Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Rabu, 20 April 2011

Tiara's World : Anime & Manga

15.07 Posted by Tiara Putri , , 13 comments
Gw suka Jepang, gw suka dengan kebudayaannya, etos orang-orangnya, kagum dengan fakta bahwa Anime dan Manga memberikan masukan devisa cukup besar bagi Jepang dan gw berharap suatu hari gw bisa menginjak Negeri Matahari tersebut. Anime pertama gw adalah Sailormoon dan manga pertama gw adalah Doraemon, lalu gw beranjak mengenal kebudayaannya bahkan gw bertekad untuk fasih menggunakan bahasanya. Tapi di SMA dulu, gw termasuk orang-orang yang aneh karena suka Jejepangan dan membaca manga memberi kesan childish pada gw.
Bahkan pas udah kuliah, seorang teman yang pertama kali masuk kamar gw memberi komentar, T adalah Tiara dan O adalah Orang,
O : Widih, ini kamar anak kuliahan nih, hhohho kayak kamar anak SMP
T: Yey, di Jepang sananya yang penggemar kayak ginian sampe kakek-kakek juga banyak
well, gara-garanya gw tempel poster tokoh manga terkenal dan kebetulan lagi pakai sprei Naruto, hhohho.
Suatu hari di SMA gw pernah bertanya pada seorang teman :
T : Eh, kenapa sih gw dimata orang-orang pasti dibilangnya childish gitu ?
O : Habisnya lu emang aneh sih Ti, suka jingkrak-jingkrak, nyanyi gajebo trus lu suka baca komik Jepang gitu
T : Hah ? oke deh ngaku gw aneh, tapi baca komik emang berarti masih kecil ya ? kurang pengetahuan kalian
Dan gw pun berasumsi bahwa masih banyak yang menganggap komik dan manga adalah bacaan anak kecil. Padahal coba mereka teliti lagi, komik yang buatan Amerika, seperti Marvel yang terkenal dengan Spiderman dan kawan-kawan superhuman lainnya, punya plot yang berat, kekerasan, kejahatan dll. Nah dunia manga lebih bervariasi, banyak yang gg tau kalau di Jepang sono, manga punya genre-nya masing-masing untuk berbagai kelas pembaca, ada Shounen, Shoujo, Josei dan banyak manga yang kategorinya menurut gw "gg aman", semacam Yuri (girl's love), Yaoi (boy's love), Ecchi, Hentai, dll. Gw pernah baca yang agak nyerempet ke Yuri begitu, waktu itu belum tahu dan agak heran ini penerbitnya dari mana kok gg pernah liat *bukan M&C atau Elex* dan pas dibaca jalan ceritanya kok aneh begitu dan endingnya yuck banget, eeh pas gw tau genre-genre, barulah gw paham ooh itu toh yang namanya Yuri.
Selain itu, di SMA banyak temen-temen gw yang pecinta manga dan anime emang agak aneh hhohho, punya komunitas dan dunia sendiri, ditambah rata-rata usia kita juga sama, jadilah muncul anggapan kalau baca komik itu aneh dan childish. tapi terkadang gw bangga dengan diri gw yang aneh, berasa eksotis dan inilah gw hhohho *narsis*.
Orang juga masih menganggap kalau baca manga atau komik itu buang-buang waktu, gg ada yang didapet dari gambar-gambar tersebut, padahal gw belajar tentang teori persahabatan, perjuangan sampai titik darah penghabisan dan makna mengenal diri sendiri dari Naruto, One Piece, dll. Bahkan lucunya, gw pernah ngerasa kalau gw orang terbodoh didunia, pas kenal Naruto, gw semangat lagi, ngerasa gg sendirian dan pada saatnya tiba gw juga mampu membuktikan pada dunia dan pas kenal One Piece, gw yakin gg ada yang gg mungkin dalam mencapai impian selama kita yakin dan berusaha.
Tapi yah semua itu pasti ada baik dan buruknya, kalau kebanyakan baca manga atau baca manga pas guru nerangin atau pas ujian malah baca manga bukannya belajar *gw banget*, yah jelek juga kan, semua itu baik apabila pada porsinya. Selain itu juga well, bacanya kategori aman ajah, gg usah yang aneh-aneh, klo penasaran sekali-kali bolehlah, karena gg baik juga, sekedar tahu mah boleh aja lah *membela diri sendiri* hhohho. banzai *loh*.
xxxChuu original by ra~ccon.

13 komentar:

  1. wah sama aku juga seneng banget ama sailormoon,inuyasha, samurai x.....
    pokonya anime" yg tokohnya cantik/cakep"....
    selain animenya aku jg seneng ama drama-dramanya....

    BalasHapus
  2. Huahahaha ya ya benar sekali, kalian orang2 yang gak ngerti memang kurang pengetahuan mengenai hobi kami ( penyuka anime dan manga) ini! :D

    Tenang, Puttir (Tiara Putri dibalik trus digabung, haha) ada temennya kok. Saya! Gwahaha! :)) Saya malah selama masih mampu membeli komik, sy bakal ikutin terus manga2 yg ada. :)

    BalasHapus
  3. @ Arie sshi : klo disuruh milih antara manga dan anime, saya lebih suka manga soalnya kadang anime yang diadaptasi dari manga artworknya suka mengecewakan. tapi setuju dengan tokohnya yang cakep2 hhohho.

    @ Bang Asop : Sebel kan klo didiskriminasikan gara-gara suka hal-hal yang berbau Jepang ==a . Padahal kalau mereka mau buka mata, pasti suka juga deh hhohho

    Aaaah, apaan tuh Puttir !! kayak nama banci gitu. Saya kalau mangascan masih beredar bakal terus baca manga hhohho klo enggak *jangan sampee* yah beli yang berlisensi hhohho

    BalasHapus
  4. Ehehehe, tugas kitalah untuk mempengaruhi mereka yang ga suka manga n anime. :D

    Ya udah deh, Putput aja... Apa TirTir? :D

    BalasHapus
  5. Ooh ... tentu, mari kita sebarkan virus-virus tersebut hhohho. enak banget pas ngomong, "Nah seru kan!bukan bacaan anak kecil kan!" *ketawa setan*

    hedeuh ... sekarang kayak nama anjing gitu Bang oTL

    BalasHapus
  6. Ooohoohohoohoohoo~ *tawa magician jahat*
    "Makanya, coba baca dulu baru komentar!" Nikmatnya bisa ngomong gitu... Ahahaaa~ :D :D


    Eh tapi ngasih anime n manga-nya yg bener ya, jangan ngasih anime-manga yang kacau macem hentai, yuri, ato yaoi... :D kalo ecchi dikit oke lah...


    Huahahaha! sori deh, kalo Nur gimana? :D

    BalasHapus
  7. serasa berhasil nguasain dunia kali ya hhohhohho

    Ahahahaha sama ajaa kali itu mah.
    waktu SMA, sekelas pada baca Dragon Voice semua gara-gara penasaran soalnya saya tiap baca pasti heboh hhohho

    aaaaaa tidaaaak, gmw titik. Tiara aja simple kan atau saya sih sebenernya mau orang-orang manggil Sofia, artinya bagus soalnya hhohho B)

    BalasHapus
  8. Iya juga sih ya, ecchi sama bahayanya..... *_*

    Oh ya? Sofia artinya apa? Sy telusuri gugel, malah ternyata ibukotanya Bulgaria. ^0^
    Keknya bagusan Tiara deh. Saya search, keluar rumahtiara, toko busana muslim. :D

    Oke lah, saya panggil Tiara aja ya. :D

    BalasHapus
  9. Ah, kakak2 sekalian saya numpang komen aja, saya baru SMA...

    Emank salah ya kalo suka anime dan manga, kalo gw jlas suka bgt... Emank sih da yg pernah bilang kyk gituan, tpi emank salah, buktinya ja temen2 di skul yg pinter2, rata2 sih yg pinter bhs asing, malah suka anime dan manga... Jadi, menurut gw orang yg suka aneime dan manga adalah orang2 yg pinter, hahay

    BalasHapus
  10. @ Bang Asop : Iyalah ==a
    Jadi intinya nama Tiara tuh pasaran gitu ==a, kalau arti Tiara liat dikamus Hasan-Shadily *nginfo*
    Loh gg tau bang arti dari Sofia ? waktu jaman alay, aku pernah nulis tentang namaku disini hhehhe.

    @ JeQ : hahaha lucu, bahasanya campur-campur, awalnya formal kesananya elu-gw :P

    Loh aku gg bilang salah kan, cuma menggambarkan gambaran orang sekitar pada kita ^^ .
    Yup setuju, rata-rata yang baca manga dan anime kemampuan bahasa asingnya lebih. karena anime dan mangascan cuma ber-sub english.
    yup setuju lagi, jadi kita orang-orang pinter gitu ya ^^.

    BalasHapus
  11. Hahahalah, pake mistery of me segala. :D

    BalasHapus
  12. ka udah dibilang, itu aku pas jaman alay ckckck alay banget kan

    BalasHapus
  13. Salam kenal

    Suka dengan pendapatmu... soalnya q jg penyuka anime n manga dan q dah merrid lg. My Hubby oke2 aja dengan kebiasaanq membaca komik or nonton anime xixixi...

    BalasHapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)