Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Sabtu, 09 Juli 2011

Anak-anak Yang Membaca Dan Dibaca

12.16 Posted by Unknown , , 48 comments
Ada yang gg tahu Neverland ? ituloh tempatnya Peterpan, Tinker Bells dan The Lost Boys, tempat dimana tidak ada pengaruh waktu terhadap umur karena para penghuninya juga memang tidak mau menua dan meninggalkan masa kecil mereka, sehingga Neverland selalu berada diurutan nomor satu sebagai tempat yang ingin gw kunjungi didunia ini karena terkadang gw merasa amat sangat berat untuk meninggalkan masa kecil. Lalu sebuah pertanyaan muncul, apa anak-anak sekarang tahu Neverland atau apakah mereka menikmati masa kecilnya ? karena entah kenapa gw memandang dunia anak kecil jaman sekarang telah mengalami pergeseran makna seolah dunia mereka kehilangan jatidirinya ditengah-tengah arus perubahan zaman. Kalau gw bertanya kira-kira apa yang berbeda waktu gw kecil dengan sekarang, kayaknya jawaban akan kurang lebih berkisar di overdosis lagu cinta, lirik lagu yang vulgar, sinetron yang jauh dari kata mendidik dan kurangnya minat membaca, mereka lebih memilih menonton tv atau bermain game on line.

Sayangnya gw gg bisa berbuat banyak menyikapi masalah lagu serta sinetron karena kita bisa berkritik tapi akan lebih baik bila kita bisa menemukan solusi, setidaknya gw mencoba untuk menyebarkan virus membaca, sasaran tindakan gw ya siapa lagi kalau bukan bocah-bocah item alias adek-adek gw. Mereka itu udah keseringan nonton Dahsyat dan kawan-kawan serta lebih sering main game online dan chatting di fesbuk. Lalu apa yang coba gw lakukan ? gw mencoba menularkan virus membaca ke mereka

Nah, kemaren pas gw dateng, Izmi laporan ke gw, "Teh aku udah nyelesein CSI loh, terus Skulgeri lagi dibawa sama Teh Syifa ke bibi!" gw cuma manggut-manggut dan senyum kecil, Skulduggery dia ucapin Skulgeri. Lalu suatu siang, gw nyamperin Lulu yang lagi tengkurep, ternyata sambil baca majalah Animonster, palingan diliatin doang sih gambarnya tapi ini majalah kurang aman untuk dibaca anak kelas empat SD, jadi gw ambil majalahnya dan menukarnya dengan Secret Sanctuary, sebelumnya gw ceritain dulu terus gw tunjukin kalau ini buku juga ada gambarnya, ternyata Izmi juga tertarik, dia juga pengen buku yang ada gambarnya, gw sebut judul George Secret's Key To Universe, tapi gg ketemu soalnya disimpen agak kebelakang, jadi gw kasih Magyk.

Siang itu setelah saling membandingkan ketebalan buku yang akan mereka baca, kita bertiga tengkurep dikasur sambil baca buku, karena gw harus mencontohkan membaca bukan hanya menyuruh, tapi gw malah asik merhatiin mereka, karena jujur aja gw khawatir mereka kehilangan minat dan ternyata beda orang beda juga gerak-geriknya saat membaca. Lulu baca bukunya cuek, mau poninya nutupin sampe mata pun kayaknya asik-asik aja gitu, ditambah kepalanya gerak kekiri-kekanan kayak lagi nonton pertandingan badminton, sambil mulutnya komat-kamit, ditambah sesekali menghitung berapa lembar lagi sampai ke bab berikutnya, tapi selebihnya dia tenang. Kalau Izmi, matanya yang gerak, agak lucu gitu padahal mungkin gw juga begitu dan dia sering bertanya tentang kata-kata yang gg baru ia dengar seperti "Teh tercekat itu apa?" atau "Lalu tangisnya meledak, mati dong?", terkadang malah nanya jalan ceritanya, "Terus yang mati siapa dong?" lah justru asiknya baca buku, kita harus membuka halaman selanjutnya untuk tahu ceritanya. Terkadang ia tertawa sendiri sambil membaca keras kalimat yang ia kira lucu yang bagi gw lucunya dimana coy.

Gw senang dengan kegiatan membaca berjamaah ini, karena membaca adalah kegiatan tenang dan gw suka ketenangan. Nah pas mama masuk kamar, beliau berkomentar, "Deuh ... harusnya ajarin baca buku pelajaran!" gw senyam-senyum aja, sorry mom, kalau buku pelajaran sih gw juga agak berat. Dan sekarang saat gw menulis posting ini pun, adek-adek lagi pada membaca, well, bangga lah, soalnya gw jadi ada orang yang bisa diajak ngobrol berkaitan dengan buku yang gw baca dan akhirnya buku-buku itu gg cuma gw aja yang baca. Karena membaca itu banyak manfaatnya loh, apapun jenisnya selama pada porsinya, setidaknya gw bisa mengurangi intensitas adek2 gw menonton acara yang tidak perlu. Mari sebarkan virus membaca.
xxxChuu original by ra~ccon.

PS : Posting ini diikutsertakan dalam Giveaway Peri-Peri Bersayap Pelangi-nya Ultramen Pungky loh, meskipun kayaknya posting gw agak melenceng dikit hhehhe. Beliau serta 10 orang lainnya membuat buku kumpulan cerita untuk anak-anak didasari dengan keprihatinan dan keinginan untuk membangun kembali negeri dongeng anak Indonesia, ditambah hasil penjualan buku ini 100% untuk anak-anak kurang mampu, karena mengutip kata Mbak Pungky, "anak-anak kurang mampu juga anak-anak, mereka juga harus dibangunin lagi istana dongeng sebelum tidurnya.". So dengan membeli bukunya kita beramal, dengan ikut giveaway-nya kita menyebarkan semangat untuk dunia anak-anak yang lebih baik *grin*. 

48 komentar:

  1. btw mungkin gw yang kuper yaah.. gw gatau Skulduggery itu apaan. >.<

    tapi moga menang deh...

    BalasHapus
  2. Anak2 biasa suka buku yg bergambar. Kaya aq dulu. Tp ga pernah punya buku selain buku pelajaran. Xixixi

    Moga menang sist :)

    BalasHapus
  3. kalau keponakanku lagi maen kesini aku juga ajak dia membaca ^^
    untunglah ponakanku belum terinfeksi lagu2 cinta hehehe :p
    Good Luck ya tiara giveawaynya :D

    BalasHapus
  4. Iya, benar..saya setuju sekali dengan pendapat di paragraf awal. Tapi sayangnya, sulit memang pada kenyataannya mencoba membendung arus informasi 'tidak sehat' yang begitu deras dan bebasnya datang dari internet. Ayo jaga generasi penerus bangsa! Budayakan membaca [sesuai kebutuhan dan dunianya] ya!

    BalasHapus
  5. Hiburan anak jaman skrg menyedihkan ya.. :-(
    Skrg udah gak ada penyanyi cilik spt jaman dlu... Vania nontonnya video2 jadul yg ada di youtube... Yg penyanyinya skrg udah emak2 sm bapak2.. Hihihi...
    Aaah.. Semoga semakin banyak org peduli dgn anak2 ya.. Semoga menang, Tiara

    BalasHapus
  6. ooowhh buat kontes...
    tpi bagus tuh menanamkan budaya membaca untuk anak-anak, ya paling tidak dimulai dari orang2 terdekat dulu, pelan2 aja...
    semoga sukses dalam kontesnya.. :D

    BalasHapus
  7. memang sekarang ini sudah banyak sekali media hiburan yang sudah menggeser posisi "membaca".. sehingga membaca menjadi terkesan tidak menarik dan tidak menyenangkan, dibandingkan dengan internetan dan game..

    BalasHapus
  8. tapi sayangnya aku ga seberapa suka baca
    masa kecilku aku penuhi dengan menggambar dan menulis imajinasiku :D

    BalasHapus
  9. sip, moga menang ya....mantap deh.

    BalasHapus
  10. @ Kak Nuell : gg begitu terkenal kok Skulduggery ini hhehhe. makasih :)

    @ Mbak Tarry : iyap, malah saya pengennya kalau bisa buku pelajaran itu bergambar dan enak dibaca gitu ya, hhehhe makasih :)

    @ Mbak Ria : beuh adek2ku malah pada hapal dibanding aku sendiri :O makasih :)

    @ Om Dokter :yap ... apalagi kalau ada fasilitas, kalau disalahgunakan ya menjadi buruk ya :( sip semangat membaca

    @ Tante Lyli : hampir gg ada malahan, adek2ku malah udah gg doyan kali ama yang begituan :( makasih Tante.

    @ Om Mabrur : iyap, makanya dimulai dari keluarga :) makasih om ^^

    @ Om Nurdien : iyap , ditambah dorongan membaca juga kayaknya udah melemah gitu :(

    @ Bang John : ya masih mending bang, dibanding masa kecil nontong sinetron jaman sekarang kan :(

    @ Sang Cerpenis : makasih ^^

    BalasHapus
  11. woh, kemaren denger cerita temen, anak2 es de jaman sekarang ngomongnya udah kayak orang gede, pacar2an. miris ndengernya.

    beberapa komik anak2 juga kadang2 isinya ga sesuai sama anak2, jadi mesti pinter2 milih bacaan juga.

    good luck ya! :)

    BalasHapus
  12. tiaraaaa.. makasih yaa udah ikutan. mau dong aku dianggep adeknya. biar dipinjemin buku terus tiap hari. hihi
    semoga menang :)

    BalasHapus
  13. Persaingan makin memanas...

    Apa ini saatnya mengucapkan selamat tinggal kepada buku peri2 bersayap pelangi??

    Pesimis sejadi-jadinya.
    Penulis pro pada ikutan -__-

    Huuaaa....

    Good luck aja deh kak.
    Mudah2an Aku dapet satu. AMIN YA RABB

    NYAHAHAHA...
    :D

    BalasHapus
  14. intinya perubahan zaman dan kemajuan teknologi membuat anak males baca Buku gak kayak zaman aq sekolah dulu (wkwkwk padahal baru aja tamat)

    BalasHapus
  15. aku suka ini "overdosis lagu cinta, lirik lagu yang vulgar, sinetron yang jauh dari kata mendidik dan kurangnya minat membaca"..hehe.. bener banget n sepakat..
    anak2 sekarang tu dah kena virus gadget2..jadi mainnya juga GaJe2..haha

    BalasHapus
  16. wah...wah...gak kebayang seru binti ributnya sesi membaca berjamaah.... coba kamu intruksinya sambil bawa cambuk dan melotot.... wakaka... pasti dua adik kamu mengkeret...idih sadis....
    sungguh kakak yang baik, sayang aku gak punya adik kecil,,, adikku uda hampir sama tuwir kayak akuuuu

    BalasHapus
  17. peserta yang lain isi gambar, lo kok ga?

    BalasHapus
  18. bener juga ya. sekarang anak2 indonesia ngga pny dunianya lagi. acara2 didominasi sama acara2 orang dewasa.


    semoga menang deh. ^^

    BalasHapus
  19. biasanya anak mencontoh orangtuanya, jikaorang tuanya suka membaca kemungkinan besar anak terbiasa juga

    BalasHapus
  20. Memberikan contoh i2 memang lebih akurat hasilnya,.anak2 jaman skr memang sangat beda Kak, mereka lbh suka game, film dll yg sifatx tdk mendidik..

    Semoga sukses dgn giveawaynya ya Kak

    BalasHapus
  21. setuju,. mari sukseskan misi 'suka mambaca' ke anak-anak :)

    BalasHapus
  22. turut mendoakan... semoga menang deh.. mantap!!!

    BalasHapus
  23. postingannya keren ti',
    iya terlalu banyak siaran2 "sampah" di indonesa, =.='
    moga menang yaaaa

    BalasHapus
  24. Saleum,
    banyak anak2 sekarang yang lebih menghargai cerita dari luar negerinya ketimbang dalam negeri. itu adalah fakta.
    Om doakan agar tiara sukses dalam kontes ini.
    saleum dmilano

    BalasHapus
  25. Hmm hmm *manggut-manggut*
    Betul. :D
    Yuk, membaca berjamaah. Baca apa aja deh, termasuk textbook. :D

    BalasHapus
  26. @ Kak Cho : hish kak saya denger setiap hari obrolan itu via adek2 saya yang sok gede :O
    iyap, musti bijak dan selektif juga, makasih kak :)

    @ Mbak Pungky : asiiik, termasuk jadi peserta juga B) amien, amien, amien ^^

    @ Aul : ah Aul saya jadi geer itu maksud penulis pro salah satunya saya kan B) #dilemparsendal tapi Aul merendah nih :d amien, mudah-mudahan kamu dapet satu, aku juga harus dapet satu hhohho

    @ Kak Randy : jaman saya sd juga sebenernya udah males baca hhohho kalau novel dan komik aja rajinnya :P

    @ Kak Ip-ip : jadinya mereka tuh sok dewasa gitu deh :d

    @ Mbak Aina : loh justru tenang banget mbak, sesekali aja ribut kalau saya gangguin mereka :D

    @ Om Tukang Colong : huweee ... entah kenapa gg bisa posting gambar :(

    @ Eks : iya nih, dunia anak2 seolah lagi galau :(. makasih ^^

    @ Tante Lidya : Ayah saya suka baca, tapi kebanyakan anaknya ketemu buku apalagi pelajaran langsung tidur :D

    @ Kak SOfyan : ditambah emang orang dewasanya juga malah menyediakan film yang tak mendidik :( makasih ^^

    @ Kak Alinaun : yey ,,, hidup membaca :D

    @ Majalah : amien, makasih ^^

    @ Koskakiungu : yup sudah terlalu banyak :( heran pada gg mikirin dampaknya ke anak-anak ya, hhehhe makasih ya ^^

    @ Om Dmilano : arrrgh termasuk saya om *blush*. amien makasih ya om :D

    @ Bang Asop : yeup baca apa aja yang ketangkep mata, bungkus kacang juga kalau bermanfaat ya baca, ke tkp :D

    BalasHapus
  27. toko favorit aku adalah gramedia, dan suka cari2 buku yg plastiknya sudah dibuka :D

    BalasHapus
  28. weh, boleh ditiru nih upaya menulari anak-anaknya buat membaca dan membangun stana dongeng kembali. salut deh :D

    goodluck aja deh :D

    BalasHapus
  29. moga aja karena beda sendiri lo jadi juara ya

    BalasHapus
  30. salam sahabat
    terbesit dengan satu mbak yakni kata dasara BACA yang menyiratkan sebuah baca dibaca dan membaca ataua apa kek yang sesuai dengan baca hehehe

    BalasHapus
  31. kayaknya anak jaman sekarang lebih susah didik akibat pergaulan sama acara di tv yah

    sekarang jarang banget aku liat ada anak kecil nyanyi lagu balonku, ato lagu2 anak kecil semacamnya

    malah justru nyanyi lagu2 ttg cinta yang tentunya dia belum tau ttg itu

    BalasHapus
  32. hm, ada kontes lagi ya, semoga sukses deh dengan giveaway nya

    BalasHapus
  33. Teh, lamun abdi mbaca buku terus tunduh euy. kumahanya, teurang obatna heunte?

    wih ikutan juga ya giveaway, moga suksen....

    BalasHapus
  34. smoga sukses acaranya mbak...siipp dah

    BalasHapus
  35. Wah,pas baca diakhir,ione mikir gini: Mulia sekali niat pengarang2 ini, 100 % untuk amal..luar biasa...

    BalasHapus
  36. ya juga sih, pasti bingung yah masa kecil jaman sekarang ... kalo dewasa kayaknya mereka mau jadi bintang sinetron dan penyanyi :D

    BalasHapus
  37. emang jauh berbeda sob, ank2 kcl jaman skrg sih, lbh milih nongkrong diwarnet maenan game online, ketimbang bermain klereng di tengah lapangan,
    ataukah mungkin jaman skrg udh gak ada lg yg namanya lapangan, yg bs dijadikan tmpt brmain oleh mereka?
    jaman skrg lbh byk rumah2 dan gedung2 bertingkat yg berdiri saling berhimpitan.sawah2 byk jg yg disulap jd supermarket. hampir jarang yg namanya tanah lapang.

    jd siapa sebenarnya yg salah?

    apalagi kalo udh berurusan dgn buku, mreka akan lbh memilih keluar rumah daripada hrs duduk di dpn buku.

    BalasHapus
  38. Tadinya aq gg tahu apa itu Neverland? Berkat Tiara aq jadi melek ... makasih ya. Nice :P

    BalasHapus
  39. giveaway melulu. di sana giveaway di sini giveaway. tapi kalo soal baca buku itu hukumnya wajib, bahkan bayi yang baru lahir pun mestinya dibacain buku, jangan cuma di azanin dan diqomatin.

    BalasHapus
  40. membaca hrs dibiasakan sejak dini..

    BalasHapus
  41. Semoga sukses ya di giveaway ini.

    BalasHapus
  42. hihiw si kaka ikutan juga toooh :D
    semoga kita sama sama menang amin! XD

    BalasHapus
  43. Salut Jeung.....
    seneng dech ada yang pola pikirnya masih bagus kayak Jeung Tiara. Setujuuu! membaca tuh harus dicontohkan, bukan sekedar disuruh. Nggak papa sich bukan buku pelajaran, tapi ini kan sudah merupakan awal yang baik :) Atau, Jeung Tiara menceritakan sejarah dalam versi yang menarik? atau lagi...Jeung Tiara promosiin ke mereka untuk baca blog "Believe or Not" hehehe

    oh ya, satu lagi yang harus diajarkan ketika membaca buku : posisi tubuh harus bener, jangan tiduran, jangan gelap-gelapan, dan jangan terlalu deket. Selang 30 menit, mata harus dimanjakan dengan pemandangan hijau-hijau seperti tanaman. Kalau nggak, kasihan, mata mereka bisa rusak lantaran salah posisi baca ^^

    sukses yaaaa :D

    BalasHapus
  44. tapi yang gue liat anak sekarang rasa ingin taunya besar lho. kalo bisa dirangkum secara menarik, harusnya bahan bacaan untuk anak bisa lebih oke.

    BalasHapus
  45. semua anak pasti suka melihat gambar :D


    membaca bukanlah sesuatu yang didukung oleh evolusi....makanya butuh usaha keras utk menjadikannya kebiasaan

    BalasHapus
  46. wah wah.....nice posting smg menang yah....

    izin tukar link mbak yah...

    link nya dah kutanam di http://belajarsuccess.blogspot.com

    tq...

    BalasHapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)