Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Senin, 25 Juli 2011

Undoubtly, This Isn't Galaunism

10.37 Posted by Tiara Putri , 42 comments
Have you ever feel like don't know what to do ? misalnya dalam menulis, tiba-tiba pada satu titik hanya saling bertatapan dengan layar putih kosong tanpa tahu apa yang akan ditulis. Kondisi ini bisa disebut artblock, singkatnya adalah suatu keadaan dimana kita merasa mentok untuk mengerjakan hal-hal kreatif [Animonster Vol 136, hal 19], well mungkin sebenernya istilah tersebut lebih cocok digunakan pada bidang gambar, lukis dan saudara-saudaranya, tapi menurut gw bisa juga sih digunakan dalam bidang tulis menulis karena ya menulis juga merupakan kegiatan yang kreatif kan, butuh mikir juga, Rambut Kutuan deh kalau bilang nulis itu gg mikir, coba aja, nulis kata nulis aja otak musti mikir, menjalankan sistem saraf untuk menggerakan tangan dan mengolah memori untuk mengeja kata n-u-l-i-s menjadi nulis, bersyukurlah karena otaknya masih bekerja.

Keadaan diatas mungkin dipengaruhi oleh lingkungan karena kalau dibilang lagi gg ada inspirasi sebenarnya gw cuma mengkambinghitamkan si inspirasi, jadinya pas ada inspirasi eh dia ngambek suka tiba-tiba ilang aja aduduh. Padahal inspirasi itu selalu ada disekeliling gw, banyak hal yang bisa diambil kalau aja gw mau memperhatikan. Beberapa hal yang menjadi faktor terkambinghitamkannya inspirasi.

1. Sibuk
Ini alasan klise banget buat gw, secara gw sibuk apa coba ?, kecuali kalau gw ini seorang presdir perusahaan besar yang memegang puluhan ribu keluarga ditangan gw. Alasan utama gw sibuk adalah karena manajemen waktu gw yang keteteran, sampai detik ini gw belum berhasil menaklukan diri sendiri untuk berdisiplin dalam mengatur waktu.

2. Jenuh
Siapa coba yang gg bakalan jenuh kalau dihadapkan dengan kegiatan yang statis ? tambahkan sifat cepat bosan dan pecinta tantangan, duduk diam sejam berasa seminggu. Well, meskipun gw ini anak rumahan sih, nongkrong depan laptop kuat berjam-jam, baca buku kuat diam lama, tapi kadang butuh juga menghirup udara segar, berhenti sejenak dari aktifitas statis tersebut. Kalau weekend, gw biasanya mengurung diri dikamar selama 24 jam penuh, suatu hari gw ngerasa jenuh, gelisah dan mati gaya, sambil maksa-maksa diri, gw keluar, udah gg jauh beda sama zombi yang baru bangkit dari kubur, kantung mata hitam besar, pake training belum dicuci, jaket yang ngasih aroma sakit dan kena matahari langsung ciut, eh usut punya usut gw lapar sosialisasi, pengen ngobrol sama manusia beneran. Kadang memang harus berhenti sejenak dari rutinitas untuk sekedar mengunyah coklat atau menikmati soda.

3. Galau
Gambar Pinjem Disini
Nah ini nih, faktor ini sebenernya yang paling susah dikendalikan, ibaratnya seperti kuda liar, musti tahu tali kekang yang bagaimana biar gw gg galau. Meskipun gw bukan ABG labil, tapi galau kayaknya penyakit multidimensi, semua orang minimal pernah merasakannya. Kalau udah gini males deh ngapa-ngapain, mau nulis pasti ujung-ujungnya curhatan galau. Bukan berarti gw saat ini sedang galau hanya ya agak galau.

Lalu bagaimana cara gw untuk bangkit dari artblock ini, cara paling gampang ya bertapa dikamar mandi, tapi ya jangan lama-lama juga, inget kamar mandi itu kotor tempatnya para makhluk kasat mata. Selain itu naikan dulu mood-nya, menanggalkan celana training belum dicuci dan kawan-kawannya serta menggantinya dengan baju yang lebih rapih, berpikir cantik eh gw sih emang udah cantik dan tersenyum bisa menambah energi positif, menurut buku The Secret ada hubungan tarik menarik di alam, jikalau kita berpikir positif maka kita akan menarik hal-hal positif dari lingkungan pada diri kita, yah semacam sugesti mungkin ya. Terus keluar deh liat cowok ganteng pemandangan dan kegiatan orang-orang, kalau kita bisa memaknai selalu ada pelajaran disetiap kehidupan #asik. Ini solusi gw, gimana solusi kamu.
xxxChuu original by ra~ccon.

42 komentar:

  1. yupz yupz selalu berpikir positif adalah salah satu cara menikmati hidup , galau sih normah asala sesuai takeran kalau yg overload rasanay menyeramkan ..hehhehehe

    BalasHapus
  2. kalo lagi mentok begitu biasanya aku suka ngantuk dan tidur. di dalam tidur itu biasanya kreatifitas timbul lagi dan bermimpilah aku dengan hebat.

    BalasHapus
  3. kalau aku sih lebih ke males,bukannya ga ada ide ya :) ngaku nihhhh
    Tiara Clara Ng itu penulis lokal. selain nulis novel dia juga nulis buku anak2.
    Pascal suka sama bukunya,Gaya Rambut Pascal (singa).

    Tiara mau aku kirimin bukunya Clara Ng yang udah aku baca? kirim alamatnya ke email lidya.fitrian@gmail.com

    kalau mau baca tentang Clara NG http://clara-ng.blogdrive.com/

    BalasHapus
  4. solusi untuk keluar dari artbook menurut saya biasanya dengerin musik, kalo ini belum juga mempan nyari hiburan dengan main game (tapi jangan keterusan) seperlunya saja *satu sendok teh cukup kok* hehe

    BalasHapus
  5. gua baru buka 'new post' di blog kalo emang lagi ada ceritaan yang mau ditulis aja. kalo lagi nge-blank, gak ada ide nulis, ya gak pernah buka 'new post'. hehehe.

    BalasHapus
  6. Point2 diatas Sama ky aq tp ditambahi ngantuk soale bs ol malem doank. Hihi

    BalasHapus
  7. wah² septinya masalah yangdiahapi sama nih Kak,,cuman saya gak galau hehehe,,tapi untuk membuang rasa itu gak perlu bertapa di kamra mandi lo Kak wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  8. Aul mah sering banget kak...

    lagi ngerjain nov...
    *ups*

    *masih rahasia*

    tiba-tiba ngeblanks sendiri.
    gatau kenapa bisa gitu.


    Bw ips nya Aul coba prakekin deh..

    P.S.
    Kangen main kesini! baca2 tulisan kak tiaraa.... (gombal)

    sejak laptop rusa gabisa ngapa2in deh. jadinya mungkin Aul ke warne aja lagi. hehe

    congrats awardnya

    BalasHapus
  9. Aku jugaa, kalau libur betah banget di kamar, keluar kamar kalo mau makan doang :D

    Hmm, aku lebih sering terkena heatblock kayaknya hihi
    kalo buat artblock, yaa sama sih caranya, palingan mandi, mempercantik diri *halah* terus dengerin musik deeeh :) pasti moodnya langsung naik hihi

    BalasHapus
  10. solusi buat ngatasin kementokan dalam menulis? berhenti nulis dulu. segarkan diri. trus coba perhatiin sekitar kita, tapi dengan cara pandang yang beda. misalnya sambil jungkir balik atau sambil naik motor ngadep belakang.
    hahah :D

    kapan mulai kuliahnya, Tiara?

    BalasHapus
  11. kalo lagi artblock nih ... kalo aku gampang ngatasinnya
    buka Google, lalu ketik "cewek cantik" dan enter
    klik link yang kiranya asyik untuk dilihat :D
    hahaha #jangan ditiru

    BalasHapus
  12. Salam persahabatan selalu dr MENONE

    BalasHapus
  13. Apa kamu sekarang lagi mengalami writer's block, Tir? :)
    Untunglah, sy nggak. :D Ide ada terus, yang biasanya terjadi adalah malas menuliskannya. Haha...

    Kalo sy sih, caranya ya buka hiburan lain, baca komik daring (dalam jaringan, online), mainin plants vs zombies, ke inilah.com, kompas.com, pokoknya bersenang-senang. :D

    BalasHapus
  14. Assalamu'alaikum Mbak,
    kalo saya lagi ndak ada ide ato apapun istilahnya, maka saya langsung ninggalin komputer dan berkosentrasi langsung dengan pekerjaan atau brcanda dengan anak-anak, ato hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan dunia maya. Dan biasanya dari situ, Insya Alloh muncul inspirasi dan kalo udah demikian segera dicatet di draft

    BalasHapus
  15. kayaknya aku setuju semua sama poin2 diatas..

    ada satu lagi sih, kepikiran hal lain.. itu masuk gak ya? :P

    BalasHapus
  16. pernah.. pernah.. pernah.. pernah mengalami itu dan sekarang sedang mangalaminya..
    wuih, makasi buat tipsnya ;)
    i will try..

    BalasHapus
  17. ammpuuuun,,,,,
    saya sudah mencoba menghilangkan kegalauan saya.... hihihih

    BalasHapus
  18. @ om Brikop : untungnya saya masih agak kok belum mencapai galaunya hhehhe

    @ om Avip : yeah :D jadi nanti outputnya dalam mimpi atau bisa jadi nyata juga gg om ?

    @ tante Lidya : nah itu dia maksud saya disini tuh bukan kehilangan ide-nya tapi nyawa si idenya itu #bingung ya. ooh baru tau aku, hhehhe nanti dulu deh tante, masih banyak buku yang belum selese dibaca juga :D makasih ya tante

    @ kak Nuell : ah iya ... memaknai kehilangannya ya :D

    @ kak Iswanto : artblock kak :D bukan artbook :P

    @ om Arman : nah itu dia, kadang pas lagi dijalan suka ada cerita, eh pas udah depan layarnya malah ilang ceritanya :( kalau inget pun gregetnya udah ilang :(

    @ mbak Tarry : ah ya itu vital sekali soal mata :D

    @ kak Sofyan : hhehhe ... eh tapi bertapa dikamar mandi beneran suka dapet inspirasi loh :D

    @ aUL : aih aih apa hayo maen rahasia-rahasiaan :P iya nih yang ada aku yang rindu sama Aul ini mah gg gombal loh :P

    @ kak Manda : heatblock atau heartblock nih :P

    @ kak Rian : yah boleh naek motor gaya begitu kalau gg nyupirin mah :P masih lama nih, September awal :(

    @ bang John : wah wah wah ... pencarian hal kreatif yang berbahaya :P

    @ om Menone : salam ^^

    @ bang Asop : bukan :D makanya saya pake istilah artblock kan, ide juga ada terus cuma apa ya nyawa-nya setengah, gg greget, hmm datar gg kreatif #emang biasanya kreatif ya hhohho

    @ om Pakies : waalaikumsalam :) ooh intinya kembali ke dunia nyata ya :D

    @ om Nurdien : masuuuuk :D nah itu tuh kalau banyak pikiran juga jadi gg fokus

    @ mbak Irma : wah alhamdulillah kalau bisa membantu :)

    BalasHapus
  19. gue lagi galau nih hahaha mentok mau dibawa kemana ya enaknya?wkwk

    BalasHapus
  20. ione sih,ide berlompatan kesana kemari,tapi malasnya minta ampun..^^,

    BalasHapus
  21. kerenn blog nyah :))
    kunjungi & follow blog gue yah.
    tar gue follback deh
    irfanivan

    BalasHapus
  22. Setuju ah, kalo alasan utama saya sih emang sibuk.. hahaha.. beneran sibuk sampe nggak sempet ngapa2in.. padahal yaa sama2 punya waktu 24 jam kan.

    kalo jenuh?.. umm.. bisa jadi karena sibuk trus jenuh.

    nah kalau galau?..
    untung gak pernah ngalamin :)

    BalasHapus
  23. 3 poin tersebut mungkin banyak dialami oleh orang2 disekitar kita seperti halnya gw. menulis itu perlu kebiasaan biar jemari dan otak bisa singron tapi klo kita lagi ga mood nulis mendingan jangan dipaksakan biarkan terlebih dahulu rehat sejenak mengumpulkan ide2 yg pada mencar.

    BalasHapus
  24. baca ini deh ti.. barangkali sedikitnya bisa jadi cambuk :D
    http://adisaputranazhar.blogspot.com/2011/04/mati-berkarya.html

    BalasHapus
  25. berhenti sejenak tanpa berpikir apa yg tadi dipikirkan terkadang membuka inspirasi baru, dalam hal apa pun juga

    BalasHapus
  26. Kalo saya, ketika galau malah bisa menulis banyak.

    BalasHapus
  27. ngomongin kamar mandi gue jadi pengen ke kamar mandi B)

    BalasHapus
  28. Dan the secret juga menjelaskan klo qta punya tujuan dan yakin, maka seluruh alam akan membantu qta menuju tujuan itu... hmm.. klo emang niat menulis sesuatu, memang kadang2 awalnya saja bingung... lama2 menulisnya lancar, betul nggak Tiara? :-)

    BalasHapus
  29. wah, pernah sih sesekali begitu. terutama saat mau nulis cerpen, duh kok gak tau apa yg mau ditulis. padahal ide ada tapi bingung memulainya

    BalasHapus
  30. salam sahabat
    wah kalu jenuh itu kayaknya yang harus lebih ditanggapi mbak Tiara hehehe semangat yach

    BalasHapus
  31. Galau ?

    aaddduuhhh ... istilah anak sekarang itu ada-ada saja ya ...

    Galau itu kan bambu panjang toh ?

    Salam saya

    BalasHapus
  32. @ kak Randy : asal jangan dibawa kesaya aja sih, bisa menggalau berdua nanti :D

    @ bang I-one : nah itu dia ... maksudku tuh bukan ide fisik tapi ide nyawa

    @ iRfan : ke TKP

    @ bang Gaphe : nah kalau si abang yang sibuk saya percaya deh :D udah masuk dunia dewasa juga sih ya :P

    @ om Baha : iyap setuju, yang penting tuh emang ide nyawanya, harus ngumpulin nyawa dulu

    @ Syifa : ke TKP :)

    @ om Andre : biar fokus ya :O

    @ Kang Nur : klo saya galau yang ada malah curcol deh hhohho

    @ kak Shudai : oh silahkan silahkan :P

    @ tante Lyli : iyap setuju banget deh sama Tante :)

    @ mbak Fanny : nah emang harus ngumpulin nyawanya dulu ya mbak :(

    @ tante Dhana : iya ya nanti bisa depresi :O

    @ om nh18 : perasaan itu galah deh om :P

    BalasHapus
  33. haha ... betul banget
    itu keyword yang sangat berbahaya :D

    BalasHapus
  34. galau dan jenuh itu yang kurasakan kemaren hehe jadi males ngeblog :D
    biasanya sih kalo lg gtu ya aku sih menghabiskan waktu di dunia nyata atau bermain game sampai suasana hati enak baru nulis lagi ^^

    BalasHapus
  35. kalo lagi gak ada ide biasanya aku dengerin musik , trus blog walking .
    tapi blog walking bukan buat nge-copy tulisan para blogger ya kakak , kali aja gitcuh entar tiba tiba inspirasinya nongol dari monitor komputer aku . ahahaa xD

    BalasHapus
  36. yah, saya juga sering gitu. ditengah2 ngeblank. :D

    BalasHapus
  37. Kalau gak salah, untuk penulis namanya Writers block tir :D

    Wah sama tir, gue juga gitu. Biasanya kalau gak ada inspirasi buat nulis, gue ke kamar mandi..
    Atau biasanya gue cukup dengan nonton TV, soalnya kadang2 suka muncul inspirasi dari situ :D

    BalasHapus
  38. @ Iam : sebenernya kalau ide mah ada aja, cuma nyawanya itu loh, mangkanya gw pake istilah artblock, idenya ada tapi gg kreatif gitu :(

    BalasHapus
  39. suka baca Animonster yah? bukannya itu majalah abg :p

    aku juga suka jenuh ngeblog, tapi apa dayaku naluri menulis tetap lebih kuat jadi harus disalurkan he he

    BalasHapus
  40. wah gue baru tau kalo artblock itu disebabkan kegalauan

    kalo gue sih ya gara gara gadapet inspirasi aja
    jadinya ya cuman bengong natap layar.

    BalasHapus
  41. kalo lagi mentok biasanya aku jalan jalan keluar rumah nanti dapet ide sendiri :D

    BalasHapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)