Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Rabu, 09 Maret 2011

The Spook's Apprentice

12.00 Posted by Tiara Putri 16 comments
Yuhuuu ... baru selese baca buku The Spook's Apprentice, akhirnya beli juga seri ini dan gw langsung beli 3 bukunya yang udah terbit di pasaran. sebelumnya makasih banyak buat Bang Asop yang sudah meyakinkan gw untuk membeli seri ini, well, emang agak ragu-ragu sih soalnya genre-nya Dark Fantasy, gw gg begitu suka genre itu, tapi benar kata pepatah, Don't judge the book by its cover, dan taraa itulah yang terjadi padaku dan Mr. Joseph Delaney, si empunya cerita, sorry mister, padahal cerita anda kerennn sekali ^^.
perjuangan untuk mendapatkan buku ini agak sulit, karena gw maunya beli di Toga Mas yang sampe tanggal 28 Februari kemarin ngadain Grand Opening dengan diskon 30% waww insting wanita gw bahagia-lah, tapi sayangnya detik-detik terakhir itu gw masih di Purwakarta, blingsatan deh gw nyari temen yang udah di Semarang dan akhirnya dengan bantuan dari Gibran, yey gw dapet yang gw mau.
nah lucunya ... besoknya gw beli buku lagi setelah liat pamflet another 30% discount di Semarang bawah, Celana Merlin banget, buku-buku yang tak terduga muncul di permukaan, jadilah gw pulang dengan membawa Artemis Fowl : The Arctic Incident, Artemis Fowl : The Opal Deception, Skulduggery Pleasant : Playing With the Fire, wah siap-siap ngehemat nih bulan ini. nah kembali ke inti, mari kita intip sedikit perjalanan si murid Spook :
cerita ini mengisahkan tentang seorang anak berusia 13 tahun bernama Tom - kelak diketahui bernama Thomas J. Ward - yang akan bekerja magang pada seorang Spook tua bernama Gregory. Tom adalah putra ketujuh dari putra ketujuh, yang tentunya sudah tidak asing lagi mempunyai kemampuan dan bakat diatas orang rata-rata. nah di buku pertama ini, Tom yang sedang magang diperdaya oleh seorang gadis penyihir bernama Alice untuk memberikan kue-kue kepada seorang penyihir bernama Mother Malkin yang dikubur hidup-hidup oleh si Spook karena kejahatannya. Tom terpaksa melakukannya karena terikat janji kepada Alice tanpa diketahuinya bahwa Alice adalah keponakan dari Bonny Lizzie seorang penyihir sekaligus cucu dari Mother Malkin *eh bener gg ya, pokoknya ada hubungan keluarga deh*. ternyata kue-kue tersebut meningkatkan kekuatan dari Mother Malkin untuk keluar dari penjaranya dan meneror penduduk County.
My Comment : Novel ini keren sekali, mungkin kalau baca review-nya kesan yang ada adalah sederhana, yup inti ceritanya emang sederhana, tapi Mr. Delaney mengembangkannya dengan cara yang tidak sederhana, membuat susah banget ngelepas ni buku kalau udah mulai membaca, klimaks dan antiklimaks dibangun dengan cantik dan rapih, perkembangan karakter juga rapih, gw seneng dengan masih naif-nya Tom, bagaimana cara ia berpikir dan bertindak wajar jauh dari kesan dibuat-buat, adaptasinya dengan keadaan pun mengalir wajar, juga bagaimana ia mengatasi ketakutan, prosesnya dibuat dengan yah rapih tapi seru.
gw juga seneng dengan tokoh si Spook, oke dia misterius tapi wajar gitu, sebagai seorang guru bisa dibilang cukup baik, gg ada kesan-kesan guru misterius nan jahat, wajar tapi tetep gg menghilangkan esensi kepribadian si Spook itu sendiri.
nah novel ini kan genre-nya dark fantasy jadi agak horor-horor gitu, tapi 100% guaranteed, horornya gg murahan, serem iya bener emang bikin tegang, tapi gg dibuat-buat, horornya mengalir. gaya penulisannya yang dari sudut pandang orang pertama, serasa mendengar Tom bercerita langsung.
nah nobody is perfect, menurut gw kekurangan buku ini dari setting waktunya, terkadang saat sedang bercerita subuh tiba-tiba udah siang lagi, terlalu cepet apalagi digambarkan dalam 1 kalimat, tapi gg banyak sih, kelemahannya bener-bener tertutupi dengan baik, at all this series a must read.
xxxChuu original by ra~ccon.

Today's Quote : "Seseorang harus melakukannya ... Jadi biarlah orang itu adalah aku!". Thomas J. Ward

16 komentar:

  1. Yaaaaaaay akhirnya Putri baca jugaaaa!! ^__^

    Aaaah itu dia genre-nya! Dark Fantasy! :D Dari dulu pengen tahu apa ya genre-nya... dibilang horror, sebenernya gak terlalu... ada thriller-nya juga... :D
    Buku pertama, yang tentang nenek sihir itu, bikin saya salah nebak lho. Saya pikir mother malkin terlahir kembali sebagai keponakan Tom. Tenryata salah... :) Pinter banget Om Delaney. :D

    Oh ya, hubungan Alice ama Tom menarik yak. :D Dibilang deket nggak, dibilang jauh juga nggak. Gimana yak ngomongnya...? ^__^


    Dan lagi, Putri udah baca sampe buku terbaru? Kira2 ibu Tom bukan manusia biasa kan ya? Ibunya Tom makhluk sihir itu kan, aduh lupa apa namanya, mermaid, semacam itukah...? Aduh udah lupa... :(
    Gak dijelasin ampe akhir ama Om Delaney, cuma ibunya pergi setelah ayah Tom mati. :) Tapi ibunya luar biasa baik dan setia ya, pinter masak pula....

    BalasHapus
  2. Yatta ,,, makasih ya Bang Asop, saya jadi penggemar-nya Pak Delaney deh ^^.

    seruu ... bener banget warning yang ada di back cover "Not to be read after dark" baru aku baca 1 bab langsung udahan memutuskan untuk baca siang aja deh XD
    iya sempet tegang juga pas bayinya mau ditest tenggelam atau mengapung sama si Mam.

    iya dibilang cinta enggak tapi dibilang temen biasa juga enggak, klo kata Alice sih Tom udah ditandai dan jadi milik Alice.

    Penyihir Lamia bang, aku intip spoiler di om wiki ternyata Mam-nya Tom adalah seorang ... *gg spoiler ah*
    tambah bang, bijaksana juga, Spook aja sampe nundukin kepala :D

    BalasHapus
  3. Luar biasa. :D

    Heran deh, buku2 terbaru Spook's belom terbit terjemahannya, padahal ini buku udah terbilang lama lho. :(
    Paling baru aja keluar musim panas 2010...

    BalasHapus
  4. iya tapi kata penerbitnya April atau Mei ini The Spook's Battle mau diterbitin *yay*
    waktu itu aku tanya ke sebuah penerbit, penerbitan buku luar emang agak susah, kebelit sama lisensi. yah sama kayak susahnya nerbitin manga disini ==a .

    BalasHapus
  5. Oh ya? Mei ato april? :D Sip! ^__^

    Jadi gitu ya, masalah lisensi.... Saya pikir lama itu karena proses terjemahannya yang susah... Hehe, tapi saya pikir2 masa' sih dari 200juta orang Indonesia gak ada yang bisa nerjemahin karya sastra luar secara baik sih... :D

    BalasHapus
  6. suka quote yang ada di akhir posting ini! =P

    BalasHapus
  7. @ Bang Asop : ya kata penerbitnya sih antara Mei atau April, Bang :D
    yaelah Bang, segitunya banget :P
    selain masalah lisensi, ada kasus-kasus tertentu yang penerbit aslinya nyeleksi siapa yg bakal nerbitin di Indonesia, kayak Tunnel gitu tuh Bang.

    @ Mbak Niken : keren kan, yang ngomongnya juga keren ^^ apalagi yang nyiptain yang ngomongnya *loh belibet gini hhehhe*

    BalasHapus
  8. Hooo, ada apa emangnya dengan kasus "Tunnel"?
    Saya gak ngerti nih tentag dunia percetakan dan per-lisensi-an. :D

    BalasHapus
  9. aku juga gg begitu ngerti *hhehhe*, cuma waktu itu penasaran kapan nich lanjutan Tunnel muncul, buka-buka website mizan nah disitu diceritain kronologis hak lisensi Tunnel yang akhirnya jatuh ke Mizan
    Bang baca Fablehaven gg ?

    BalasHapus
  10. Nah, apa pula itu Fablehaven? :D

    Setelah saya cek ke Om Gugel, ternyata ada ya serial novel itu!! ^__^

    Katanya buku fantasi anak2 ya, karangan Brandon Mull.

    Ada versi bahasa Indonesia-nya?? Adakah??? :D

    BalasHapus
  11. iya ada diterbitin sama Mizan Fantasi
    aku kira Bang Asop udah baca makanya aku tanya kira-kira bagus enggak gitu
    kalau liat cover-nya sekilas inget Dunia Sophie yang gold edition

    BalasHapus
  12. Hohoho, maap nih, saya malah baru denger. :D

    Dari sampulnya emang menarik... ^__^

    Yah, masuk ke dalam daftar incaran deh, setelah Necromancer ama Artemis Fowl. :D

    *segera nulis di hape*

    BalasHapus
  13. hhahhai sama Bang, wishlist-nya ditulis di hape :D

    BalasHapus
  14. hem boleh tau gak ya? Judul buku lanjutan dari the spook's apprentice apa aja? sharing ya, hehe
    Kirim e-mail aja : yafiesyah@yahoo.com
    Makasih sebelumnya :D

    BalasHapus
  15. ini seri ke-limanya kapan ya keluar?

    BalasHapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)