Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Senin, 09 Mei 2011

Personality Plus : Sanguine & Pleghmatis

22.38 Posted by Tiara Putri , 13 comments
Tiba-tiba karena lapar gw sedang ingin serius *gg nyambung sumpah*. Tiba-tiba juga gw pengen bahas tentang buku Personality Plus karya Florence Littauer, sebuah buku jadul yang pertama kali diterbitkan di Indonesia pada tahun 1996 dan (katanya) yang terbaru sudah direvisi, jadi kali ini bukan fiksi. Buku ini secara umum membahas tentang pembagian kepribadian manusia, secara umum loh, soalnya temen gw pernah menanyakan perihal ini kepada seorang dosen psikologi kalau sifat manusia itu kompleks dan akan terus berubah sampai usia 30 tahun, nah baru setelah itu sifatnya akan mendarah daging deh (pokoknya intinya seperti itulah). Harga buku ini 45.000 kalau yang asli, tapi ada yang bajakan cuma 15.000, beli yang bajakan aja. Lalu bagaimana pembagian sifat tersebut ?, check this out :
1. Sanguinis Populer
kata temen-temen yang udah baca buku ini, mereka sepakat gw adalah seorang Sanguinis. Secara singkat sanguinis itu spontan, lincah dan periang. Si penghidup pesta yang senang berbicara dan kalau cerita pasti heboh padahal sih sebenarnya ceritanya biasa aja bahkan selalu ada kecenderungan untuk melebih-lebihkan. Sanguine cenderung look forward, agak cuek dan pelupaaa, aduh parah nih, salah satu alasan semua teman sepakat gw adalah seorang Sanguine adalah karena gw selalu lupa dimana parkir motor sehingga yang nebeng sama gw musti inget-inget tadi parkir dimana. Sanguine itu seorang yang kreatif tapi ia butuh seorang dengan beda sifat sebagai tali kekang karena terkadang banyak ide di kepala dan saking banyaknya akhirnya gg ada yang jadi deh dan kalaupun jadi harus ada yang mengkontrol karena nanti gg terarah. Sanguine ini biasanya mudah bergaul dan senang akan sentuhan fisik dan it's true, gw seneng banget meluk, cium dan elus-elus temen cewek gw. Kami para sanguine antusias dan ekspresif dalam mengungkapkan perasaan, juga kalau menggunakan istilah gw, berpikir menggunakan tulang belakang, artinya gerak refleks yang penting gerak dulu pikir belakangan yang kadang jadi bumerang juga. Jiwa anak-anaknya juga kuat, senang akan warna-warna cerah, senang berlari dan melompat karena itu kita sering disebut gg pernah kehabisan energi, selain itu rasa ingin tahunya juga tinggi, mengutip kata Jostein Gaarder, anak-anak adalah para filosof sejati *gg nyambung kutipannya*. Biasanya sanguine menggunakan cara yang unik untuk mengingat sesuatu karena ya kita itu pelupa, gw sambil lalu selalu berkata, "Eh, kita pernah ketemu orang ini disini!" atau "Eh, dia yang waktu itu tampil loh" tapi gw gg inget namanya. Karena senang berbicara, sanguine agak susah mengontrol diri untuk berhenti dan mendengarkan orang lain, kita juga agak suka menyela dan menjawab pertanyaan yang diajukan kepada orang lain, juga agak cenderung mementingkan diri sendiri, ini buktinya gw tulis tentang sifat utama gw panjang, hhohho salahkan sifat sanguine gw yang gg bisa mengontrol panjangnya sebuah tulisan saat gw sudah memulai untuk curhat *alasan*.
2. Plegmatis Yang Damai
hhohho ... jadi dibuku ini disediakan tes kecil dimana kita bisa menentukan sifat yang menonjol dalam diri kita, nah hampir 60% gw adalah Sanguine dan 20% Plegmatis. Plegmatis itu ramah, sabar dan puas. Dalam bayangan gw seorang plegmatis matanya kayak yang ngantuk mungkin ya hhohho. Tapi karena ia seorang yang sabar dan rendah hati, enak diajak curhat, pendengar yang baik juga. Ia juga cenderung menghindari konflik pokoknya "Peace ma' Men!". Sebenarnya gw gg begitu kenal dengan kepribadian ini, karena pribadi ini kadang seolah tidak ada, seperti orang malas dan gg bergairah yang bagi gw membosankan banget hhohho.
Sebenarnya ada dua lagi, tapi gw bagi jadi dua bagian aja deh, yang dua itu gw lebih kenal dibanding plegmatis, kali ini ditahan-tahan biar gg BAB spoiler hhohho. Kenapa kita harus mengenal pribadi kita ?, hal tersebut untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan serta memudahkan dalam bergaul dengan orang lain. Sifat-sifat tersebut bukan untuk menjadi patokan, hanya sebuah referensi ilmu sosial yang gg bisa ditebak karena objeknya adalah manusia .... to be continued.
xxxChuu original by ra~ccon. 

Today's Quote : "Oh, betapa dunia ini butuh Sanguinis Populer untuk bersenang-senang dan Plegmatis yang damai untuk rileks." Personality Plus

13 komentar:

  1. kadang2 gue bingung sm kpribadian gue sendiri. ada saatx periang, ada saatnya penyedih hatii.. haha
    btw ank psikologi y?

    BalasHapus
  2. gua gak pernah ngeh sama personality2 begitu. pernah dikasih tau beberapa temen tapi selalu gak pernah inget. huahahaha.

    BalasHapus
  3. kalo baca kayak nya gw Sanguinis banyakan deh. hmmm apa tuh effect samping nya. hehe ngak ada kan

    BalasHapus
  4. informatif...
    kira kira saya tipe apa yah...

    BalasHapus
  5. pernah baca bukunya, dan pernah tes juga dari bukunya..
    hasilnya saya adalah : melankolis-sanguinis.

    walau kata bukunya melankolis sama sanguin itu bertolak belakang, tapi kayaknya saya emang punya dua sisi itu deh.. teratur tapi periang *halah

    BalasHapus
  6. mampir dulu baca nanti dilanjut ya, mau nyuci dulu :-D

    BalasHapus
  7. Wah mbak, kok bisa sih lupa parkir motor di sebelah mana?
    Dilanjut dong kepribadian yang lain. Penasaran banget soalnya. Kalo beli bukunya sih susah. Harus keluar kota dulu. Lebih mahal onkosnya daripada bukunya. Lanjutkan esok ya? Please?

    BalasHapus
  8. @ Kak Maha : hihihi kayaknya saya tau deh, kalau lagi sedih itu tandanya akhir bulan kalau lagi senang ya awal bulan deh hhohho *anak kos banget*
    bukannn saya anak FISIP

    @ Arman : yah padahal menarik loh

    @ Mas Bayu : iyaa pasti sanguinis, nulis aja jarinya nari-nari riang gitu ^^

    @ Arman Rahim : nantikan lanjutannya yah

    @ Bang Gaphe : hweee keren punya melankolis, seru kan teratur begitu. biasanya emang sanguinis itu sama koleris sih ^^

    @ Tante Lidya : monggo, nyuci dulu ^^

    BalasHapus
  9. baru denger kedua istilah ini

    BalasHapus
  10. Dija sanguin apa gak ya??

    BalasHapus
  11. Waah...

    Anak kecil kek Aul belum sanggup baca ini -_-

    Semoga suatu saat bisa...
    hehe

    BalasHapus
  12. @ Tante Susi : Iyap ... hhehhe lupa deh, untung aja kuncinya juga gg kelupaan.
    Yup, sedang dimasak nih ^^

    @ Archer : emang bukan istilah yang umum sih

    @ Dija : hmmm ... apa ya ... yang pasti kamu lucuuu banget *gg nyambung hhohho*

    @ Aul : yah ini ilmu umum kok Aul :D

    BalasHapus
  13. Profilnya lucu dan keren. "membusuk di tengah2 buku dgn genre fantasi" hahaha..! lucu banget.!
    cara menulisnya asyik.
    trmksh.. kebetulan sy sedang menulis topik yg sama dan sy seorang sanguins koleris.
    satu hal dari orang sanguins adalah keinginan utk berbagi yg begitu besar.., betul.? hehehe..
    salam kenal ya..

    BalasHapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)