Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Selasa, 20 Desember 2011

Ungaran : I Promised You

23.50 Posted by Tiara Putri , , , 26 comments
Waktu pertama kali ke Ungaran, jalur yang gw pake itu via basecamp mawar, gw kira bakalan ambil jalur yang sama, ternyata kita masuk dari jalur Medini dan keluar dari emm kalau gg salah Lerep eh apa Sumurharjo gitu ya.

Penyakit baru
Bukan penyakit sih cuma pengalaman baru mengalami serangan tersebut. Di setiap perjalanan, kita yang bawa-bawa carrier harus lari mengejar leader yang jalannya kayak kesetanan, mending gitu ya kalau jalurnya datar, lah ini nanjak yang terjal dan nurum yang curam sekaligus sempit, gw curiga aja itu jalur babi, eh ternyata beneran emang jalur babi. Pas pertama kali disuruh lari ngejar leader, tubuh gw belum beradaptasi dan gw bernafas terlalu cepat hasilnya gw malah jadi sesak nafas, kalau gg salah namanya hyperventilating gitu deh. Gw menarik nafas tapi berasa gg ada oksigen yang masuk, tersiksa sekali tapi untungnya penanganannya cuma tenang dan dipandu untuk bernafas lebih lambat. Gw juga baru ngalamin hampir pingsan, ternyata rasanya gimana ya, kosong gitu deh. Kalau hampir pingsan ini agak asik juga, soalnya carrier pasti dilepas dan dibawa sama orang lain, lumayan bisa istirahat *ketawa setan* tapi ya masa aja gitu gw tega liat temen bawa dua carrier gitu.

Mengatasi ketakutan
Sebelum hari H gw sering browsing soal mountaineering dsb sekaligus cari sepatu gunung, tas carrier yang murah, nyari doang belinya mah kagak hhehhe. Gg sengaja nemu artikel tentang pacet, gw kan geli gitu ya sama binatang berkaki banyak dan melata, lebih baik ular deh dibanding ulat, kaki seribu, kelabang, pacet dkk. Gw baca cara penanganannya, katanya pake lotion anti nyamuk, gw bawa eh malah disita dah, akhirnya cara terakhir gw masukin ujung celana ke dalam kaos kaki. Gw yang ngasih saran eh malah gw duluan yang panen err banget, pas lagi push-up, ada satu nemplok di tangan gw, masih jijik tuh ya tapi gw udah diteriakin sama panitia akhirnya gw siram tuh pacet sama minyak tembakau.

Beberapa saat kemudian, ada lagi yang masuk ke sepatu gw, akhirnya kaos kaki dan bagian bawah celana, gw siram minyak komando. Pas lewat jalur yang kiri-kanan tumbuhan lebat dan lembab, hampir semua peserta kena pacet, gw doang yang kagak. Terus pas malem gw ngerasa ada yang masuk nih ke emm kaos gw ternyata pas nyampe kosan, gw kena pacet di leher bawah, ternyata pas yang gw ngerasa itu si pacetnya udah kenyang nyedot darah gw. Selain itu, kan push-up dkk itu dilakukan di tanah kadang di tanah yang basah dan berpotensi menjadi kediaman hewan-hewan kecil yang ewww enggak banget. Lama kelamaan mah gw jadi kebal juga, pacet ya so what, siram pake minyak tembakau atau ya sundut aja pake korek.

Nah soal makan juga gw gimana ya masih pilih-pilih tapi gg ambil pusing. Pas malem pertama, gw bikin tumis cacing goreng ditambah oseng-oseng suplir dan lumut, minumnya teh manis campur lumut. Hari ketiga pas semua logistik diambil jadi ya kalau mau makan ambil dari alam, gw masak oseng-oseng cacing bekicot suplir dengan banyak taburan bawang merah goreng dan buah-apalah-itu-namanya-tapi-asam-rasanya. Gw cuma masak dan ngolah aja, makannya mah enggak hhahha.

Bertahan sedikit lebih lama
Gw kan cengeng ya dan mudah sekali mengeluarkan air mata buaya juga gg suka dibentak, tapi karena gw udah meniatkan diri untuk ikut PA (pecinta alam) dan udah tau kalau diksar itu berat dan bakalan banyak dibentak, gw berjanji untuk tidak menangis. Pas malam pertama dan dibentak-bentak pertama kalinya juga, gw ngebayangin mas dan mbak senior itu sebagai si George di Curious George, lucu kan kalau yang ngebentak gw seimut George dan suara yang keluar cuma "a'a' u'u'" dan berhasil banget, gw malah sempet senyum-senyum kecil ngebayanginnya.

Nah di awal juga kan gw sempet tepar ya, tapi gw ngeliat temen gw yang lebih drop, gw ngerasa punya kewajiban untuk lebih kuat, untuk mampu memberi semangat bagi orang lain dan pemikiran itu emang ngasih semangat tambahan ke gw, makanya seorang teman berkata, "Mbak Tiara semangat banget ya!" padahal kondisi gw itu dari ujung rambut ke kaki yang basah kuyup, kedinginan dan kelaparan juga.

Kebersamaan
Nah ini nih yang paling berkesan. Dari awalnya gg pada kenal jadi kenal begitu saja. Pas malem kedua, saat hujan turun seharian, cuaca menjadi sangat dingin dan kita cuma boleh bikin bivak (tempat berteduh) dari alam. Cuaca yang dingin sempet bikin kewalahan, jadinya kita berdua puluh kumpul di satu tempat, bikin api bareng dan melewati malam yang terasa amat sangat panjang. Satu orang kena hukuman, kita jalanin bareng-bareng, satu orang sakit kita papah bareng-bareng, bagaimana mereka membawakan carrier gw saat gw tepar atau bercanda bersama, duduk bersama sambil mengusahakan menyalakan api huwaaaa bersama teman semuanya menjadi lebih mudah deh. Oh ya belum lagi para temen-temen cowoknya jadi luar biasa deh. Semoga gw dan teman-teman akan terus bertahan.
xxxChuu original by ra~ccon.

PS : Post kemarin dan hari ini didedikasikan untuk 19 orang yang ikut diksar. Ayu, Agna, Ririn, Kiki, Ajeng, Siska, Mega, Upi, Imah, Resi, Mbak Bobi, Wahyu, Syarif, Aji, Septian, Doni, Taqwim, Rendra dan Bayu

26 komentar:

  1. aseeekk... tiara ikutan jadi PA. heuheu.. dulu aku juga sempet ikut beginian tir, tapi ya nggak lama.. jalan hidup lebih memilih menjadi seorang low cost traveler daripada seorang PA.

    BalasHapus
  2. Pengen banget sekali-sekali ke Ungaran :D

    BalasHapus
  3. hehehe niat banget ya lu ikutan diksar gitu.
    gua sih paling ogah deh ikutan acara2 gitu yang pake diplonco2 gitu... :P

    tapi emang sih jadinya kebersamaannya dapet banget ya....

    BalasHapus
  4. Gw kan cengeng ya dan mudah sekali mengeluarkan air mata buaya juga gg suka dibentak <-- sesuatu banget nih :P

    BalasHapus
  5. sayangnya itu hanya sementara :D
    karena di kehidupan nyata tak 'kan sebuah kebahagiaan itu bisa terjadi :P

    BalasHapus
  6. eh jalur babi itu maksudnya apa?

    BalasHapus
  7. tumis cacing goreng? .... fotonya mana? :D

    BalasHapus
  8. mending ulat deh daripada ular. hidiihh...
    pesan doang Ti, nanti kalo lo udah jadi senior, tolong hapus budaya primitif *tampol-tampolan-goblok-goblokan* PA ya :P

    BalasHapus
  9. huaaaaaa takut deh ah kalo ada binatang gituan

    BalasHapus
  10. yang paling berat tuh menurut w,adalah perubahaan suhu dari panas ke dingin yang ekstrem soalnya badan kita kagak terbiasa dengan itu semua

    BalasHapus
  11. pengalaman seru nih kak, tapi iyuuh serem banget kena pacet, itu kan kalo nempel suka gak kerasa kak :o

    BalasHapus
  12. seru bener dah kalo acara beginian.
    pengalaman yang di dapet banyak tuh.

    mulai dari pertemanan yang erat samapi pelajaran tentang kehidupan.

    anyway kalo cewe cengeng itu kayanya udah takdir ya?

    :p

    BalasHapus
  13. gara-gara kebersamaan itu yang bikin seneng ya Tir..walah, la kalo kena pacet tar ya gimana coba. haha

    tapi untung kamu selamet, buktinya masih bisa nulis postingan ini. wwkwk

    BalasHapus
  14. acara molor di Indonesia itu sudah biasa tir

    BalasHapus
  15. hwaaaa.. baca ini jadi inget diksar!!! dan emang berasa mimpi buruuukkk bangett. gak mau lagi. hahaha..

    tapi pastinya jadi pengalaman yang gak akan terlupakan. naysar, kehabisan korek, minum air dari topi yg uda bercampur keringat. jijiiikk.hahahah..

    Salam Rimba Lestari Mbak Tiara!!! :D

    BalasHapus
  16. kalau saya gak mau ikutan pecinta alam. gak kuat.. ikutan ospek aja yang ngnep di gunung udah buat saya hampir hipotermia. haha

    salut buat kakak:)

    BalasHapus
  17. dengan kebersamaan, tentu semua akan selalu menyenangkan :)

    BalasHapus
  18. tumis cacing goreng ditambah oseng-oseng suplir dan lumut, minumnya teh manis campur lumut, coba bikin trus poto sama elunya yang lagi makan semua itu. Okeh.

    BalasHapus
  19. wah, saya baru denger tentang "jalur babi"
    apa bikinan kamu aja ya?

    BalasHapus
  20. KAAAAKKK TIIIAAARRRRRAAAA...!!!!

    *Berkunjung setelah ujian UAS*

    Cium-cium
    ...
    ..
    .
    blog-nya

    :p


    kangen-kangen-kangen!

    BalasHapus
  21. asik tuh, mirip banget sama KPA (kelompok pecinta alam) di sekolah gue, tapi guenya sih gak ikutan hahaha

    BalasHapus
  22. assalamualaikum, apa kabar nih?
    wahh kayaknya tiara makin tangguh aja, sebagai makhluk yang berjenis kelamin sama, saya dukung kamu tir! *dukung apa ya???* ==a

    BalasHapus
  23. wew..
    cwek jadi PA itu sesuatu banget loh :D
    wakakakaka..

    moga bisa dapet pngalamn yg lebih dg ngikutin acara yg begituan :D

    BalasHapus
  24. yampun seru bgt
    aaa pengen juga jadi pecinta alam u,u

    BalasHapus
  25. saya belum pernah naik gunung lho. gimana rasanya ya...

    BalasHapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)