Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Kamis, 23 Juni 2011

The Hunger Games

11.13 Posted by Tiara Putri 47 comments
Minggu ini sebenernya jadi minggu tenang dimana seharusnya gw belajar ampe tengah malem, buka materi yang akan diUASkan minggu depan dan mulai siapkan mental, tapi eh gw malah begadang untuk hal yang gg jelas, kebanyakan tidur dan entahlah beberapa hari ini gw menghabiskan waktu for nothing, haduh lumayan tuh tiga hari telah terlewat.  Nah, kemarin setelah merasa suntuk dan mati gaya kelamaan nongkrong di kamar, gw ngajak Ayu ke toko buku dan menghabiskan waktu sejam lebih menganggunya dengan pertanyaan galau gw tentang buku apa yang sebaiknya gw beli, soalnya keinginan tak terbatas berbanding terbalik dengan sumber daya hiks hiks hiks.

Akhirnya gw beli The Hunger Games dan Catching Fire, sebuah trilogi karya Suzanne Collins. Ini buku udah lama gw pengenin tapi urutan prioritasnya turun mulu sampai akhirnya baca di blognya Om Arman, katanya The Hunger Games akan dibuat film, wah musti baca dulu bukunya dong karena kata beberapa resensi ini buku seru, oke this is a review from me.

" ... Akankah kau membunuh untuk mempertahankan nyawamu ?"
The Hunger Games bersetting di Panem, sebuah negara bekas reruntuhan Amerika Utara, diceritakan pasca keruntuhannya dibuatlah 13 distrik akan tetapi terjadi pemberontakan terhadap Capitol -sebuah kota dimana pusat pemerintahan dan kekuasaan Panem terpusat- yang dapat dipadamkan karena perbedaan kekuatan dan distrik 13 dihapus. Untuk menekan pemberontakan dan memberi tahu secara tidak langsung bahwa pemberontakan adalah sebuah hal yang sia-sia, dengan alasan untuk mempertahankan perdamaian diadakanlah sebuah permainan yang melibatkan 12 distrik dimana setiap distrik mengirimkan dua peserta beda gender untuk bertarung di Capitol yang dinamakan Hunger Games dimana 24 peserta akan dipenjara di arena luar yang sangat luas dan pemenang adalah orang terakhir yang bertahan hidup. Aturan mainnya adalah setiap anak berumur 12 tahun wajib memasukkan namanya di Hari Pemungutan untuk diundi dan semakin bertambah umur semakin bertambah pula kertas yang harus dimasukan sampai batas usia 18 tahun. Tapi seseorang dapat memasukan lebih dari yang wajib dimasukan untuk mendapatkan tesera atau ransum makanan.
 
Jagoan cerita ini adalah seorang gadis berusia 16 tahun bernama Katniss Everdeen yang tinggal di Distrik 12 tepatnya di Shame. Katniss tinggal bersama ibu dan adiknya, Primrose "Prim" Everdeen setelah kematian ayahnya akibat sebuah ledakan di tambang batu bara yang semenjak saat itu Katniss bertindak sebagai tulang punggung dengan berburu bersama Gale dan membarterkan hasil buruannya di Hob, sebuah pasar gelap. Pada saat Hari Pemungutan, dunia Katniss seolah terbalik karena nama adiknya keluar sebagai perwakilan distriknya dan yah well, sudah dapat ditebak ia dengan sukarela mengajukan diri sebagai seorang peserta dan berpasangan dengan Peeta Mellark dan mereka akan didampingi oleh Haymitch Abernathy, sebagai mantan pemenang dari distriknya dan Effie Trinket, utusan dari Capitol. Well, perjuangan Katniss untuk bertahan hidup dimulai dari sini.

My Comment : wuhuuu seru saking serunya dengan amat menyesal gw menyelesaikan buku ini dalam satu hari, huaaaa karena ketegangan dan rasa penasaran gw terlalu besar untuk menunda membacanya jadinya gw menunda melanjutkan buku-buku yang sebenarnya udah terlalu lama gw tunda.
Well, sebenarnya tema cerita ini bukan suatu hal yang baru, karena sebelumnya gw udah nonton film Jepang yang kurang lebih alur ceritanya sama kalau-mau-bertahan-hidup-maka-bunuh-semua-orang yang berjudul Battle Royale dan memang banyak kesamaan tapi yah bedanya pada pemeran utamanya. Gw suka sama tokoh Katniss yang tegar, cuek, kuat, "ganas" serta hanya menyimpan keraguan dan kelemahannya dalam benaknya, oh ya dan jangan lupakan Peeta, peserta pria dari distrik 12 yang membuat Hunger Games memusatkan perhatian pada distrik 12 dengan pernyataan cintanya pada Katniss saat sesi wawancara dan gw pun dibuat jatuh cinta padanya *alah*

Jadi si Katniss ini "menggunakan" romantisme untuk memenangkan hati penonton dan sponsor, well di pertengahan buku akan banyak adegan mesra tapi karena bagi Katniss hanya sebuah strategi, romantismenya gg terkesan vulgar seperti tetralogi vampir dan werewolf yang filmnya baru gw tonton setengah jam aja bikin rontok bulu kuduk deh. Well, yang bikin gw bingung adalah setting waktunya, ada tv, kamera, mobil dan alat canggih lainnya tapi kok gg diceritain ada telepon dan internet ya, berasa janggal karena entah kenapa otak gw berpikir jaman modern itu ditandai dengan ponsel dan internet. Bahkan kadang gw merasa setting waktunya sekitar pasca perang dunia dua. Oh ya sekedar informasi, kata Om Wiki, pemeran Peeta nanti adalah Josh Hutcherson, oh my gg sesuai banget sama imajinasi gw tapi whatever bukunya keren tapi two thumb up aja deh.
xxxChuu original by ra~ccon.

Today's Quote : "Kau disini untuk menghabisiku, Sweetheart?." Peeta Mellark

47 komentar:

  1. pertamax dulu lah ... masih belum sempat baca :)

    BalasHapus
  2. seru kayaknya bukunya wuaa udah lama aku gak beli buku bacaan :'(

    BalasHapus
  3. wah, seru ya, blh minjem gak? hehe..

    BalasHapus
  4. hua,,,menegangkan banget....
    Tiara, ehm...pinjem donk bukunya... ntar kalo daku ke semarang pinjem yaaaa.... ahahaha

    BalasHapus
  5. @ Kak Sofyan : eh emang ada gamenya ya ?

    @ Bang John : oooh sayang sekali cuma premium :D

    @ Mbak Ria : seru deh recommended banget

    @ Penghuni 60 : boleh aja ^^

    @ Mbak Aina : boleh dong mbak :) hayu main ke Semarang

    BalasHapus
  6. kita lihat lebihseru buku atau filmnya ya

    BalasHapus
  7. keren keren...eh, itu buku ditumpuk-tumpuk mau dijual ya?

    BalasHapus
  8. gw nunggu ceritanya lagi :)

    BalasHapus
  9. wah jadi pengen baca nih...sebenernya lebih pengen liat cowoknya hahaha eh tapi kan belum ada filmnya hehe

    BalasHapus
  10. Saleum
    halo mbak tiara, sehatkah dirimu?
    trims sudah mampir diblog saya :)
    saleum dmilano

    BalasHapus
  11. bingung aku sama deskripsinya.... ini genrenya untuk siapa sih? remaja yah

    BalasHapus
  12. Wah brp halaman tuch bs lsng kelar
    Ckckckck
    Tp seru jg kisahnya :)

    BalasHapus
  13. tersera itu rangsum makanan yang harus diperjuangkan?
    sepertinya kalo dipilemkan pasti rame tuh. tapi biasanya justru lebih manteb buku aslinya daripada visual.
    sayangnya saya ndak bisa bahasa inggris ... halah

    BalasHapus
  14. kirain nama sebuah games, ternyata judul buku.. aih, kayaknya seru juga.. meski baru denger dan baca resensinya disini nih Tir.. hemm, boleh minjem nggak? *plaaak..

    eh Tir, weekend ini saya berencana di jogja loh.. kopdar yuuk?. *halah*

    BalasHapus
  15. No I'm not here to finish you1 I'm here to read and comment... hihihi...

    kayaknya seru bener? dan oooh yg bunuh2an gini sebenernya nggak masuk kategori yg kusuka krn well... it's scary...

    dan aku setuju bgt kalo mau nonton film yg diangkat dari buku, musti baca dulu bukunya... tapi biasanya bagusan buku daripada filmnya...

    adakah yg lebih bagus filmnya drpd bukunya?

    BalasHapus
  16. bukunya tebel amat,apa gak sakit mata tuh bacanya XD

    BalasHapus
  17. wah dapat resensi buku.. terimakasih..
    mampir ya http://venusv3.wordpress.com

    BalasHapus
  18. Bunuhlah setiap orang yang anda kira mengganggu. Dengan satu catatan anda akan tereliminir dari pemangku mahluk sosial..

    BalasHapus
  19. Sebagai penyuka buku juga, jadinya penasaran hehe.. kayaknya seru ya..

    BalasHapus
  20. Manjaaay! Mantab Jayaaa! :D Ke toko buku untuk melepas kesuntukan! Nice! ^__^

    Wow, hebat kamu beneran bisa menyelesaikan buku dalam sehari?? Salut. :)

    Nah, saya doakan moga UAS sukses ya. Aamiin! :)

    BalasHapus
  21. Menarik sepertinya bukunya..sayang romantismenya kurang pulgar..hehe,,tapi jujur dah lama ga baca buku nih..coba bikin pdf gitu, trus bagi2 deh ama bang amdhas..hehehe...ngarep.com

    BalasHapus
  22. @ Tante Lidya : saya berani taruhan pasti tetep ramean bukunya deh

    @ Mas A Vip : bukaan hhahha itu yang paling bawah yang paling lama saya tunda bacanya malah selese yang paling atas duluan

    @ Zhanaz : hmm maksudnya pengen ikutan terjun di game yang diikuti Katniss kah ?

    @ Om Baha : the next book ? just wait it

    @ Azizah : aaah gg ganteng :( ituloh yang maen di Zathura

    @ Om Dmilano : saleum, alhamdulillah sehat ^^

    @ Bang r10 : yep memang fiksi remaja

    @ Mbak Tari : 406 halaman B)

    @ Om Djangan : bukan om, jadi kalau kita memasukan nama lebih dari yang diwajibkan bisa dapet tesera, tapi probabilitas nama kita diambil jadi lebih tinggi kan. hhehhe kan ada subnya

    @ Mas Ra-kun : ke TKP

    @ Bang Gaphe : ngajak kopdar saya ama ngajak kopdar buku nih hhehhe yah besoknya UAS bang

    @ Tante Lyli : mungkin karena keterbatasan teknologi ya yang tidak sebanding dengan kemampuan otak untuk berimajinasi.

    @ Mas Randy : well, ini bukan buku pelajaran sih jadi ya enjoy aja hhehhe

    @ Mbak Venus : ke TKP

    @ Mas Choirunangim : psikopat dong

    @ Kak Ne : memang seru :D

    @ Bang Asop :Iya ini saya selesein dalam waktu kurang lebih 24 jam tapi gg enaknya jadi cepet habis bahan bacaan.
    amien, makasih Bang.

    @ Om Amdhas : wah suka yang vulgar2 ya :P
    udah banyak Om file e-booknya cuma ya dalam bahasa inggris sih hhehhe.

    BalasHapus
  23. seru kan hunger games... :)

    tapi yang catching fire awal2nya gak seseru hunger games nih. gua belum kelar sih bacanya. denger2 katanya yang ketiga (mocking jay) yang paling seru...

    gak sabar pengen nonton filmnya next year :)

    BalasHapus
  24. aku tidak pernah lagi membeli buku di toko buku semenjak
    Sebuah Tragedi kentut di gramedia

    BalasHapus
  25. gile uey. baca setebal itu dalam satu hari. wihhh. kalo gw baru 3 lembar aja udah ngantuk. salut lah buat tiara. kalo gw mau nya di bacain aja deh.

    BalasHapus
  26. g terlalu minat nih, walopun udah diresensi :D

    BalasHapus
  27. huaaaaa itu buku favoritku! aku udah baca yang pertama dan kedua dan semuanya sumpaaaah kereeeen bangeet. aaaahhh buku ini bener-bener keren dan nyesel kalo sampe gak baca . mantep bangeeet gak sabar nunggu buku ke tiga nyaaaa! hwaaaaa *maap heboh banget* :D

    BalasHapus
  28. Wuiiih kayaknya seru banget ya ra :D
    Mana lumayan tebel lagi bukunya :D
    Udah kelar blum baca tuh buku? :D

    BalasHapus
  29. @ Om Arman : huaaa mockingjay udah terbit ya disana, disini belum.
    yup pengen liat realisasi hunger games di dunia nyata :D

    @ FB : emang seruu

    @ Blog eke : yaaah traumaan nih orangnya :P

    @ Mas Bayu : hhehhe B) yah kalau buku ini diceritain dijamin gg kerasa tegangnya nanti malah yang pembacanya yang asik sendiri :P

    @ Om Oen : yaah kalau resensinya kurang bagus maaf hhehhe

    @ Nona : mantap d(>_<)b saya sengaja belum baca yang kedua hhehhe, buku ketiganya manaaa nih ya

    @ Iam : yey makanya gw resensiin juga berarti udah gw baca :D itu tebel karena ditumpuk sama buku lain

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  31. wah. dari cara bermainnya, kayaknya seru nih kalo dibuat filmnya...

    BalasHapus
  32. memang kalau lagi waktunya belajar, banyak banget godaan..

    saya malah pernah, harusnya belajar malah bikin papan dan huruf-huruf scrabble :P

    BalasHapus
  33. " ... Akankah kau membunuh untuk mempertahankan nyawamu ?"
    ah Tiara janganlah bermain-main dgn kata 'bunuh ... ngerilah lah awak ... :(

    BalasHapus
  34. kayaknya seru banget nih bukunya, jadi kepengen beli tp uang di dompet sama sekali gak mendukung -_-

    BalasHapus
  35. Gue kira game virtual gitu. Buku toh. Salut ama minta lu yang gemar membaca tapi jangan lupa kewajiban. Itu udah 3 hari kelewat lho..

    BalasHapus
  36. what? sehari bacanya? *pasti nahan boker kan?*
    hahaha,
    wah itu battle royale sya nontonnya pas SMA,5 tahun yg lalu kyaknya.hee
    (tapi biasa aja tuh,mlahan ending nya aneh)

    BalasHapus
  37. @ Eks : Yap kita lihat aja, coming soon at 2012 loh filmnya

    @ Kak Rime : apalagi kalau sambil buka laptop, wha dijamin deh kemana-mana hhehe

    @ Kak Abrus : hhehhe itu kan sebuah pertanyaan doang :P

    @ Kak Nuell : yah keluaran tahun 2009, memang keren ^^

    @ rahad : menabunglah :D yaudah tunggu filmnya aja, pan gratis tuh download mah hhehhe

    @ Om Tukang Colong : kewajiban apa om ?

    @ Koskakiungu : hhehhe gg sampe segitunya lah. Battle Royale emang agak nyebelin terutama pemeran utamanya yang lemah banget, ya endingnya begitu kan karena da sekuelnya

    BalasHapus
  38. Kapaaan bisa bikin quotes sekeren itu...??

    hehe

    Coba buku2nya buat giveaways kak
    (nafsu)

    BalasHapus
  39. @ Aul : bentar lagi pasti :D kamu kan penulis juga.
    amien, doakan saja ya biar ada rejeki lebih :D

    @ Bang John : eh kecewa kenapa Bang ? kecewa ama resensinya atau tidak pertamaxnya ?

    BalasHapus
  40. wah udah lama aku gak menemukan bacaan yang berhasil membuatku benar benar terhipnotis sampe gak mau melepaskan bukunya kayak gini....

    BalasHapus
  41. Kalo Dija belom bisa baca Tante...
    DIja nungguin filmnya aja yah

    Hihihihihihi

    gak tau
    nanti ngerti gak pas nonton filmnya

    BalasHapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)