Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Jumat, 18 Maret 2011

Jum'at and My Thought.

13.39 Posted by Tiara Putri , , 2 comments
baru sadar kalau hari ini hari Jum'at dan gw sadarnya pas ke SPBU ngeliat yang layanin kok wanita semua terus masjid penuh dan tiba-tiba "Oh, pantesan ini hari Jum'at!". tapi sedihnya, masih banyak laki-laki yang pada saat adzan berkumandang masih melakukan aktivitasnya, padahal kan ketentuannya pada hari Jum'at tinggalkan semua aktivitas dan kegiatan jual beli, mandi, gunakan baju yang bersih lalu datang ke rumah Allah.
ironis sekali, katanya Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, seharusnya dengan fakta tersebut, pada saat waktunya Jum'atan, jalanan lengang alias sepi. well, kalau di Purwakarta, hari Jum'at tuh jalanan sepi, yah meskipun ada juga laki-laki yang masih melakukan kegiatan, mungkin non-muslim.
gw gg bermaksud bikin postingan bersifat SARA atau mendiskreditkan satu pihak, tapi dengan fakta yang disebutkan diatas maka wajarlah muncul istilah Islam KTP, di KTP sih islam tapi shalat setaun sekali, padahal kan kalau 3x -karena alasan yang lemah- tidak shalat jum'at hatinya akan ditutup, duh serem kan. kalau makin banyak pria yang ditutup hatinya, mau dibawa kemana moral bangsa kita. padahal saat shalat jum'at kita bisa ngelihat laki-laki umat islam menjalin ukhkuwah islamiyah, para calon imam di masa depan dan kebersamaan serta kekeluargaan islam.
nah beda lagi ceritanya kalau di masjid deket rumah gw, masjid penuh sampai ke halamannya, tapi anak-anak malah ngobrol, bercanda dan pada saat shalat malah jajan, duh mirisnya. sehingga sebuah kekhawatiran muncul deh di pikiran gw, gw pernah berkata pada seorang teman, "temen gw nyerita, doi mulai ngerokok pas mau masuk SMP dan sekarang kita bisa liat banyak anak SD udah nyoba rokok, nanti jaman anak gw, TK kali ya udah pada mulai ngerokok!" dan melihat kenyataan diatas seorang teman berkata "Shalat Jum'at kan seharusnya bukan cuma datang dan nongkrong di masjid, tapi harus didirikan, duduk kalau bisa paling depan dan mendengarkan dengan penuh niat saat khutbah, entar jadi tugas kita para calon ibu untuk menanamkan pemahaman ini sama anak!".
padahal shalat Jum'at di Indonesia itu dikasih kemudahan dibanding shalat di negara lain. coba di negara dengan 4 musim, kadang shalat Jum'at saat sedang panas menyengat atau dingin menusuk tulang. beda lagi di negara yang dilanda perang, shalat pun diselingi dengan suara tembakan. atau di negara yang muslim jadi minoritas, ke masjid aja jauhnya minta ampun. waktu ayah gw kerja di Angola, untuk shalat Jum'at jarang, soalnya yah yang muslimnya kurang dari 10 orang dan itu di tengah laut, jadi mereka ya shalat dzuhur biasa.
tapi masih banyak juga kok, para laki-laki yang rapih dan wangi *contohnya my daddy* klo mau Jum'atan, niat menemui Allah dan kami para wanita kan jadi seneng ngeliatnya, serasa bangga gimana gitu. pernah suatu hari gw main ke Lembang, numpang shalat di masjid yang deket sama pesantren, nah pas gw selese shalat, lewat depan gw anak-anak cowok usia SMP pake sarung dan baju koko selesai dzuhur berjamaah, duh adem banget hati gw, jadi ikut berdo'a, Ya Rabb, kuatkanlah iman islam di hati kami semua, amien
xxxChuu original by ra~ccon

2 komentar:

  1. Eh, pernah denger deh, katanya wanita juga boleh ikutan sholat Jumat. Sunnah tentu aja, dan gak wajib. :)

    Lebih seremnya lagi, yang pernah saya denger (dan saya yakini sampe sekarang), kalo udah 3 kali gak sholat jumat, bakal dianggap kafir. :( Saya denger ini sejak SD, makanya terus tertanam di otak, takuuuut banget rasanya kalo gak jumatan...

    BalasHapus
  2. iya emang sunnah buat wanita, tapi aku milih dzuhur aja deh, masjidnya penuh dan berisik soalnya hhohho

    iya malah aku pernah dengenr, 3x gg shalat juma't disebut fasik *eh bener gg ya istilahnya* musti syahadat ulang, naudzubillah.
    ye terkadang ketakutan jadi pemacu kita juga ya, tapi masih ada aja orang yang cuek, padahal masalah akhirat haduuuh.

    BalasHapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)