg batik fractal, mbak. *ada di blog saya* #promosi
    :D

    BalasHapus
  29. Ah, jadi ingat dulu. Pas masih tingkat pertama, mahasiswa juga masih gencar-gencarnya disuruh pakai batik setiap hari Jumat. Nah, saya sama kaya' mbak waktu itu, keliling mengingatkan anak-anak supaya mau pakai batik. Ya, nggak semuanya mau sih, tapi setidaknya sebagian besar mau lah.

    Saya waktu itu tidak negur atau bahkan marahin mereka yang nggak mau, cuma tanya aja, "Kenapa nggak pakai?" jawabannya ya kurang lebih sama, tapi jujur, sebagian besar yang nggak pakai itu jawabnya "Nggak punya".

    Dan, justru itu dia dilemanya. Mau nyuruh mereka nabung buat beli batik... rasanya gimana gitu. Mereka sudah susah buat bayar kuliah, makan saja setiap hari nggak tentu. Walhasil ya tak apalah. :P

    Sekarang di kelas saya di kampus, setiap Jumat sudah bukan wajib pakai batik, melainkan pakai baju muslim (bagi yang muslim, tentu saja). :D

    BalasHapus
  30. wuah itu penyalahgunaan kekuasaan.. heehehe

    BalasHapus
  31. dulu dikampusku gak ada hari batik hehe blum terlalu booming jg sih batik :P
    tp aku punya koq batik cuma jarang dipake sekarang karna mang jarang pergi keluar rumah :p

    BalasHapus
  32. hidup batik!!

    dhe juga suka pake batik, hampir tiap hari malah pake celana batik.. meskipun cuma celana doang mah gk maslaah, yang pentuung udah batik.. setuju kan Tir?? :D

    BalasHapus
  33. *ngakak baca analogi batik dengan Masashi Kishimotonya.

    Eh, gua juga pakai batik tiap Jum'at (wajib). Tapi hari lain juga make batik. Suka-suka hati gua aja, sih. Hehe

    BalasHapus
  34. di zimbabwe juga ada batik lho, salah ngusir...yang nggak ada batik di eskimo.

    BalasHapus
  35. *cengo*

    kayanya iya sih motif Akatsuki terinspirasi dari batik ._.
    *baru kepikiran*

    BalasHapus
  36. Hihihihi....saya punyanya Uis Karo, Ikat Toraja, Ikat Timor, Tenun Dayak, Tenun Lombok, Songket Minang, Sarung Bugis dannnnnn.....saya ga punya Batik >.<

    hahahahaha. Ntar kapan-kapan mau cari yang asli dan bagus ah. Nggak mau kalau beli Di Danar Hadi atau Parang Kencana, rasanya nggak asli lagi. Seru kalau belinya di pasar tradisionalnya langsung yaaa... :)

    BalasHapus
  37. Oh ya Tir, info aja, motif awan di background Naruto itu bukan nyontek Batik Mega Mendung sich. Justru, Batik asli Indonesia itu mendapat pengaruh Asia Timur seperti China dan Jepang akibat kedatangan bangsa penjajah dan pedagang.

    Motif awan (atau Mega Mendung) itu memang ciri khas dari Asia Timur sana. :D

    BalasHapus
  38. Jangan2 batik mega mendung yang terinspirasi dari lukisan Cina :D

    BalasHapus
  39. mantap lah!
    dulu waktu semester 6 juga saya sama temen sekelas kompak pake batik hari senin..

    salamkenal!

    BalasHapus
  40. saya termasuk orang yang jaraaaaaaaang banget pake batik. bisa di hitung dalam setahun berapa kali ._.v

    BalasHapus
  41. wkwkwkwk yg naruto itu maksa banget!!

    tapi iya sih, banyak yg menghubungkan naruto dg indonesia

    BalasHapus
  42. hahaha.... tambah lagi dong Tir koleksi batiknya... aku jg mau beli baju batik nih soale koleksi cuma punya dua... tapi eh tapi berhubung lg program diet jd nunggu aja deh.. sapa tau bisa turun ukuran hhahaha...

    BalasHapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)