Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Sabtu, 27 Agustus 2011

Confessions ( Kokuhaku )

14.17 Posted by Tiara Putri , 45 comments
Liat berita, jalanan udah mulai rame, denger kata orang jalan macet banget sampe gg bisa maju, jadi keder mau mudiknya, eh tapi kalau gg mudik nanti gg kebagian uang lebaran hhohho. Well, kemarin setelah baca review dari mas Huda Tula disini, gw jadi penasaran untuk nonton film Confession, kenapa tertarik ? soalnya mas Huda bilang plot ceritanya banyak nge-twist kayak cerita detektif dan berakhirlah gw kemarin pagi nongkrongin komputer nungguin download-an film ini selese #setan download. Terus gimana ceritanya ? check this out ^^, oh ya high possibility of spoiler.

Gambar Disini
Film dibuka dengan kegiatan minum susu dikelas, iya beneran minum susu kotak, ceritanya sekolah -setingkat SMP kayaknya- tersebut lagi jadi percontohan untuk kebiasaan minum susu, emmm ahahaha mulai review-nya aneh jadi gw agak bingung selanjutnya ceritanya kemana, oke oke aah pas udah pada minum susu, si wali kelas yang bernama Yuko Moriguchi, mulai bermonolog, sebenernya doi gg bermonolog sih lagi bercerita cuma itu anak sekelas gg ada yang dengerin jadi gw gambarin aja lagi bermonolog. Si wali kelas ini bilang dia bakalan pindah dari sekolah dan mulai bercerita tentang peristiwa tewasnya putrinya di kolam renang sekolah yang menurut pendapatnya sebenarnya itu bukan kecelakaan tapi peristiwa pembunuhan yang dilakukan oleh dua siswa dikelas tersebut, si guru berpendapat kalaupun polisi percaya akan ceritanya, siswa tersebut akan kebal hukum karena ada perlindungan hukum untuk anak-anak dibawah umur. Siswa A dan siswa B begitu si wali kelas menginisialkan  dan mendeskripsikan pembunuh anaknya serta mengatakan bahwa ke kotak susu dua anak tadi ia telah menyuntikan darah yang terjangkit virus HIV. Dari situ deh mulai rentetan cerita "pengakuan" dari sudut pandang si wali kelas, siswa A, siswa B, siswi A dan ibu siswa A serta karena pendeskripsian yang jelas anak sekelas tahu siapa tepatnya A dan B, dimulailah juga penindasan kepada mereka.

My Comment : ini film entah gw-nya yang gila atau film-nya emang tingkat frustasinya tinggi ya, gw berasa gila aja, alurnya maju mundur, kalau diibaratkan pohon kelapa, ini film tuh tenang melambai-lambai tapi cantik, pace-nya cukup lambat, gw yang lebih seneng genre yang pace-nya cepet dan klimaks serta antiklimaks-nya kejar-kejaran mulai ngantuk tapi gimana ya bikin penasaran juga ini film meskipun dari awal penonton udah dikasih tau tentang para pembunuhnya tapi makin jauh cerita bergerak ada detil-detil kecil yang mulai menyusun kepingan puzzle-nya. Oh ya meskipun pace-nya lambat, sepanjang film penonton disajikan pengambilan gambar yang keren deh, adegan-adegan air hujan, cipratan air dan bahkan adegan pembunuhan yang dibikin slow motion.

Film ini juga kurang lebih mengangkat fenomena yang terjadi di masyarakat meskipun secara ekstrim kayaknya belum pernah terjadi sih di Indonesia, berikut ini yang gw tangkap :
- murid gg ngehargain guru. beuh difilm ini klo gw jadi guru bisa mati berdiri, muridnya sumpah ya kurang ajar banget, guru lagi ngomong, mereka sibuk ngomong sendirilah, lempar bola, maenin hape, aah orang gila semualah itu dikelas, gw aja yang waktu SMP kelasnya disebut paling badung seangkatan masih hormatlah sama guru.
- Bullying. Satu pertanyaan gw, apakah bener ya ada penindasan sebegitu parahnya diluar sana ? gw pernah dengar korban verbal bullying yang bunuh diri tapi yang gw maksud disini penindasan secara fisik, seolah klo gg nge-bully tuh gg keren dan cupu.
- orangtua yang mendewakan anak. Ini cerita tentang si ibu siswa A, anaknya dianggap sempurna, gg ada cela dan gg nerima kalau anaknya berbuat salah, pasti aja nyalahinnya ke orang lain.
- orangtua yang obsesi menjadikan anak seperti mereka. Klo yang ini obsesi ibu siswa B, jadi si ibu ini jenius dan rela meninggalkan dunia penelitian untuk melahirkan, eh yang ada pas si anak lahir, dari kecil udah harus bisa apa-apa, kayak ngerakit ulang jam weker yang karena kemampuan si anak yang belum terkembangkan, si ibu jadi frustasi dan sering mukul.
- fenomena berita. salah satu motif siswa A membunuh adalah dia kecewa saat menang sebuah kontes penemuan dan berharap ibunya akan melihatnya dikoran, ternyata dikoran ia cuma dapet sekotak kecil pemberitaan dan yang menjadi headline adalah peristiwa pembunuhan anggota keluarga oleh gadis dibawah umur yang step-step pembunuhannya diposting diblog.

Masih banyak hal lain yang menarik, intinya dari interpretasi gw, film ini ngasih pesan kalau  niat kejahatan itu bukan hanya karena ada kesempatan aja, tapi juga ada dorongan akan pengakuan terhadap eksistensi diri, ekstrim ya. Karena selera orang yang berbeda-beda, meskipun film ini pace-nya agak lambat tapi pengambilan gambar, gaya bercerita dan tema ceritanya layak untuk ditonton, intinya lagi ini adalah film tentang psikopat.
xxxChuu original by ra~ccon.

Today's Quote : " ...I heard the sound of an important thing disappearing, too. Not so much "pop" ... as "Boom". " Yuko Moriguchi

45 komentar:

  1. suka sama quotenya.
    Tiara kapan mudik? jangan lupa oleh2nya mampirin ke cikampek hehehe

    BalasHapus
  2. gtw nih tante, asa males mudik hhehhe. Eh kan tante gg lama di Cikampeknya, gampanglah nanti ak main2 #belaga jejeje

    BalasHapus
  3. jadi penasaran pengen nonton filmnya. udah agak lama juga ikut menikmati film psikopat dari daerah Asia gara2 temen keranjingan itu. kadang suka jadi parno sendiri klo liat film gini teh. haha..
    resensinya mantap :)
    ayo Tiara mudik aja, meramaikan suasana :D

    BalasHapus
  4. jadi pengen nonton, tapi modem nggak bisa dipake donlot-____________-"

    BalasHapus
  5. Pengen banget nontonnya, cuma sampe sekarang, belum dapat2... :(

    BalasHapus
  6. kayaknya bagus....
    download di blog sebelah ah... :P

    BalasHapus
  7. kalo ortu yang mendewakan anak mah
    di indonesia juga sering bu.... bukan fenomena baru lagi. hehhehe

    btw pace itu apa sih tiara?

    BalasHapus
  8. wiii ngeri ya, masa membunuh karena eksistensi diri?! download film aku paling males, lama soalnya, trus lagi disuruh downloadnya tuh malem2 pas nggak ke pake, kan ngantuk -.-"

    BalasHapus
  9. wah film korea nih hihi
    kalo saya lebih suka film mandarin macam jet li and jacky chan.
    Met mudik ya mbak tiara semoga lancar perjalanannya, tidak usah takut macet. memang harus ada perjuangan untuk meraih sesuatu.

    Met idul fitri 1432 H.

    BalasHapus
  10. Film bercerita ttg sekolah-setingkat SMP ... Tiara, paslah alurnya utkmu ...klo saya alurnya sdh terlalu jauh ... hahaha ...

    BalasHapus
  11. waah.. selalu menarik baca reviewan kamu soal apapun ra.. termasuk yang ini.. gua blom nonton si.. jd penasaran dah tuh..



    hehehe
    btw mohon maaf lahir batin ya ra..

    BalasHapus
  12. @ mbak Irma : ini mah bikin parno mbak yang ada malah miris binti galau :P
    iya mau klo gg mudik kan gg dapet uang lebaran :P

    @ Zizah : loh kenapa?

    @ kak Hasan : di blog sebelah bisa donlod gratis kak :D

    @ kak Zone : sip sya juga dari blog sebelah kok :D

    @ kak Nuell : ak kan gg bilang fenomena baru kak :P cuma kasus ekstrimnya ya mungkin jarang kan.
    pace itu kecepatan kak

    @ sadako : tidaaaak ada Sadako :P untungnya klo dirumahku donlod film lancar banget :D

    @ om Mas Jier : ini film Jepang om :D hhehhe iyalah ak mudik kok :P

    @ om omman : maksudnya setting-nya gitu :D

    @ enno : hhehhe makasih *malu malu monyet* tontonlah lumayan buat ngisi waktu luang.
    iya sama-sama :)

    BalasHapus
  13. Ga pernah nonton film. Tiap hari nebeng ama mami liat drama korea haha

    BalasHapus
  14. wow ... tingkat sadismenya lumayan tuh
    ga baik dilihat anak di bawah umur :D

    BalasHapus
  15. kayaknya bagus
    aku suka film jenis begini, catet dulu minta downloadin abi hehe :p

    BalasHapus
  16. @ kak Nuell : sama2 kak :)

    @ mbak Tarry : wah teracuni jadi korean addict tuh bisa-bisa :P

    @ bang John : emang ... ada adegan darah ama kissing gitu deh

    @ mbak Ria : lumayan mbak cocoklah untuk ngisi waktu luang

    BalasHapus
  17. mudik kamana neng? ka subang?

    BalasHapus
  18. Film buat 17 ++ ,kaayknya seru yak XD
    apasih yg gak bagus dari jepang

    BalasHapus
  19. pace nya lambat ya? (baru ngerti istilah pace).

    emang, di awal-awal, saya sempat heran, kelakukan mereka di kelas benar-benar gila. Tapi belakangan, kalau menurut saya sih, memang sengaja dibikin seekstrim itu..

    BalasHapus
  20. hihihi awas loh ditunggu dicikampek hehehe.tgl 30 malem mau ke semarang naik harina.
    Kemarin Tiara pulang ke sini naik harina tiketnya udah naikbelum?
    btw titip salam buat Syifa ,aku ga bisa komen disana euy

    BalasHapus
  21. tahu ga tiara, aku pernah baca kalau di Jepang ada kebijakan semua siswa tidak ada yg tinggal kelas!

    jadi semua naik kelas, walau nilainya jelek.

    aku pernah baca ini kalau tak salah di koran kompas dari wartawan jepang yg ngobrol dgn wartawan indonesia

    BalasHapus
  22. @ SYifa : hooh :)

    @ kak Randy : iya emang soalnya sadis gitu kali ya. Bener ceritanya tuh original ya

    @ mas Huda : iya menurutku sih lambat. Itu sih beneran ekstrim ya :O

    @ tanta Lidya : ehehehehe ampe tanggal berapa dulu tan di CIkampeknya :P belum pas harina pagi masih 105ribu #alhamdulillah
    oke tante ^^

    @ om r10 : muheee yang bener ? enak gitu dong, klo disini yang kurang pintar tapi punya uang aja yg bisa pasti naik kelas :P

    BalasHapus
  23. Tiiiir gak ada film lain, Tir?
    Kamu tahu ini bukan film kesukaan saya.... :(

    BalasHapus
  24. hemm... agak males kalo liat film yang sadis2.. heheh..

    btw, emang filmnya jepang rata2 plotnya campur2, jadi kalo liat kudu pake mikir..

    BalasHapus
  25. hhihihihi sayang aku gak terlalu suka film2 korea, atau jepang, atau cina atau sebangsanya ^^v

    BalasHapus
  26. Wuiih keren banget atuh kalau plotnya twist gitu :D
    Apa diluar negeri memang begitu ya perilaku masyarakatnya? Sadis2 gitu >.<
    Jadi pengen nonton ni film. Tapi mau selesain sentai dulu ah :p

    BalasHapus
  27. Selamat Idul Fitri 1432 H. Mohon maaf lahir batin atas segala khilaf.

    BalasHapus
  28. sebingung nonton inception deh kayaknya.. ga ada CD nya ya? mau donlod, tapi saya tuna internet nih..

    BalasHapus
  29. NURHAYADI

    BESERTA STAFF KABINET ZIZZAHAZ BERSATU

    MENGUCAPKAN

    TAQABALALLAHU MINNA WA MINKUM

    MINAL 'AIDIIN WAL FAIZIIN

    HAPPY IEDUL FITHRI 1432H

    BalasHapus
  30. ekstrim juga ya ada murid kayak begitu. kalo saya jd guru, mending berenti ngajar deh. pindah tempat. hahaha.. #gaktahanbanting :D

    BalasHapus
  31. @ bang Asop : gg kejem2 amet kok bang :D

    @ om Nurdien : gg terlalu sadis menurutku mah :D

    @ mbak Pungky : yah rameloh padahal ceritanya :D

    @ Iam : nah ak juga bingung yam :P

    @ mbak fanny : tapi gg begitu serem kok :D

    @ om Svkra : hmm lebih ringan ini sih :) donlod aja di blog sebelah

    @ kak thya : emang makanya sy bilang bisa mati berdiri kan :D

    BalasHapus
  32. huaaaaaaaaaaa eh besok mau lebaran nih hehe, mohon maaf lahir batin ya B)

    BalasHapus
  33. coba kita donglot dulu.. :)

    BalasHapus
  34. film pembunuhan psicopat gini hiiii takut. ngeri ahhh, mending nonton film comedy aja deh. selamat lebaran ya tiara

    BalasHapus
  35. Bismillahhirrahmannirrahim
    Ambil daun jalin ketupat,
    ketupat dijalin daun kelapa,
    andai jari tak dapat berjabat,
    tapi kata masih bisa berucap…

    10 jari tersusun rapi,
    melati pengharum hati pengganti diri,
    mohon maaf setulus hati …
    SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI
    Taqobbal Allahu minna wa minkum
    Minal aidin walfaidzin
    Mohon maaf lahir & bathin - Amin!

    BalasHapus
  36. lebaran nonton film enaknya warkop DKI, top abis. selamat lebaran buat Tiara, maaf lahir batin

    BalasHapus
  37. Minal Aidin Walfaidzin, maap lahir bathin yiaahh ^^

    BalasHapus
  38. Selamat hari Lebaran, dan liburan :)
    Mohon maaf lahir-bathin ya :)

    BalasHapus
  39. Met idul fitri kakaak!

    mohon maaf lhr batin yaa...

    THR ditunggu :p

    BalasHapus
  40. kayanya masih lebih serem pilem horor thailand deh

    soalnya lebih terasa seremnya sekalipun ada pembunuhannya

    hehehe

    BalasHapus
  41. Saleum,
    Hadir kembali nyapa ponakan, apa kabar tiara...???
    waahh om sampe pingen balik lagi kekampung tatkala liatin poto2 dikolam ntu.... asiknya :)
    saleum dmilano

    BalasHapus
  42. belum pernah nonton yang ini... penasaran... hehe

    BalasHapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)