Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Selasa, 07 Juni 2011

Siapa Kena Tipu, Mari Menipu Balik ^^

21.58 Posted by Tiara Putri , , , 49 comments
Waw ... tiga hari ini adalah tiga hari pertama dalam dua tahun terakhir dimana gw sama sekali tidak menyentuh internet karena belum bayar, hhehhe agak bangga juga ternyata banyak sisi dari hidup gw yang belum terjamah ya. *end of intermezzo*

Nah beberapa hari yang lalu, seorang saudara menelepon mama, katanya ia mendapatkan hadiah mobil Nissan dari sebuah produsen kopi, mama mencoba menasehati hati-hati penipuan soalnya tetangga tante gw kena tipu dengan modus yang hampir sama, tapi si saudara ini keukeuh bilang kalau dia yakin soalnya sudah ditelpon kepolisian, samsat dan notaris, tapi si produsen kopi ini menguji kelayakan calon pemenang dengan mau enggak bayar uang muka sebesar 15 juta rupiah, jadi intinya sih si saudara ini mau pinjam uang dulu ke mama soalnya depositonya belum jatuh tempo, mama ragu-ragu soalnya kalau memang bener ya biasanya ada jangka waktu tiga bulan untuk pengambilan hadiah kok musti wajib hari itu juga ditambah memang banyak bukti penipuan disekitar dan terjadi di keluarga gw. Esoknya, mama mendapat kabar bahwa ya memang itu penipuan sayangnya si saudara ini ternyata sudah mentransfer sebesar 10 juta, yah mungkin namanya musibah ya.

Well, penipuan itu sepertinya tidak lekang oleh jaman ya, gw inget waktu kelas 1 SMP, seorang teman dekat pernah mendapatkan hadiah utama dari undian (kalau tidak salah) Smarties, nah setelah dikonfirmasi oleh mamanya, keluarganya harus membayar sebesar 10 juta untuk menebus hadiah tersebut, jumlah yang cukup besar lah pada waktu itu, mamanya bilang ini kayaknya penipuan tapi yang bikin gw takjub adalah surat keterangan pernyataan pemenang yang dikirim ke teman gw mencantumkan tulisan tangan teman gw pada saat mengirimkan bungkus Smarties tersebut, berarti besar kemungkinan yang melakukannya pasti orang dalam ya *suudzon*

Nah pas kelas 3 SMP, akun e-mail gw di www.sailormoon.com menang undian apa gitu yang menjelang piala dunia di Afrika Selatan, iseng-iseng gw bales, eh ternyata dibales ulang dan hadiahnya kalau gg salah hitung hampir lima milyar deh kalau dirupiahin, wah girang deh gw, terus deh gw layanin, bahkan pihak sananya sampai mengirimkan passport calon pengacara gw nanti yang akan mengurus cairnya hadiah gw, lalu website si pengacara pokoknya meyakinkan banget deh, nah sampai suatu hari gw diminta melakukan pembayaran administrasi sebesar kurang lebih kalau dirupiahin 27 juta, nah karena kebetulan pada waktu itu ayah gw kerjanya lagi di Angola, gw bilang yang intinya uang hadiah gw cairin kasih ke ayah gw nanti sama ayah gw dipotong buat biaya administrasi, jangankan 27 juta, kalau dapet 5 milyar mah 100 juta juga gw kasih kali ya. sayangnya gg bisa alasannya ada aturan apalah, eh gw langsung ditelepon sama ayah gw suruh cek di Mbah Google ternyata itu memang modus penipuan terbaru, yah melayang deh 5 milyar gw.

Modus penipuan yang terbaru ya yang mama atau papa minta dibeliin pulsa, suatu hari gw pernah dapet mengatasnamakan mama dan gw langsung tau itu bohong, why ? karena nyokap gw gg hapal no hp-nya sendiri lah itu dia minta kirim ke no lain ditambah bahasa sms-nya terlalu rapi, mama gw kan gaol kalau ngesms nyingkat sesukanya yang kadang suka jadi gg bisa dimengerti hhohho. Nah kalau mama gw pernah dapet yang mengatasnamakan papa, gg mungkin banget, keluarga gw manggil bokap dengan sebutan ayah, kedua, ayah gw lagi di luar negeri jarang minta pulsa lokal via sms dan kalaupun itu misalnya mengatasnamakan kakek gw hhahhai kakek gw gg bisa smsan.

Well, kayaknya makin hari penipuan makin canggih dan kreatif aja ya, ada aja sarana untuk menipu dan ada aja yang ketipu. Tetapi masih ada hal buat jadi pelajaran juga sih, bagaimana berpikir tenang dan logis, tidak mengandalkan emosi semata, lalu dalam kasus gw yang terkena penipuan internasional gw jadi belajar nulis surat resmi pake bahasa inggris loh hhohho. Biasanya untuk membuktikan kita betul menang atau enggak ya dengan tantang si pemberi hadiah untuk membawakan hadiah tersebut kedepan rumah kita, selain itu banyak cari tahu lah, kalau emang rezeki gg bakal kemana kok. ada yang punya cerita seru tentang tipu menipu ?
xxxChuu original by ra~ccon.

49 komentar:

  1. pernah ada yg telp ke nomor rumah kasih tau dapat motor vario katanyadari telkom pusat.
    aku tanya dimana lokasi telkom pusat, dijawab jakarta hahaha tipu banget telkom pusat bukannya di Bandung

    BalasHapus
  2. barusan tadi kena sms suruh transfer pulsa... bilang Maa, transferin pulsa ke nomer sekian-sekian Rp 50 ribu. penting!.. yaaa gw jawab aja, gebleek sejak kapan gw ganti kelamin.

    haha..

    nipunya nggak jago maah..

    ckckck.. ati-ati yaa, nggak cuman bentuk begituan.. lewat Online pun juga banyak penipuan koq.. waspadalaah

    BalasHapus
  3. sy juga pernah ditelepon katanya dapat hadiah...

    trus waktu sy blg...tidak ada ATM di daerahku si penipunya bilang klo sy nipu dia....hei, siapa yg lagi nipu sih? :D

    tp apapun cara mereka///yg ptg...ndak ketipu aja :D

    BalasHapus
  4. Nah, menyebalkan memang. :(
    Harusnya diperhatikan, ketika ikutan kuis ato undian, perhatikan bahwa si pembuat undian pasti memberi peringatan, "undian tidak dipungut biaya". :D

    Kami dulu juga pernah dapet, sekitar tahun 2003-2004. Waktu tahu2 dapet surat pengumuman dari PT. Golden Mississipi, perusahaan Aqua air minum. Katanya kami dapet mobil. Seperti biasa, pas nelpon ke nomor yang diberikan, disuruh transfer dulu beberapa juta.

    Waktu tahun segitu, penipuan macam ini belum banyak, dan belum banyak diberitakan. :D Langsung aja ibu saya nelpon ke kantor Aqua yang asli di jakarta, dan mereka bilang itu penipuan.

    Eh eh, sodara Tiara yang menang undian kopi itu ngerasa ikutan undian gak?

    BalasHapus
  5. klo gw udh prnh dpat sms dr mama, (gw bls mamaq udh almarhum setahun lalu), trus msuk dr yg papa, (gw balas gw gak panggil papa tp etta, lg pula ettaq gk pegang hp),msuk lg dr kk (gw bls kk gw smwx ad di rumah n lg makan sm2), trs yg trakhir it sms dr tante katanya (gw bilang tante gw g ad yg nipu kayak loe) hahha mampus deh tuh org yg ngirim.hehe

    BalasHapus
  6. kalau masalah seperti sering sekali Kak,,cuman yaitu males mau menggubris,,malah aku sering bales ngasih alamat ngawur hehehe

    BalasHapus
  7. iya sekarang mah banyak modus penipuan
    yg sms minta pulsa lg ngetrend tuh hehehe tp mama dan bapakku kan gak bisa sms jadi ak gak ketipu :p

    BalasHapus
  8. yang paling trend sekarang adalah tawaran untuk menjadi agen pulsa

    BalasHapus
  9. Pertamaxx diamankan :D
    wahh,,, mari menipu... \(^_^)/

    BalasHapus
  10. Saya juga dua kali dapat sms yang pulsa itu... dari mama plus dari ayah ceritanya... tapi krn panggilan mama saya bukan mama dan papa saya bukan ayah jadi saya cuekin sj... :D

    Smg kita di jauhkan dr para penipu :)

    BalasHapus
  11. pantesss ga ada updatean.
    itu ga bayar karena sengaja atau kepaksa keadaan (baca: kere?

    ini bukan postingan tipuan ya?

    BalasHapus
  12. gw pernah dapat sms kaya gini :

    "Nak ini bapak pake hp temen ,bapak sekarang lagi di wc tolong kirim air satu ember penting,jangan telpon balik karna bapak belom cebok??"


    KIra kira sms ini penipuan gak ya???

    mohon pencerahannya.....

    BalasHapus
  13. @ Tante Lidya : emang musti berpikir logis ya

    @ Bang Gaphe : hhihhi tapi beneran gg ganti kelamin kan *loh*

    @ Skydrugz : hhahha harusnya bilang klo gg percaya coba kamu transfer uang ke saya gitu ;D

    @ Bang Asop : klo gg salah ngirim deh Bang makanya agak ragu juga deh

    @ kak Jingga : hhihhi itumah orang kurang kerjaan ya

    @ Kak Sofyan : hhihhi nah itu namanya menipu balik :D

    @ corat-coret : :D

    @ Mas Joe : oh itu juga penipuan ya

    @ Saya percaya : wah sayang sekali dapetnya premium nih :D

    @ Mas Awan : amien

    @ Tukang Colong : hhahha kan baru nyampe kosan dan ya emang baru sempet bayar *sumpah deh*
    hhihhi 100% bukan

    @ Blog Eke : waduh kayaknya itu bener dari bapaknya, wah itu bukan penipuan :D

    BalasHapus
  14. tolong jangan tipu saya, saya sudah insaf menipu, jadi jangan sampai kambuh lagi karena kau tipu

    BalasHapus
  15. Saleum,
    baiknya tetap berhati hati ketika dihadapkan dengan hal seperti itu, saya sih malah ajak mereka ngobrol dulu sampe terdengar suara tit.. tit.. tit. akhirnya pulsa mereka habis percuma wkkkk...
    saleum dmilano

    BalasHapus
  16. hehehe ngeselin emang penipuan gitu, tapi herannya masih banyak yang terperdaya yaaa

    oh ya, ternyata kita benar benar sudah kecanduan internet yaaa
    3 hari gak nyentuh, itu luar biasa!!!
    ehehehee

    BalasHapus
  17. pernah ada papa minta pulsa....
    aku bales "ni sms dari alam kubur ya????" hihi.....

    BalasHapus
  18. kalau saya sih paling-paling ya suruh orang ngisi pulsanya gitu aja... g bakalan mau saya lah...

    duh 10 juta gede banget ya dikirimnya

    BalasHapus
  19. Waduh hari gini masih kena tipu yang kaya gini, kasian sekali...

    BalasHapus
  20. haha ... saya dulu pernah hampir ketipu
    modus sms :P

    BalasHapus
  21. modus penipuan sekarang sudah hebat2, jd harus lebih waspada lagi...

    BalasHapus
  22. sering banget dpt sms gitu, menang 1 milyarlah dan yang baru juga si papa mama bahkan udah pake bahasa daerah segala...kl lg ngak ada kerjaan paling aku bales "iyaaa tunggu aja ya pulsanya ampe bulukan" :D

    BalasHapus
  23. yang namanya penipuan emang selalu ada aja.. dan ganti2 cara nipunya...
    jadi emang kita harus selalu waspada ya...

    BalasHapus
  24. *ngakak baca komennya si eke*

    jadi inget dulu pernah juga jadi korban kayak gini. ceritanya kehilangan stnk. buat ngurus yg baru, ternyata mesti bikin iklan kehilangan di koran. begonya, waktu itu nyantumin nomer hape di iklannya. trus siangnya ada yg nelpon, bilang kalo stnknya ketemu. begonya lagi, aku langsung percaya aja. mungkin ya itu tadi, saking senengnya, jadi ga bisa mikir logis, apalagi curiga kalo bakal ditipu. mikirnya waktu itu simpel aja, kalo stnknya ketemu kan ngga perlu ngeluarin duit.

    belakangan orangnya sms lagi, minta dikirimin pulsa buat ganti ongkos telpon. yawda, aku ganti dua puluh ribu. dia mintanya lima puluh. batin mule ga enak. bener aja, ternyata dia cuma tipu-tipu.

    hikmahnya, jangan lupa sedekah. lho? eh, beneran loh. katanya sedekah itu bisa menghindarkan kita dari yg seperti ini. hehehe.

    BalasHapus
  25. Adaaaa...!! aku mbak! aku!!

    pas aku masi kls 4SD, gencar banget tuh penipuan via sms. Lah, ayahku kena, disuruh transfer 15juta gitu. Eh yg terbaru malah sms mama-minta-pusa (itu aku yang kena). aku reply: IBUKU GAK PUNYA HAPE!

    BalasHapus
  26. ya janganlah, karena kejujuran membawa kepada ketenangan

    BalasHapus
  27. parah iya penipuan. gw pernah di tipu sms munta pulsa. hehe dia bilang "ma minta pulsa"

    dia kita gw ibu ibu apa. hehe

    BalasHapus
  28. Jeung Tiara

    soal tip menipu kayaknya memang ga lekang dimakan jaman. Kecuali semua orang sudah setara dari segi harkat, derajat, martabak *halah*, kewajiban dan kesejahteraan, saya rasa penipuan baru akan berakhir *tepatnya, kejahatan akan hilang dari muka bumi*

    Tapi, kalau tipi menipu yang ratsan juta bahkan hingga M dan T mah udah biasa yah. Saya tetep sampai sekarang nggak habis pikir akan penipuan yang tujuan akhirnya cuma meminta pulsa. Agak miris juga, pulsa yang dimintanya cuma Rp. 20.000 saja. Memang sih, ini sistemnya hit and run, tembak aja ke banyak orang, pasti ada yang kena, satu, dua , tiga atau beberapa. namun, logikanya gini loh : dia melakukan penipuan ini dengan tujuan apa yah? aneh kan? dia nggak mendapat keuntungan finansial, hanya sejumlah pulsa yang nggak seberapa. koq mau-maunya nipu orang, disumpahin, kena dosa cuma untuk Rp. 20.000 *serius, pada saat ini saya mikir, kalau nipu sebaiknya nggak tanggung2. Harus kayak Mbak Melinda Dee itu. Kalau nanggung rugi!* hahaha...just my thought aja :p

    BalasHapus
  29. waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhh........... nggak iya nih penipuan2 beginian :O

    menggiurkan bgt >.<
    trima ksih bwt pengalamannya :D

    BalasHapus
  30. Waduh kasian banget tetangganya...
    wah,untung aja gak uang yang diminta,kalau gak pasti hutangnya nurun tujuh turunan tuh...hehe..

    BalasHapus
  31. iya deh gue percaya.. wkwkw

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah saya gak pernah kena penipuan, tapi kok baca artikel ini jadi gerem dengan si penipu :I

    BalasHapus
  33. Wah.. dulu saudara saya juga pernah dapet yang kaya ginian, dapet mobil katanya, samapai datang kerumah mau minjem duit.. eh.. ternyata ketipeng...wkwkwkwk..

    BalasHapus
  34. iya ya...

    harusnyasy bilang kyk itu :D


    tp mana mau dia kirim...

    kan penipu gila... :D

    BalasHapus
  35. Penipu bisa berbagai macam yaa

    BalasHapus
  36. kalau saya paling rajin buat ngebalesnya... tapi dengan balesan yang gak kalah ngawaurnyaa... hehehehe... just ahave fun :(

    BalasHapus
  37. wah,,,g usa mengandalkan hadiah2 aja

    BalasHapus
  38. halo..halo slm knl aja buat smua...

    BalasHapus
  39. dapet pulsa dari nipu cuma 20rb tapi buat sms abis 20rb, impas dong, hahahaha

    BalasHapus
  40. Wah klo tipu menipu kayaknya hampir semua org pernah mengalami ya.. Aku jg.. Tapi gak pernah kubales/ kugubris, krn cuma buang2 pulsa aja.. Heheh..

    Hmm.. Aku berfikir klo mereka begitu cerdas dlm inovasi penipuan, knapa sih gak gunain kreativitas mereka utk kebaikan?

    BalasHapus
  41. akhirnya makin runyam karena bisa jadi dapat hadiah betulan tapi takut penipuan.........
    repot dah

    BalasHapus
  42. ini lama ga posting bukan karena ga ada pulsa lagi kan? :))

    BalasHapus
  43. iya betul betul sekarang emang apa-apa serba nipu. edan emang.
    Saya sih belum pernah kena. Tapi bapak sering. Via sms gitu. Pernah si pelaku nelpon langsung. Awalnya nggak diladenin sma bapak. Tapi saking seringnya sampe ngeganggu banget akhirnya diangkat. Katanya bapak dapet jazz gitu. Herannya hadiah apa coba, bapak sy nggak pernah ikut unidan gitu. Akhirnya si pelaku kena omelan bapak saya. kesian diomelin bapak saya. Sejak saat itu nggak berani nelpon lagi tu orang haha XD

    BalasHapus
  44. itu lagunya YIRUMA.
    pianis terkenal asal KORSEL

    coba search aja di youtube, banyaaak banget.

    yang judulnya KISS THE RAIN juga baguuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuusssss

    BalasHapus
  45. Tapi biasa nich sobb ada yang menipu olank tapi yang menupu itu menuduh olank laen agar dia ga' ketahuann..

    BalasHapus
  46. Modus penipuan yg paling menyebalkan bgi saya adalah penipun pulsa yang mengatasnamakan mama mima minta pulsa.
    Tapi untung, sekarang pelakunya telah dibekeuk. Hidup polisi...hehe

    BalasHapus
  47. Wah saya mah belum pernah sih. Tapi bonyok saya udah dapet 2 kali sms seperti itu. Tapi tenang, tidak akan tertipu XD

    BalasHapus
  48. betul betul.. penipuan emang di amna-mana. kalau sampek minta nebus-nebus jangan mau.

    blogger pun ada yang menipu. hati-hati ya. kalau ada yang minta2 nransfer duit jangan mau... sekalipun udah jadi teman blogger :)

    BalasHapus
  49. aku juga pernah dpt sms untuk transfer pulsa ke nomer ayah..
    duh padahalkan ayah aku udah gak ada,hiiihii

    BalasHapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)